Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
11Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manfaat Pendidikan Pramuka Terhadap Individu

Manfaat Pendidikan Pramuka Terhadap Individu

Ratings: (0)|Views: 4,897|Likes:
Pramuka Indonesia adalah pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya.
Pramuka Indonesia adalah pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya.

More info:

Published by: cetakprint.wordpress.com/ on Aug 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/15/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Pramuka Indonesia adalah pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakansingkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang SukaBerkarya."Pramuka" merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yangmeliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun),Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps PelatihPramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing Pramuka.Sedangkan yang dimaksud "Kepramukaan" adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatanmenarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alamterbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yangsasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Kepramukaanadalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan,kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.
Sejarah
1
 
Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yangditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) diBandung. Sedangkan di tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) JongIndonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Kedua organisasi cikal bakalkepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda)Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun1926.Pada tanggal 26 Oktober 2010, Dewan Perwakilan Rakyat mengabsahkanUndang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. BerdasarkanUU ini, maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang bolehmenyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Organisasi profesi juga diperbolehkanuntuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.
PEMBAHASAN
2
 
Pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler di sekolah tentunya tidak asing lagi bagi hampir semua orang. Belakangan ini pramuka mungkin kurang diminatisebagian siswa karena dianggap ketinggalan jaman, benarkah ?Sebagian orang masih beranggapan bahwa pramuka itu hanya tepuk tangan, baris berbaris, tali temali. Padahal pramuka itu bersifat fleksibel dalam arti dapat berkembang mengikuti jaman.Pengalaman siswa yang benar-benar mengikuti pramuka dapat dirasakanmanfaatnya: Berikut sebagian pengalaman dari beberapa siswa yang merasakanmengikuti kegiatan pramuka:
Kemandirian. Misalkan suatu saat kita mnegalami kecelakaan di tempatterpencil jauh dari pemukiman, pramuka mengajarkan P3K, tali temali, dsb.Jemuran yang patah pun dapat diatasi sendiri .
Mendapat keluarga baru. Tidak hanya di sekolah, di kota, di Indonesia, bahkan di duniapun berkat “pramuka” , orang sedunia bisa bertemu sepertiJambore Dunia.
Lebih mencintai Lingkungan. Bagaimana pramuka mengajarkan tentanglingkungan alam besreta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelejahan alam bebas pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam.
Leadership. Melalui pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin,kejujuran, tanggungjawab, menjawab semua masalah dan mengatasinya,.3

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tresna Belia A liked this
Diana Eris liked this
Sutarno Alfakir liked this
Bang Oki liked this
Kulkul Kulin liked this
Feno Okvianto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->