Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Processor Utama IC STV 2286 Pada Televisi Berwarna Polytron MX 20323

Analisis Processor Utama IC STV 2286 Pada Televisi Berwarna Polytron MX 20323

Ratings: (0)|Views: 122 |Likes:
Published by firdausss

More info:

Categories:Types, Research
Published by: firdausss on Aug 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2012

pdf

text

original

 
1
Analisis
 Processor
Utama IC STV 2286Pada Televisi Berwarna Polytron MX / 20323
Toni Suhartanto
*
, Darjat
**
, Ajub Ajulian Z.
**
Abstrak
Televisi berwarna merupakan sebuah peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa blok rangkaianelektronik yaitu rangkaian penerima gelombang TV, rangkaian sinkronisasi dan defleksi, rangkaian pembangkitan sinyal warna, rangkaian penstabil penerimaan gelombang TV, rangkaian suara, danrangkaian catu daya. Adanya pembagian blok rangkaian ini mempermudah teknisi servis TV untuk mencari kerusakan TV. Dengan mengetahui dan memahami bentuk dan karakteristik sinyal masukan dankeluaran masing-masing blok rangkaian maka proses pencarian kerusakan komponen TV berwarnamenjadi lebih mudah dan sederhana.Penelitiaan ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap pembelajaran teori dasar dan cara kerjatelevisi berwarna dari buku, artikel majalah, artikel internet, dan dari sumber-sumber yang lain. Tahap pemahaman karakteristik blok rangkaian televisi berwarna yaitu dengan mengadakan penelitian dan pengamatan tentang bentuk sinyal, besarnya tegangan dari masing-masing blok rangkaian. Tahap analisisdata dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan wawancara dari beberapa narasumber.Karakteristik dari sinyal masukan dan keluaran masing-masing blok rangkaian TV berwarna yangdiamati meliputi bentuk sinyal, frekuensi sinyal, dan amplitudo sinyal. Penelitian dilakukan denganmengukur besar tegangan, mengamati karakteristik sinyal menggunakan osiloskop dan spektrum analiser,kemudian menganalisa karakteristik dari sinyal-sinyal tersebut dikaitkan dengan komponen-komponen penyusun blok rangkaian tersebut.
I. PENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Dalam perkembangan teknologi dibidang elektronika, televisi mengalamiperkembangan dari TV hitam putih menjadiberwarna, dari layar cembung menjadi layardatar, dari rangkaian analog menjadirangkaian digital dan lain sebagainya.Perkembangan pada taraf produksimenuntut adanya perkembangan pada taraf perbaikan kerusakan televisi. Carakonvensional yang menggunakan dugaandari teknisi dapat menyebabkan tingkatkerusakan menjadi lebih parah. Untuk ituperlu adanya teknik perbaikan kerusakan TVdengan metode komputerisasi yaitupencarian kerusakan televisi dengan sistempengambilan data dari TV kondisi baik sebagai basisdata dan acuan dalammembantu pencarian kerusakan blok rangkaian televisi.Sistem pencarian kerusakan televisiberwarna ini menuntut pemahaman tentangkarakteristik sinyal dan tegangan keluaranmasing-masing blok rangkaian televisiberwarna dalam kondisi baik. Bentuk sinyaldan tegangan yang diperoleh dari penelitiandijadikan sebagai basisdata untuk membantudalam perancangan perangkat keras sistempengambilan data dan perangkat lunak sistem pencarian kerusakan blok rangkaiantelevisi berwarna.
1.2.
 
Identifikasi Masalah
Dalam perjalanannya, pesawat TVyang kita beli cepat atau lambat pasti akanmengalami kerusakan, baik kerusakan padaaudio maupun video. Sehingga perlu adanyasuatu metode yang dapat mempermudahdalam menganalisa kerusakan tersebut.
1.3.
 
Batasan Masalah
Batasan masalah pada Tugas Akhirini meliputi :1.
 
Pesawat televisi yang dijadikan objek penelitian adalah televisi berwarnaproduk Polytron MX14/20323 dalamkondisi baik.2.
 
Penelitian difokuskan pada
 processo
 main unit utama IC STV 2286 pada TVPolytron MX/20232, serta pengamatanbentuk sinyal masukan dan keluarannya.3.
 
Tidak membahas serta menganalisarangkaian elektronika pendukung lainya.
 
2
4.
 
Tidak membahas perangkat lunak yangterdapat pada komponen penyusuntelevisi berwarna polytronMX14/20323.5.
 
Tidak membahas tentang kerusakan dancara perbaikan kerusakan
(troubleshooting)
pada rangkaiantelevisi berwarna PolytronMX14/20323.
1.4.
 
Rumusan Masalah
Kenyataan dilapangan yang seringterjadi, menggugah penulis untuk mempelajari dan menganalisa blok 
 processor 
main unit utama IC STV 2286pada pesawat TV Polytron MX14?20323.
1.5.
 
Tujuan Penelitian1.6.
 
Kegunaaan Hasil Penelitian
Kegunaan hasil penelitian adalahpenulis mengenal
 processor 
main unit utamaIC STV 2286 pada pesawat TV PolytronMX14/20323 beserta cara kerjanya,disamping itu mengetahui bentuk sinyalmasukan maupun keluaran sertakarekteristik sinyal tersebut.
II.
 
LANDASAN
 
TEORI
2.1 Bagian Penerima Televisi
Bentuk dasar diagram blok daribagian penerima televisi warna terdiri daribagian luar (antena), tuner, bagian suara(audio), bagian pengolah gambar/warna(video), sinkronisasi dan defleksi.Tujuan penelitian adalah mengenal blok 
 processor 
main unit IC STV 2286 padapesawat TV Polytron MX14/20323 besertacara kerjanya. Yang nantinya peneliti akanmempelajari bentuk karakteristik sinyalmasukan dan keluaran dari blok tersebut.Yang nantinya akan dibuat untuk mempelajari pendeteksi kerusakan TVdengan komputer.
PenguatluminanMatrikPenalaDetektorvideoTabunggambarPenguatvideo IFAFTAGC
         A      n      o         d      a
Penguatsuara IFPenguatsuaraDetektorFMSpeakerDefleksivertikalDefleksihorizontalPemisahsinkronisasiFly Back
Sinkronisasi dan defleksi
 
Gambar 2.1. Diagram blok penerima
 
3
2.1.1 ANTENA
Pesawat penerima televisi dari jenis apapunselalu dilengkapi dengan antenna.
 Antenna
 
mempunyai bentuk yangsederhana, yang terdiri dari elemen-elemenalumunium yang dirakit sedemikian rupa,tetapi antenna mempunyai pengaruh yangbesar terhadap penangkapan (penerima)sinyal-sinyal televisi, terutama pada tempat(lokasi) yang jauh dari stasiun pemancar.Adapun fungsi dari ‘
antenna
 
televisi
 
adalahuntuk menangkap dan menerima sinyal ataugelombang yang dipancarkan oleh antennapemancar.Adapun gelombang yang diterimaoleh penerima pesawat televisi adalahgelombang VHF
(Very High Frequency)
danUHF
(Ultra High Frequency)
, karena keduagelombang pembawa suara dan gelombangpembawa gambar mempunyai komponenfrekuensi yang dipancarkan pada sebuah jalur frekuensi gelombang VHF atau UHFsebagai pembawa pada pancaran televisiberwarna.
2.1.2 TUNER ( penala )
Bagian tuner sering disebut jugasebagai bagian penala. Bagian ini sebagaipenerima televisi, tuner televisi berwarnadengan penerima televisi monochrommempunyai kedudukan yang sama. Tunerterdiri dari penguat frekuensi tinggi (penguatHF), mixer dan osilator lokal (lihat Gbr,2.2). Dengan mixer dan osilator lokalgelombang TV dirubah menjadi sinyalfrekuensi IF, untuk dapat diterima olehpenerima televisi. Bagian tuner dilengkapi
converter 
(pengubah frekuensi), penguat HF(frekuensi tinggi), pada tuner memperkuatgelombang televisi maka S/N (sinyal/noise)dapat diperbaiki.
Gambar 2.2. Blok bagian Tuner
2.1.3 AFT (Automatic Fine Tuning)
Rangkaian AFT berfungsi untuk mengatur frekwensi pembawa gambar daripenguat IF agar frekwensinya 38,9 MHz.Tegangan pengatur AFT diambil daridetektor 5,5 MHz yang mendeteksipenyimpangan dari harga 38,9 MHz,kemudian diumpan balikkan ke oscilatorlokal pada tuner.
2.1.4
 
BAGIAN SUARA (audio)
Bagian penerima suara terdiripendeteksi sinyal suara, penguat IF suara,detector FM dan penguat akhir. Prosespertama yang dilakukan adalah mendeteksisinyal pembawa suara yang telah dipisahkandengan gelombang pembawanya pada
 Demodulator Amplitudo
, diterima penguatIF suara atau sound IF
amplifier 
digunakanuntuk melakukan penguatan terhadap sinyalIF suara selanjutnya masuk ke detektor FMuntuk mendeteksi signal FM untuk diteruskan ke penguat dan membumikansignal AM yang lolos, kemudian signal FMdikuatkan lebih lanjut oleh penguat akhir.
PenguatHFMixerOsilatorlokalDariAntenna
S
inyalpembawagambar danpembawasuaraDariAFTKepenguat IFgambarSinyal IFgambardan suaraTUNER

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->