Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Musik Abrah

Teori Musik Abrah

Ratings: (0)|Views: 1,948|Likes:

More info:

Published by: Nur Milad Boarding School on Aug 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
1 |Teori Dasar Musik 
SENI MUSIK
Seni musik
merupakan ungkapan pikiran dan perasaan manusia yang diwujudkan dalam alunan tinggirendahnya nada atau suara yang serasi dan merdu, sehingga menimbulkan kesan/pesan. Dengan katalain, musik adalah kesatuan bunyi yang diatur menjadi suatu pola yang dapat mengungkapkan isi hati(perasaan) dalam suasana gembira, bahagia, ataupun sedih yang dikomunikasikan melalui melodi, ritmedan harmoni sehingga menimbulkan pesan kepada orang lain.Musik dapat disajikan dalam dua cara, yakni vokal dan instrumental. Bila musik disajikan secara vokal,maka yang menjadi sarana utamanya adalah mulut atau pita suara. Namun, bila musik disajikan secarainstrumental, maka alat musik adalah sarana utamanya.Untuk memainkan musik dengan baik, perlumemahami beberapa aspek diantaranya notasi musik,nada, tangga nada, birama, irama, tempo dan dinamik.
NOTASI MUSIK (
MUSICAL NOTATIONS
)
Untuk menuliskan nada-nada, digunakan not sebagaisatuan penulisan nada dan sistem pengaturan not itudisebut penulisan lagu atau notasi. Dengan notasi, kitadapat mengenal, membaca, mempelajari danmenyanyikan lagu. Notasi musik yang umum ada duamacam, yaitu notasi angka dan notasi balok.
NOTASI ANGKA (
NUMERAL NOTATIONS
)
Notasi angka adalah sistem penulisan lagu/musikdengan menggunakan lambang angka. Angka yangdipakai adalah sebagai berikut:
1 2 3 4 5 6 7 (0)
do re mi fa sol la ti(0)
dalam notasi angka dgunakan sebagai tanda diam.Notasi angka terdiri dari 3 oktaf, yaitu:1.
 
Oktaf tinggi :
1 2 3 4 5 6 7 1
(titik di atas)2.
 
Oktaf sedang :
1 2 3 4 5 6 7 1
(tanpa titik)3.
 
Oktaf rendah :
1 2 3 4 5 6 7 1
(titik di bawah)
Not adalah tanda-tanda yang berupalambang atau angka yang berfungsiuntuk menyatakan tinggi dan rendahnyaserta panjang pendeknya nada.Nada adalah suara yang teratur panjangpendeknya, keras lembutnya dan tinggirendahnya.Sifat-sifat nada, antara lain:1. Tinggi nada (pitch), ditentukan olehfrekuensi (banyaknya getaran bunyiper detik). Semakin banyak getaran,semakin tinggi nada itu.2. Keras lunak nada (intensitas),ditentukan oleh kuat lemahnya bunyiitu disuarakan. Atau sering disebutdengan dinamika.3. Panjang pendek nada (durasi),ditentukan oleh lamanya nada ituberbunyi atau bergetar. Semakinlama bunyi itu bergetar, semakinpanjang suara atau nada tersebutberbunyi.4. Warna suara (timbre), ditentukanoleh sumber bunyi nada itu. Satusumber bunyi mempunyai ciri khastersendiri yang berbeda dengansumber bunyi lain, tergantung padabahan benda (kayu, logam, ataukulit), bentuk benda (tabung, kotak,balok, atau kerucut) dan caramemainkan (ditiup, dipetik, dipukul,atau digesek).
 
2 |Teori Dasar Musik 
NOTASI BALOK (
SCORE 
)
Notasi balok adalah penulisan lagu/musik dengan menggunakan lambang-lambang pada balok-balokberupa jajaran baris. Agar dapat memahami penulisan not balok, kita harus mempelajari terlebih dahulubagian-bagian yang ada pada sistem penulisan notasi balok tersebut.
Bentuk, nama dan nilai not
No. Bentuk Not NamaNilai NotBirama 4 Birama 81Not penuh (
whole note)
4 ketukan 8 ketukan2Not setengah (
half note)
2 ketukan 4 ketukan3Not seperempat(
quarter note)
1 ketukan 2 ketukan4Not seperdelapan(
eight note
)½ ketukan 1 ketukan5Not seperenambelas(
sixteenth note
)¼ ketukan ½ ketukan
Bentuk not berbeda-beda tergantung dari nilainya. Ada not yang memakai bendera dan ada juga not yang tidak memakaitangkai (perhatikan tabel di atas!).
Bentuk, nama dan nilai tanda diam
No. Bentuk Not NamaNilai NotBirama 4 Birama 81 Not penuh (
whole note)
4 ketukan 8 ketukan2 Not setengah (
half note)
2 ketukan 4 ketukan3Not seperempat(
quarter note)
1 ketukan 2 ketukan4Not seperdelapan(
eight note
)½ ketukan 1 ketukan5Not seperenambelas(
sixteenth note
)¼ ketukan ½ ketukan
Tanda diam adalah lambang yang digunakan dalam musik yang menyatakan berapa lama berhenti atau beristirahat sewaktumenyanyikan sebuah lagu. Terdapat beberapa bentuk tanda diam dan nilainya (perhatikan tabel di atas!).
 
3 |Teori Dasar Musik 
GARIS PARANADA (
STAFF 
)
Garis paranada terdiri dari lima garissejajar yang jarak atau panjangnya samadan empat spasi. Sangkar nadadigunakan untuk meletakan not dantanda diam, baik di garis maupun dispasi. Garis dalam paranada dihitung dari bawah ke atas. Jadi, nomor urut kecil dari bawah (perhatikangambar).Cara menuliskan not balok pada sangkar nada adalah sebagai berikut:
 
Pada garis sangkar nada
 
Pada spasi
Perhatikan cara penulisan not di atas! Arah tiang menghadap ke atas, apabila not berada di bawah garis ke tiga.Sedangkan arah tiang menghadap ke bawah, apabila not berada di atas garis ke tiga. Pada garis ke tiga, arah tiangboleh menghadap ke atas atau ke bawah, tergantung selera.
 
Penulisan not di luar garis
 
Penulisan tanda diam
Menuliskan tanda diam pada sangkar nada lebih mudah daripada menuliskan not, karena menulis tanda diamletaknya tetap di antara garis kedua dan keempat.
ALPHABET DALAM MUSIK (
MUSICAL ALPHABET 
)
Nama-nama dalam musik (
musical alphabet 
) menggunakan 7 huruf pertama dari abjad biasa,dimulai dari:
A
 – 
B
 – 
C
 – 
D
 – 
E
 – 
F
 – 
G
 
Penyusunan sesuai urutan abjad dimulai dari manapun.
setelah nada G selalu kembali ke A
Berikut contohnya:
Atau:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->