Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HIR - Het Herziene Indonesisch Reglement

HIR - Het Herziene Indonesisch Reglement

Ratings: (0)|Views: 2,524 |Likes:
Published by eroekk

More info:

Published by: eroekk on Aug 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
REGLEMEN INDONESIAYANG DIPERBARUI
(Het Herziene Indonesisch Reglement.) Reglemen tentang melakukan tugas kepolisian, mengadili perkara perdata dan penuntutan hukuman bagi bangsa Indonesia danbangsa Timur Asing di Jawa dan Madura.
 
Catatan:
- Teks Reglemen ini menurut kekuasaan pada S. 1926-496 diumumkanlagi pada S. 1926-559. Perubahan penting diadakan dalam teks itu: pada S. 1941-31 jo. 98, penyusunan secara baru tentang penuntutan bagi orang yang bukan bangsa Eropa; pada S. 1941-32 jo. 98, perbaikan pemeriksaan pendahuluan dalam perkara pidana terhadaporang Indonesia dan bangsa Timur Asing. Bab VI diganti oleh duayang baru. Selanjutnya teks itu diumumkan lagi pada S. 1941-44.- Dalam Reglemen Indonesia yang Diperbarui (RIB) ini hanya dimuathal-hal yang berkaitan dengan perkara perdata; hal-hal yangmenyangkut perkara pidana diatur dengan Kitab Undang-undangHukumAcara Pidana dan peraturan pelaksanaannya.
BAB I
1
 
HAL MELAKUKAN TUGASKEPOLISIAN
Bagian 2. Kepala Desa Dan Semua Bawahan Polisi yang Lain.Pasal 3.
Di bawah pengawasan dan perintah kepala distrik, kepala desa wajibmemelihara ketenteraman, keamanan umum dan ketertiban yang baik didesanya. (IR. 1-11, 2, 5 dst., 13 dst., 22 dst., 25 dst.; Sv. 1.)
Pasal 4.
(1) Seminggu sekali, pada hari yang ditentukan, kepala desa wajibmenghadap kepala distriknya untuk menyampaikan berita tentanghal-ihwal yang terjadi dalam minggu yang telah lewat, sedapat-dapatnya secara tertulis, kalau tidak secara lisan, kecualikalau itu sudah diberitahukan terlebih dahulu menurut peraturan- peraturan berikut pada bagian ini.(2) Jika ada halangan yang sah, maka kepala desa hendaknya menyuruhseorang pejabat bawahannya sebagai penggantinya, atau jika pejabat yang demikian itu tidak ada, seorang lain yang cakap.(3) jika tugas menghadap sekali seminggu amat berat bagi kepala desadi suatu tempat, maka bupati boleh memberi kuasa kepada kepaladistrik untuk menyuruh kepala desa itu menghadap sekali empat belas hari atau sekali sebulan. (IR. 6, 10, 15, 21, 28, 30, 305-)
2
 
 
Pasal 5.
Kepala desa harus menjalankan perintah atasannya dengan saksama.(IR. 2, 3, 25, 31, 36, 93; Sv. 1.)
Pasal 6
Ia wajib berusaha sedapat-dapatnya untuk mencegah orang-orang, yangmemakai senjata yang lain dari biasa atau lebih dari yang biasa, berjalan bersama-sama, khususnya pada malam hari, jika orang-orangitu rupanya mempunyai maksud terlarang, dan la harus memberitahukansegala hal yang terjadi tentang itu kepada kepala distrik, (IR. 2,3, 27.)
Pasal 7.
(1) Jika ternyata perlu menurut pertimbangan bupati dan disetujuioleh residen, maka kepala desa wajib mengadakan jaga malam didalam desanya serta memanggil sekalian penduduk desa yang baik untuk menjalankan tugas secara bergilir.(2) Kepala desa dilarang keras memberi kebebasan untuk tidak melakukan tugas, itu, kalau tidak ada alasan yang sah. (IR. 3,27.)
3

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
widi_wicaksono liked this
testiandini liked this
Mamat Krm liked this
Ratih Rahmawati liked this
Edwin Yudhi P liked this
Yosa Afrizal liked this
Prasyadi Cesario liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->