Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tenaga Eksogen

Tenaga Eksogen

Ratings: (0)|Views: 563|Likes:

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Muhammad Erza Bahriani on Aug 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/03/2013

pdf

text

original

 
Tenaga Eksogen
TENAGA EKSOGEN
 
Eksogen, atau tenaga eksogen ialah tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifatnyamerusak atau merombak permukaan bumi yang sudah terbentuk oleh tenaga endogen.Tenaga eksogen juga mengakibatkan bentuk-bentuk muka bumi. Tenaga eksogen dapatberasal dari tenaga air, angin, dan organisme yang menyebabkan terjadinya prosespelapukan, erosi, denudasi, dan sedimentasi. Contoh seperti bukit atau tebing yangterbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentukpermukaan bumi.
 
A 1.Pelapukan
 
Pelapukan adalah penghancuran batuan dari bentuk gumpalan menjadi butiran yanglebih kecil bahkan menjadi hancur atau larut dalam air. Proses pelapukan dapatdikatakan sebagai proses penghancuran massa batuan melalui media penghancuran,berupa:
 
 
Sinar matahari
 
 
Air
 
 
Gletser
 
Pelapukan
 
 
reaksi kimiawi
 
 
kegiatan makhluk hidup (organisme)
 
Menurut proses terjadinya pelapukan dapat
 
digolongkan menjadi 3 jenis yaitu:
 
 
- pelapukan fisik atau mekanik
 
- pelapukan organis
 
 
 
A.Pelapukan Fisik dan Mekanik.
 
Pelapukan mekanik (fisik) adalah proses pengkikisan dan penghancuran bongkahan batu jadi bongkahan yang lebih kecil,tetapi tidak mengubah unsur kimianya. Proses inidisebabkan oleh sinar matahari, perubahan suhu tiba-tiba, dan pembekuan air pada celahbatu.Penyebab terjadinya pelapukan mekanik yaitu:1.Adanya perbedaan temperatur yang tinggi.2. Adapun pembekuan air di dalam batuan3. Berubahnya air garam menjadikristal.
Pelapukan mekanik/fisis.
B. Pelapukan Organis/Biologis.
 
Penyebabnya adalah proses organisme yaitu binatang tumbuhan dan manusia, binatangyang dapat melakukan pelapukan antara lain cacing tanah, serangga. Dibatu-batu karangdaerah pantai sering terdapat lubang-lubang yang dibuat oleh binatang. Pengaruh yangdisebabkan oleh tumbuh tumbuhan ini dapat bersifat mekanik atau kimiawi. Pengaruhsifat mekanik yaitu berkembangnya akar tumbuh-tumbuhan di dalam tanah yang dapatmerusak tanah disekitarnya. Pengaruh zat kimiawi yaitu berupa zat asam yang
 
dikeluarkan oleh akar akar serat makanan menghisap garam makanan. Zat asam inimerusak batuan sehingga garam-garaman mudah diserap oleh akar. Manusia jugaberperan dalam pelapukan melalui aktifitas penebangan pohon, pembangunan maupunpenambangan.
 
C. Pelapukan Kimiawi.
 Pada pelapukan ini batu batuan mengalami perubahan kimiawi yang umumnya berupapengelupasan. Pelapukan kimiawi tampak jelas terjadi pada pegunungan kapur (Karst).Pelapukan ini berlangsung dengan batuan air dan suhu yang tinggi. Air yang banyakmengandung CO2 (Zat asam arang) dapat dengan mudah melarutkan batu kapur(CACO2). Peristiwa ini merupakan pelarutan dan dapat menimbulkan gejala karst. DiIndonesia pelapukan yang banyak terjadi adalah pelapukan kimiawi. Hal ini karena diIndonasia banyak turun hujan. Air hujan inilah yang memudahkan terjadinya pelapukankimiawi.
 pelapukan Kimia.
2.
 
Erosi.
 
Erosi seperti pelapukan adalah tenaga perombak (pengkikisan). Tapi yangmembedakan erosi dengan pelapukan adalah erosi adalah pengkikisan oleh media yangbergerak, seperti air sungai, angin, gelombang laut, atau gletser. Erosi dibedakan oleh

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->