Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
23Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asal Usul Tari Jaipong

Asal Usul Tari Jaipong

Ratings: (0)|Views: 10,380|Likes:
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Published by: cetakprint.wordpress.com/ on Aug 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/17/2013

pdf

text

original

 
ASAL USUL TARI JAIPONG
Pengertian Tari Jaipong
 Jaipongan adalah sebuah aliran seni tari yang lahir dari kreativitasseorang seniman Berasal dari Bandung, Gugum Gumbira. Perhatiannyapada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilumenjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan/Bajidoran atau Ketuk Tilu. Gerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun dan beberapa ragamgerak mincid dari beberapa kesenian di atas cukup memiliki inspirasiuntuk mengembangkan tari atau kesenian yang kini dikenal dengannama Jaipongan. Sebagai tarian pergaulan, tari Jaipong berhasildikembangkan oleh Seniman Sunda menjadi tarian yangmemasyarakat dan sangat digemari oleh masyarakat Jawa Barat(khususnya), bahkan populer sampai di luar Jawa Barat.Menyebut Jaipongan sebenarnya tak hanya akan mengingatkan orangpada sejenis tari tradisi Sunda yang atraktif dengan gerak yangdinamis. Tangan, bahu, dan pinggul selalu menjadi bagian dominandalam pola gerak yang lincah, diiringi oleh pukulan kendang. Terutamapada penari perempuan, seluruhnya itu selalu dibarengi dengansenyum manis dan kerlingan mata. Inilah sejenis tarian pergaulandalam tradisi tari Sunda yang muncul pada akhir tahun 1970-an yangsampai hari ini popularitasnya masih hidup di tengah masyarakat.
[Tari Jaipongan]
 
Tari Jaipongan Jawa BaratSejarah Tari Jaipong
Sebelum bentuk seni pertunjukan ini muncul, ada beberapa pengaruhyang melatarbelakangi bentuk tari pergaulan ini. Di Jawa Baratmisalnya, tari pergaulan merupakan pengaruh dari Ball Room, yangbiasanya dalam pertunjukan tari-tari pergaulan tak lepas darikeberadaan ronggeng dan pamogoran. Ronggeng dalam tari pergaulantidak lagi berfungsi untuk kegiatan upacara, tetapi untuk hiburan ataucara gaul. Keberadaan ronggeng dalam seni pertunjukan memiliki dayatarik yang mengundang simpati kaum pamogoran. Misalnya pada tariKetuk Tilu yang begitu dikenal oleh masyarakat Sunda, diperkirakankesenian ini populer sekitar tahun 1916. Sebagai seni pertunjukanrakyat, kesenian ini hanya didukung oleh unsur-unsur sederhana,seperti waditra yang meliputi rebab, kendang, dua buah kulanter, tigabuah ketuk, dan gong. Demikian pula dengan gerak-gerak tarinya yangtidak memiliki pola gerak yang baku, kostum penari yang sederhanasebagai cerminan kerakyatan.Seiring dengan memudarnya jenis kesenian di atas, mantanpamogoran (penonton yang berperan aktif dalam seni pertunjukanKetuk Tilu / Doger / Tayub) beralih perhatiannya pada senipertunjukan Kliningan, yang di daerah Pantai Utara Jawa Barat(Karawang, Bekasi, Purwakarta, Indramayu, dan Subang) dikenaldengan sebutan Kliningan Bajidoran yang pola tarinya maupunperistiwa pertunjukannya mempunyai kemiripan dengan keseniansebelumnya (Ketuk Tilu / Doger / Tayub). Dalam pada itu, eksistensitari-tarian dalam Topeng Banjet cukup digemari, khususnya diKarawang, di mana beberapa pola gerak Bajidoran diambil dari tariandalam Topeng Banjet ini. Secara koreografis tarian itu masihmenampakan pola-pola tradisi (Ketuk Tilu) yang mengandung unsurgerak-gerak bukaan, pencugan, nibakeun dan beberapa ragam gerakmincid yang pada gilirannya menjadi dasar penciptaan tari Jaipongan.Beberapa gerak-gerak dasar tari Jaipongan selain dari Ketuk Tilu,Ibing Bajidor serta Topeng Banjet adalah Tayuban dan Pencak Silat.
TATA BUSANA TARI JAIPONG

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nino Zha liked this
Gemini Blue liked this
Zaana Baskoro liked this
Pratama Nanda liked this
przewalski03 liked this
Ali Soko liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->