Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Latar Belakang

Latar Belakang

Ratings: (0)|Views: 67 |Likes:
g
g

More info:

Published by: Mutia Diansafitri Suhud on Aug 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2012

pdf

text

original

 
Pelayanan Kesehatan Prima Sulit Dicapai Di Indonesia
A.
 
Latar BelakangPelayanan kesehatan yakni setiap upaya yang diselengarakan sendiri atau secarabersama-sama dalam suati organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan(promotion), mencegah (prevention) dan menyembuhkan penyakit (curative) sertamemulihkan kesehatan (rehabilitation) perseorangan, keluarga, kelompok ataupunmasyarakat.Memperoleh pelayanan kesehatan merupakan hak setiap orang. Ini sesuai denganUUD 1945 pasal 28 ayat 1. Tetapi pelayanan kesehatan di Indonesia masih kurang primadan menjadi masalah kesehatan. Banyak sekali hambatan yang mempengaruhi upayapelayanan kesehatan di Indonesia.Masalah kesehatan merupakan suatu masalah yang kompleks. Mulai dari ilmu yangdigunakan dalam penyelesaian merupakan multidisiplin, sektor yang terkait punmultisektoral, serta subjek yang melaksanankannya pun berasal dari berbagai pihak.Masyarakat memiliki porsi yang perlu diperhitungkan dalam penyelesaian masalahkesehatan dan peningkatan derajat kesehatan. Membicarakan pemberdayaan masyarakattidak bisa dilepaskan dari fungsi pelayanan kesehatan daerah setempat sebagai fasilitatormasyarakat untuk memainkan perannya dalam pembangunan kesehatan di daerahnyasendiri.Masalah kesehatan yang sering dipersoalkan dalam masyarakat berupa pelayananyang buruk, baik pelayanan di rumah sakit maupun di puskesmas. Peran pemerintah yangkurang mendukung dalam kualitas SDM dan sarana kesehatan sangat mempengaruhidalam pelayanannya. Pelayanan kesehatan merupakan merupakan setiap bentuk pelayanan atau program kesehatan yang ditujukan pada perseorangan atau masyarakatdan dilaksanakan secara perseorangan atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi,dengan tujuan untuk memelihara ataupun meningkatkan derajat kesehatan yang dipunyai.Pelayanan kesehatan yang kurang prima di Indonesia mengakibatkan banyak masyarakat yang pergi ke luar negeri untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang lebihbaik. Dalam mengatasi masalah kesehatan ini perlu adanya kebijakan dan perbaikandalam sistem manajemen kesehatan. Serta adanya peran pemerintah yang ikutmendukung dalam peningkatan SDM dan sarana kesehatan yang dibutuhkan olehberbagai rumah sakit dan puskesmas.
 
Kesehatan masyarakat adalah tanggung jawab Negara/pemerintah sebagai satu unsurdari kesejahteraan. Kesehatan masyarakat sangat ditentukan oleh kebijakan pemerintahdiwujudkan dengan pembangunan kesehatan dalam suatu sistem kesehatan.Dengan adanya kebijakan serta peran pemerintah dalam memperbaiki pelayanankesehatan diharapkan dapat segera menyelesaikan masalah kesehatan yang sering terjadidi Indonesia. Sehingga mutu pelayanan kesehatan di Indonesia menjadi baik danmasyarakat tidak perlu lagi pergi ke luar negeri untuk berobat.B.
 
PermasalahanMemperoleh kesehatan merupakan hak semua orang. Tetapi, banyak sekali hambatan-hambatan dalam memperoleh kesehatan dengan mutu yang baik. Sehingga ini menjadimasalah kesehatan yang perlu diperbaiki. Berikut masalah kesehatan pada berbagairumah sakit dan puskesmas di Indonesia :1.
 
Distribusi Tenaga Medisa.
 
Kurangnya kualitas SDM tenaga medis di berbagai Rumah Sakit dan Puskesmasb.
 
Kurangnya dokter yang tersebar di berbagai Rumah Sakit dan Puskesmas padadaerah terpencil2.
 
Standar Sarana Operasional kesehatanSarana dan prasarana kesehatan yang kurang memadai.3.
 
PembiayaanTidak seimbangnya hak dengan kewajiban yang diperoleh tenaga media di berbagaiRumah Sakit dan Puskesmas, dalam hal gaji yang diterima oleh tenaga medis tidak sesuai dengan apa yang telah dikerjakan.4.
 
Administrasi dan manajemenBuruknya sistem manajemen kesehatan di berbagai Rumah Sakit dan Puskesmas yangmengakibatkan pelayanan kesehatan menjadi kurang prima, sehingga masyarakatmenjadi pihak yang dirugikan.C.
 
PembahasanPermasalahan kesehatan ini harus segera diperbaiki, peran pemerintah sangat
 
dibutuhkan dalam menyelesaikannya. Berbagai kebijakan-kebijakan kesehatan yangdibuat oleh pemerintah dalam mengupayakan agar terselesainya masalah kesehatan diIndonesia. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pelayanan kesehatanyang prima. Kebijakan kesehatan merupakan kebijakan Negara yakni serangkaiantindakan yang ditetapkan adan dilaksabakan atau tidak dilaksanakan pemerintah yangpunya tujuan/berorientasi pada tujuan (kesehatan) demi kepentingan seluruh rakyat.(Lasswel dan Kaplan).Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan kesehatandengan membuat kebijakan berupa SKN yakni sistem kesehatan nasional seseuai SKMenkes No 131 th 2004. Tujuannya yakni terselenggranya pembangunan kesehatan olehsemua potensi bagus (mayarakat, swasta dan pemerintah) secara sinergis, berhasil gunadan berdaya guna, sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.Berikut analisis permasalahan kesehatan yang ada di Indonesia :1.
 
Distribusi tenaga medisa.
 
Kurangnya kualitas SDM tenaga medis di berbagai Rumah Sakit dan Puskesmas.Sumber daya manusia pada bidang kesehatan sangat dibutuhkan dalampengembangan sistem pelayanan kesehatan. Dengan pemberian berbagai pelatihanpada tenaga medis dapat meningkatkan kualitas SDM.b.
 
Kurangnya dokter yang tersebar di berbagai Rumah Sakit dan Puskesmas padadaerah terpencil.Tenaga medis seperti dokter ataupun perawat sangat dibutuhkan. Namunterkadang distribusi atau penyebarannya tidak merata ke seluruh daerah, sehinggamasyarakat yang ada di daerah terpencil tidak mendapat pelayanan yangseharusnya didapatkan. seharusnya pemerintah segera membuat kebijakan agarpenyebaran pelayanan kesehatan di Indonesia merata dan tidak ada lagi keluhanmasyarakat akibat pelayanan kesehatan yang tidak terjangkau.2.
 
Standar Operasional kesehatanSarana dan prasarana yang kurang memadai menngakibatkan sulitnya mendapatpelayanan kesehatan yang baik. Pada UUD 45 pasal 34 ayat 3 telah dijelaskan bahwa
“Negara bertanggu
ng jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->