Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
20Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Gereja Germita 2010 (Resmi)

Tata Gereja Germita 2010 (Resmi)

Ratings: (0)|Views: 1,165 |Likes:
Published by jitro21

More info:

Published by: jitro21 on Aug 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
1
TATA DASARGEREJA MASEHI INJILI TALAUDPEMBUKAAN
Pujian dan syukur kepada Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus, yang memampukan orang-orangpercaya melalui pekerjaan Roh Kudus untuk hidup, berkarya dan berbuah bagi dunia ini demikemuliaan Tuhan Allah, sesuai kesaksian Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. (Yer. 17:7-8;Yoh. 15:5; Fil. 1:22)Bahwasanya Yesus Kristus adalah Anak Allah yang hidup, Tuhan dunia dan Kepala Gereja, yangmelalui pekerjaan Roh Kudus telah menghadirkan Gereja Masehi Injili Talaud (GERMITA) di bumiporodisa, yang merupakan bagian integral dari gereja yang esa, kudus, am dan rasuli, yang ada di segalazaman dan tempat. (Yoh. 1:1-3 ,14 ; Ef. 1:22, 4:15 dan Kol. 1:14 ; 2:10)Bahwasanya dalam keberadaannya sebagai tubuh Kristus, GERMITA dipanggil untuk menjadigaram dan terang dunia (Mat. 5:13,14); membaharui, membangun dan mempersatukan gereja (Yoh.17:21); memberitakan Injil kepada segala makhluk (Mrk 16:15); serta melayani dalam kasih demikeadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan, sebagai perwujudan kuasa Kristus yang adalah Raja, Imamdan Nabi. (Luk. 4:18-21; 1 Ptr. 2:9,10)Bahwasanya GERMITA hadir dalam lintasan sejarah Allah melalui benih injil yang ditaburkanditanah Porodisa sejak tanggal 1 Oktober 1859 dan telah mengalami proses pendewasaannya, yangdimulai dengan pembentukan Gereja Masehi Injili Talaud (GMIT) tahun 1950; Gereja ProtestanIndonesia Talaud (GPIT) tahun 1951; Dewan Djemaat Masehi Talaud (DDMT) tahun 1952; dan setelahmengalami masa kevakuman selama kurang lebih tiga puluh tahun disuarakan kembali dalam SidangSinode Lengkap (SSL) XVII tahun 1981 di Ulu Siau dan dilanjutkan dalam Sidang Sinode Lengkap(SSL) XVIII Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) tahun 1986 di Beo; kemudian pembentukanTim Studi Kelayakan Sinode Talaud dalam SSL XIX GMIST tahun 1991 di Tagulandang; maka dengankuasa dan bimbingan Roh Kudus dalam suatu keputusan SSL XX GMIST tahun 1996 di MorongeTalaud menyatakan pembentukan Proto Sinode Talaud dan di dalam Sidang Komisi Kerja Proto SinodeTalaud yang pertama pada tanggal 23 Oktober 1997, dibentuklah Sinode Gereja Masehi Injili Talaud(GERMITA).Bahwasanya dalam kehadirannya, GERMITA selalu terbuka untuk dibaharui dan membaharuidiri di dalam terang Firman Allah (Ekklesia Reformata Semper Reformanda), dan bertekadmenciptakan masyarakat syalom di Talaud dan dunia, yang ditandai oleh keadilan, kebenaran,kesejahteraan dan perdamaian di dalan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.Bahwasanya untuk menjawab kebutuhan pelayanan, memperlancar dan menertibkan pelaksanaanpanggilan GERMITA, maka di dalam keyakinan dan tuntunan kuasa Roh Kudus serta dilandasi olehsemangat sansiotte sampate-pate, suirene suwaide, jemaat-jemaat di Talaud menetapkan TATADASAR GERMITA sebagai berikut:
 Penjelasan Alinea pertama
. Merupakan puji-pujian kepada Tuhan Allah yang telah menuntun dan memampukanorang-orang percaya untuk hidup dan berkarya bagi dunia ini , baik zaman lampau, zaman sekarangdan zaman yang akan datang (Why. 21:6). Disini terungkap pemahaman GERMITA tentang eksistensi(Keberadaan) Gereja sebagai persekutuan orang-orang percaya yang ditempatkan oleh Tuhan didalam dunia ini pada sepanjang zaman dan sejarah. Bagian ini diilhami oleh Yeremia 17:8; Filipi1:22; Wahyu 21:1-6.
 Alinea kedua
 , hendak menjelaskan tentang pengakuan iman GERMITA tentang Yesus Kristus sebagai Anak Allah dan Kepala Gereja serta Tuhan atas dunia ini, dan sekaligus pengakuan bahwa GERMITAterbentuk (ada) karena karya Tuhan Allah di bumi porodisa melalui buah Roh Kudus.
 Alinea ketiga
 ,
mengungkapkan hakekat misi (panggilan) GERMITA yaitu menjadi “berkat“ bagimasyarakat bangsa dan negara (Kej. 12:2), menjadi “garam” dan “terang“ dunia (Mat. 5:13
-1),memberitakan injil kepada segala makhluk (Mrk. 16 : 5), melayani dalam kasih demi keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan. (Luk. 4 : 18-21)
 Alinea keempat
 , hendak mengungkapkan tentang latar belakang historis (sejarah) terbentuknyaGERMITA yaitu dimulai dengan kehadiran para
“Penginjil Tukang“ (Zendeling Werkman)
 yang tibadi Talaud tanggal 1 Oktober 1859 kemudian dilanjutkan dengan proses pendewasaan yang melaluiterbentuknya beberapa kelembagaan (institusi) gerejawi di Talaud seperti pada Tahun 1950 di bentuk Gereja Masehi Injili Talaud (GMIT), pada tahun 1951 dibentuk Gereja Protestan Indonesia Talaud (GPIT), pada tahun 1952 dibentuk Dewan Djemaat di Talaud (DDMT). Kemudian diakhir era 80-anaspirasi jemaat-jemaat di Talaud diangkat diangkat dalam
Sidang SSL GMIS’T XVII, SSL XVIII dan
SSL XIX dan terakhir di era 90-an awal untuk membentuk sebuah sinode mandiri semakin mengkristal,sehingga tahun 1996 dibentuk Proto Sinode Talaud dan akhirnya pada tanggal 23 Oktober 1997 terbentuk GERMITA.
 
2
 Alinea kelima
 , hendak mengungkapkan keberadaan GERMITA baik sebagai lembaga keagamaanmaupun sebagai persekutuan untuk selalu terbuka dan memahami diri di dalam terang Firman Allah. Dalam keterbukaanya itu GERMITA bertekad mewujudkan misinya yaitu mewujudkan suasanamasyarakat Syalom di Talaud dan dunia yang ditandai dengan keadilan, kebenaran , kesejahteraandan kedamaian.
 Alinea terakhir
 , menegaskan tentang pentingnya Tata Dasar dalam rangka kelancaran, ketertiban danketeraturan pelaksanaan panggilan GERMITA secara bertanggung jawab.
BAB INAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKANPasal 1Nama
Persekutuan gerejawi ini bernama Gereja Masehi Injili Talaud, yang disingkat GERMITA.
 Penjelasan
Kata
“Gereja
” berasal dari bahasa Portugis
“Igreya” (Prancis : Eglise; Spanyol : Iglesia)
yangbersumber dari bahasa Yunani
Ekklesia
yang terdiri dari dua kata
 Ek = keluar
dan
 Kaleo = memanggil.
Ekklesia
berarti dipanggil keluar
. Gereja adalah orang-orang yang di himpun oleh Allah,dipanggil keluar dari gelap menuju terang. (Ptr. 2:9; Kol. 1:13) Kata Gereja dalam bahasa Indonesia,adalah terjemahan dari kata Bahasa Inggris
Church (Belanda:Kerk; Jerman : Kirche)
 yang berasaldari bahasa Yunani (PB)
 Kurios
= Tuhan. Dari kata Kurios ini terbentuk kata
 Kuriake
 yang artinyaorang-orang yang terikat/terhizab pada Kurios (Tuhan) (Rm. 9:24; Ef. 4:1; 2 Tim. 1:9). Itu berartibahwa gereja termasuk GERMITA adalah persekutuan orang-orang yang dipanggil keluar darikehidupan semula untuk masuk kedalam suatu kehidupan baru yang terhizab pada Yesus Kristussebagai pemilik dan berkuasa penuh atas gereja-Nya. Oleh karena itu gereja bukan organisasi atau perkumpulan yang di dirikan atas kehendak dan prakarsa manusia tetapi oleh prakarsa Allahsendiri.(Mat.16: 18; Yoh. 15:16)Pada sisi lain, jemaat sering dipadankan dengan gereja. Kata jemaat berasal dari bahasa Arab:
 Jama’ah
yang berarti kumpulan umat beribadah. Karena itu, gereja adalah kumpulan orang-orang yang dihimpunkan Kristus untuk beribadah kepadaNya.Kata
 
“Masehi” 
berasal dari bahasa Ibrani
“Mesah“ 
dan diterjemahkan dalam bahasa Yunani
”Kristus” 
yang artinya
Yang di urapi
. Ini berarti bahwa GERMITA adalah persekutuan pengikut Kristus, atau persekutuan umat kristiani.Kata Sifat 
 
“Injili” 
berasal dari kata benda
 
“Injil” 
yang bersumber dari bahasa Yunani
 Euanggelion
  yang berarti kabar baik. Jadi GERMITA adalah persekutuan orang percaya yang senantiasamewartakan kabar baik (Injil) tentang Yesus Kristus yang adalah kabar baik itu sendiri.
 Kata
Talaud 
” menunjuk pada keberadaan/eksistensi etno antropologis, sosial budaya, etis
-politis,teritorial/ lingkungan hidup (dari tinonda sampai napombalu) yang dipandang secara utuh.
Pasal 2Waktu
GERMITA berdiri pada tanggal 23 Oktober 1997 untuk waktu yang tidak ditentukan.
 Penjelasan
GERMITA dalam hakekatnya sebagai lembaga gereja mandiri (organisasi) atau GERMITA bersinodeberdiri tanggal 23 Oktober 1997, namun sebagai persekutuan orang-orang yang percaya kepada YesusKristus (organisme) telah hadir sejak tanggal 1 Oktober 1859. 
Pasal 3Tempat Kedudukan
Tempat kedudukan GERMITA di Kepulauan Talaud dan ditempat lain di wilayah Republik Indonesia.
 Penjelasan
Yang dimaksud tempat kedudukan adalah tempat diselenggarakannya panggilan dan pelayananGERMITA.
 
3
BAB IIWUJUD, BENTUK, DAN TUJUANPasal 4Wujud
GERMITA berwujud sebagai Gereja Kristen yang Esa, Kudus, Am dan Rasuli yang adalah tubuhKristus.
 PenjelasanGereja yang Esa
artinya GERMITA adalah suatu persekutuan yang mengaku satu tubuh, satu Roh,dalam ikatan damai sejahtera, satu pengharapan, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua. (Ef.4: 3-6) Keesaan itu bukanlah keesaan menurut dunia, melainkan kesaan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. (Yoh. 17:21-22)
Gereja yang Kudus
artinya GERMITA adalah persekutuan yang dikuduskan dalam kebenaran (Yoh.17:17-19) oleh Kristus yang telah menguduskan diri-Nya bagi gereja (Yoh. 17:19) dan menguduskangereja sebagai umat kepunyaan-Nya (Tit. 2:14; 1 Ptr. 2:9),persekutuan yang di kuduskan itu di utus- Nya kedalam dunia, maka GERMITA itu ada didunia tapi bukan dari dunia ini. (Yoh. 17:14-18).
Gereja yang Am (Katolik
) artinya GERMITA adalah bagian integral dari persekutuan orang percayadari segala tempat dan sepanjang zaman yang dipersatukan kedalam Tubuh Kristus dengan tidak mengenal perbedaan-perbedaan ataupun pembatasan-pembatasan menurut kaidah-kaidah dunia ini.(Gal.3:28; 1 Kor. 11:7-12; Why. 7:9).
Gereja yang Rasuli
artinya GERMITA adalah persekutuan yang bertekun dalam dan dibangun diatas pengajaran para Rasul tentang injil Yesus Kristus (Kis. 2:42; Ef. 2:20) dan terpanggil untuk memelihara ajaran para Rasul (2 Tes. 3:6; 1 Tim.1:3) serta senantiasa memperhatikan tanda-tanda zaman, meneruskannya kepada semua orang percaya di segala tempat dan sepanjang zaman. (Fil. 1:6;Kol. 1:25)
Pasal 5Bentuk
GERMITA sebagai Tubuh Kristus berbentuk persekutuan seluruh anggotanya yang di sebut jemaatdalam kesatuan Sinode.
 Penjelasan
.
 
GERMITA sebagai Tubuh Kristus berbentuk persekutuan seluruh anggotanya yang disebut jemaat dalam kesatuan sinode menyatakan bahwa jemaat-jemaat merupakan satu kesatuan yang utuh yangberjalan bersama (sinode) sebagai satu lembaga gereja mandiri yang berbadan hukum yang di sebut GERMITA dan mempunyai satu kantor sinode sebagai pusat penatalayanan.
 
Pasal 6Tujuan
Tujuan GERMITA adalah mewujudkan ” Syalom” di Talaud, dan
dunia.
 PenjelasanSyalom
artinya suatu keadaan dimana ada kasih, keamanan, kedamaian, keselamatan, kebenaran,keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran di dalam kehidupan masyarakat Talaud dan dunia, karenaKristus adalah Tuhan yang berkuasa dan memerintah dalam seluruh aspek kehidupan manusia dandunia. (Yes. 61:1-2; Luk. 4:8-9)
BAB IIIPANGGILAN, PENGAKUAN DAN AJARANPasal 7Panggilan
1. Panggilan GERMITA bersumber pada amanat dan teladan Yesus Kristus sesuai Firman Allah yangdi saksikan Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.2. Pokok-pokok panggilan GERMITA meliputi:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->