Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Spektrum Gelombang Elektromagnetik Dan Penerapannya Dalam Kehidupan - Indri

Spektrum Gelombang Elektromagnetik Dan Penerapannya Dalam Kehidupan - Indri

Ratings: (0)|Views: 60 |Likes:
Published by Dyah Indri Lestari

More info:

Published by: Dyah Indri Lestari on Aug 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2012

pdf

text

original

 
FISIKA
SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIKDAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPANSEHARI-HARI
DYAH INDRI LESTARIXI - INTERNASIONAL
 
Definisi Gelombang Elektromagnetik
Orang yang pertama kali menguji hipotesis Maxwall mengenai gelombang elektromagnetikadalah Heinrich Hertz, pada tahun 1887. Percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Hertz memberikandefinisi gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik terdiri atas medan magnetik danmedan listrik yang berubah secara periodik dan serempak, dengan arah getar tegak lurus satu sama lain,dan masing-masing medan tegak lurus arah rambat gelombang.
Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik
Dari beberapa percobaan yang telah dilakukan, Hertz berhasil mengukur bahwa radiasigelombang elektromagnetik frekuensi radio (100 MHz) yang dibangkitkan memiliki kecepatan rambatsesuai dengan nilai yang diramalkan oleh Maxwell. Di samping itu, eksperimen Hertz ini jugamenunjukkan sifat-sifat gelombang dari cahaya, yaitu pemantuan, pembiasan, interferensi, difraksi, danpolarisasi. Dengan demikian, hipotesis Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik telah terbuktikebenarannya melalui eksperimen Hertz. Dari uraian ini, dapat ditulis sifat-sifat gelombangelektromagnetik yaitu:a. Dapat merambat dalam ruang hampa,b. Merupakan gelombang transversal,c. Dapat mengalami polarisasi,d. Dapat mengalami pemantulan (refleksi),e. Dapat mengalami pembiasan (refraksi),f. Dapat mengalami interferensi,g. Dapat mengalami lenturan atau hamburan (difraksi),h. Merambat dalam arah lurus.Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan Maxwell, kecepatangelombang elektromagnetik diruang hampa adalah sebesar 3 x 108 m/s yang nilainya sama dengan lajucahaya terukur.Panjang gelombang cahaya tampak mempunyai rentangan antara 400 nm hingga 750 nm. Frekuensicahaya tampak dapat dihitung berdasarkan persamaan berikut.
c = f x λ
 
Keterangan:c = laju cahaya (3 x 108)f = frekuensi gelombang (Hz)
λ = panjang gelombang (m)
 Berdasarkan persamaan tersebut, kita dapat menentukan frekuensi cahaya tampak bernilai antara 4 x10
14
Hz hingga 7,5 x 10
14
Hz.
Definisi Spektrum Gelombang Elektromagnetik
Spektrum gelombang elektromagnetik adalah susunan semua bentuk gelombangelektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya. Frekuensi terendah atau panjanggelombang terbesar adalah gelombang radio dan frekuensi tertinggi atau gelombang terkecil adalahsinar gamma.
 
Macam-Macam Spektrum GelombangElektromagnetik
Gelombang elektromagnetik terdiri atas bermacam-macam gelombang yang berbeda frekuensidan panjang gelombang, tetapi kecepatannya di ruang hampa adalah sama. Berikut adalah jenis- jenisnya :
a. Gelombang Radio (Frekuensi : 10
4
 
 –
10
7
Hertz)
Merupakan getaran listrik yang dihasilkan rangkaian osilator pada pesawat radio pemancar danpenerima yang dipergunakan sebagai pembawa informasi suara dari satu tempat ke tempat lain yangberjauhan dengan radiasi tanpa kabel atau sejenisnya.Panjang gelombang radio frekuensi terentang dari beberapa kilometer sampai 0,3 meter danenergi foton bergerak dari sekitar 0 sampai 10 eV.Gelombang radio memiliki sifat fisis dapat dipantulkan lapisan ionosfir sehingga dapatdimanfaatkan untuk memancarkan informasi suara yang telah dimodulasi lebih dahulu pada modulatorpesawat radio pemancar.Berdasarkan lebar frekuensinya, gelombang radio dibedakan menjadi Low Frequency (LF),Medium Frequency (MF), High Frequency (HF), Very High Frequency (VHG), Ultra High Frequency (UHF),dan Super High Frequency (SHF).Modulasi frekuensi sebagai pembawa informasi lebih unggul dibandingkan dengan modulasiamplitudo (AM) sebab pada pemancar AM akan terdengar daru akibat adanya peristiwa-peristiwakelistrikan dan kemagnetan di udara yang dapat mengganggu amplitudo gelombang.
b. Gelombang Televisi (Frekuensi: 10
7
- 10
10
Hertz)
Gelombang televisi disebut juga microwave merupakan getaran listrik frekuensi tinggi padapesawat pemancar dan pesawat penerima televisi. Gelombang televisi bermanfaat untuk pembawagetaran informasi suara dan gambar secara bersama-sama dari satu pemancar ke penerima. Gelombangtelevisi tidak dapat dipantulkan lapisan ionosfer maka untuk penerimaan di tempat tertentumemerlukan alat pemantul dan menambah daya yang disebut satelit. Proses pengiriman getaraninformasi suara gambar dengan frekuensi modulasi FM demikian juga halnya penerimaan analog denganpesawat radio penerima.Gelombang ini merambat lurus dan tidak dapat dipantulkan oleh lapisan-lapisan atmosfer bumisehingga untuk menangkap siaran televisi, diperlukan sebuah stasiun penghubung, misalnya stasiunJakarta, maka di wilayah Bandung diperlukan sebuah stasiun penghubung yang terletak di puncakgunung Tangkuban Perahu sedangkan untuk Indonesia bagian timur memerlukan stasiun penghubungberupa satelit .
c. Gelombang Radar/Mikro (Frekuensi: 10
9
- 10
11
Hertz)
Panjang gelombang mikro terentang dari 0,3 meter hingga 0,001 meter. Daerah gelombangmikro ditandai sebagai UHF yang berarti frekuensi ultra tinggi relatif terhadap frekuensi radio.Gelombang ini dihasilkan oleh peralatan elektronik khusus, misalnya dalam tabung klystron.Gelombang radar merupakan getaran elektron yang dapat dibangkitkan rangkaian osilator. Padadasarnya gelombang radar merupakan pancaran partikel elektron dalam bentuk pulsa yang mudahdipantulkan. Sifat fisis mudah dipantulkan inilah yang dimanfaatkan oleh teknologi untuk mendeteksisekaligus mengukur jarak benda yang memantulkannya. Pesawat radar terdiri dari pesawat radiopemancar dan penerima dengan memancarkan gelombang radar dan menerima kembali pantulannya.Gelombang radar banyak dimanfaatkan untuk pengawasan keamanan pelayaran (nautika), penerbangan(navigasi) dan kawasan militer.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->