Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Belibis A17-Cedera Kepala2

Belibis A17-Cedera Kepala2

Ratings: (0)|Views: 13|Likes:
Published by Dedy Wicaksono

More info:

Published by: Dedy Wicaksono on Aug 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
0
 Author : 
Olva Irwana, S. Ked
Faculty of Medicine – University of Riau Pekanbaru, Riau 2009 
 
 
© Files of DrsMed – FK UR 
 http://www.yayanakhyar.co.nr 
 
 
1
CEDERA KEPALA
1.
 
Definisi
Cedera kepala adalah trauma mekanik pada kepala yang terjadi baik secaralangsung atau tidak langsung yang kemudian dapat berakibat kepada gangguan fungsineurologis, fungsi fisik, kognitif, psikososial, bersifat temporer atau permanent.
1
MenurutBrain Injury Assosiation of America, cedera kepala adalah suatu kerusakan pada kepala,bukan bersifat congenital ataupun degeneratif, tetapi disebabkan oleh serangan/benturanfisik dari luar, yang dapat mengurangi atau mengubah kesadaran yang mana menimbulkankerusakan kemampuan kognitif dan fungsi fisik.
2
 
2.
 
Epidemiologi
Di Amerika Serikat, kejadian cedera kepala setiap tahunnya diperkirakan mencapai500.000 kasus. Dari jumlah tersebut, 10% meninggal sebelum tiba di rumah sakit. Yangsampai di rumah sakit, 80% dikelompokkan sebagai cedera kepala ringan (CKR), 10%termasuk cedera kepala sedang (CKS), dan 10% sisanya adalah cedera kepala berat(CKB).
3
Insiden cedera kepala terutama terjadi pada kelompok usia produktif antara 15-44tahun. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab 48%-53% dari insiden cedera kepala,20%-28% lainnya karena jatuh dan 3%-9% lainnya disebabkan tindak kekerasan, kegiatanolahraga dan rekreasi.
4
 Data epidemiologi di Indonesia belum ada, tetapi data dari salah satu rumah sakit diJakarta, RS Cipto Mangunkusumo, untuk penderita rawat inap, terdapat 60%-70% denganCKR, 15%-20% CKS, dan sekitar 10% dengan CKB. Angka kematian tertinggi sekitar35%-50% akibat CKB, 5%-10% CKS, sedangkan untuk CKR tidak ada yang meninggal.
1
 
3.
 
Klasifikasi
Cedera kepala bisa diklasifikasikan atas berbagai hal. Untuk kegunaan praktis, tiga jenis klasifikasi akan sangat berguna, yaitu berdasar mekanisme, tingkat beratnya cederakepala serta berdasar morfologi.
1
 
 
2
Klasifikasi cedera kepala:
1
 A. Berdasarkan mekanisme1. Cedera kepala tumpul, dapat disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh, atau pukulan benda tumpul.2. Cedera kepala tembus (penetrasi), disebabkan luka tembak atau pukulan bendatumpul.B. Berdasarkan beratnya1. Ringan (GCS 14-15)2. Sedang (GCS 9-13)3. Berat (GCS 3-8)C. Berdasarkan morfologi1. Fraktura tengkorak a. Kalvaria1. Linear atau stelata2. Depressed atau nondepressed3. Terbuka atau tertutupb. Dasar tengkorak 1. Dengan atau tanpa kebocoran CNS2. Dengan atau tanpa paresis N VII2. Lesi intrakraniala. Fokal1. Epidural2. Subdural3. Intraserebralb. Difusa1. Komosio ringan2. Komosio klasik 3. Cedera aksonal difusa
4.
 
Patofisiologi
Pada cedera kepala, kerusakan otak dapat terjadi dalam dua tahap yaitu cederaprimer dan cedera sekunder. Cedera primer merupakan cedera pada kepala sebagai akibatlangsung dari suatu ruda paksa, dapat disebabkan benturan langsung kepala dengan suatu

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->