Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Boiler

Boiler

Ratings:

4.67

(18)
|Views: 4,005 |Likes:
Published by triguna801688

More info:

Published by: triguna801688 on Jan 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

 
NURMANSYAH07.214.506
1.Apakah Steam boiler itu? Bagaimana klasifikasinya ?Jawab :Steam boiler adalah sebagai alat unuk mentransfer panas pembakaran bahan bakar ke air ketel untuk mendapatkan uap.Klasifikasinya :A. 1. Fire tube Boiler 2. Water tube Boiler B.1. External fired Boiler, Perapian diluar 2. Internal fired Boiler, Perapian didalamC.1. Vertical type (Tipe Vertikal)2. Horizontal type ( Tipe Horizontal)D.1. Single tube (1 fire tube/ water tube)2. Multi tube (banyak fire tube/ water tube)E.1. Natural circulation (Sirkulasi alami)2. Forced circulation (Sirkulasi Paksa)F. 1. Stationary Boiler 2. Mobile type Boiler G. Menurut sumber panas pembakaran1.Coal (Batubara)2. Oil (Minyak) & gas3. Nuclear (Nuklir)4. Dll2.Jelaskan kontruksi dan cara kerja dari boiler Lancashire dengan sket yang memadai!Jawab :
Gambar 1 Pandangan depan, samping dan atas dari boiler Lancashire
Boiler ini adalah type tidak dapat bergerak (tsationary), model fire tube, pembakaran dalam, mendatar dan menggunakan sirkulasi alami. Boiler ini dipakai dimanatekanan kerja dan power/ tenaga yang dibutuhkan sedang. Boiler ini memiliki shell/selongsong silindris dengan dimeter 1.75 – 2.75 meter. Panjangnya bervariasi dari 7.25 – 9 meter. Boiler ini memiliki 2 cerobong dalam dengan diameter sekitar 0.4 kali diameter selongsong. Boiler tipe ini disusun dengan batu tahan api yang membentuk cerobong luar,maka bagian dari permukaan pemanasan berada di luar selongsong.
INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL
1
 
NURMANSYAH07.214.506
3.Apa perbedaan dari boiler cornish dan boiler lancashire?Jawab :Boiler Cornisha. Boiler Cornish memiliki 1 cerobong b. Diameter cerobong Boiler Cornish sekitar 0.6 x dimeter selongsongc. Boiler cornish umumnya antara 1 2 meter dan panjangnya bervariasi antara 5 – 7.5 meter.d.Kapasitas dan tekanan kerja lebih rendah.Boiler Lancashirea.Boiler Cornish memiliki 2 cerobong. b.Diameter cerobong Boiler Lancashire sekitar 0.4 x dimeter selongsong.c.Boiler Lanchasire panjangnya antara 1.75 – 2.75 meter dan panjangnya bervariasidari 7.25 9 meter.d.Tenaga kerja dan power/ tenaga yang dibutuhkan sedang.4.Gambarkan sket dengan rapi dari boiler lokomotif dan beri keterangan! Jelaskan carakerjanya?Jawab :
Gambar 2 Boiler Lokomotif 
Boiler ini terdiri dari sebuah selongsong atau tong dengan diameter 1.5 meter dan panjang 4 meter. Batu bara diumpankan ke kotak api melalui pintu api dan dibakar padakisi – kisi. Cerobong gas dari kisi-kisi dibelokkan oleh lengkungan batu, sehingga semua bagian kotak api terpanaskan dengan baik. Ada sekitar 157 tube tipis atau tube F(diameter 47.5 mm) dan 24 tube tebal atau tube panas lanjut G (diameter 130 mm).Setelah melalui tube ini gas memasuki kotak asap (smoke box). Gas kemudian menujuatmosfer melalui cerobong asap. Tong (barrel) berisi air di sekitar tube, dipanaskan olehgas asap dan diubah menjadi uap.
INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL
2
 
NURMANSYAH07.214.506
5.Jelaskan dengan diagram yang rapi, kontruksi dan cara kerja dari Boiler Babcock danWilcock tube air ?Jawab :
Gambar 3 Boiler Babcock dan Wilcox
Boiler ini terdiri dari drum uap dan drum air (1). Drum ini dihubungkan dengan tube pendek dengan uptake header atau riser (2) di ujung belakang.Tube air (5) (diameter 100 mm ) dimiringkan dan menghubungkan uptake header kedowntake header. Tiap kolom (row) tube dihubungkan dengan 2 header, dan ada banyak kolom yang seperti itu. Header dibengkokkan jika dilihat dari arah tube sehingga satu tubetidak berada pada sela yang lainnya, dan gas panas bisa lewat dengan baik setelah memanasisemua tube. Header dilengkapi dengan lubang tangan di depan tube dan dilengkapi tutup(18).Kotak Lumpur (6) disediakan pada tiap downtake header dan lumpur yang mengendapdipindahkan. Ada rantai kisi otomatis yang bergerak pelan pada tempat dimana batubaradiumpankan dari hopper (21). Batu api penyangga menyebabkan gas panas bergerak ke atasdan ke bawah dan ke atas lagi sebelum meninggalkan cerobong asap Damper (17) dioperasikan melaui sebuah rantai (22) lewat puli ke bagian depan boiler untuk mengatur aliran.Boiler ini dipasang pada rangka-rangka besi, dan dikelilingi pada 4 sisinya olehdinding batu api. Pintu (4) disediakan agar pekerja bisa masuk boiler untuk perbaikan dan pembersihan.Air bersikulasi dari drum (1) ke header (2) dan melewati tube (5) ke header (3) dankembali ke drum (1). Air bersikulasi terus sampai menguap. Sebuah pemanas lanjut uapterdiri dari banyak tube baja (10) dan berisi 2 kotak, 1 kotak uap panas lanjut (11) dan 1 kotak uap jenuh (12).Uap dihasilkan diatas muka air dalam drum dan mengalir dalam pipa kering (13) danlewat saluran masuk tube ke kotak uap panas lanjut (11). Uap ini kemudian melewati tube(10) ke kotak uap jenuh (12). Uap selama perjalanannya melewati tube (10), mengalami pemanasan lebih lanjut menjadi preheated. Uap kemudian diambil lewat saluran keluar pipa(14) ke katup pemberhenti/ stop valve (15).Boiler ini dipasang dengan perlengkapan standart, seperti katup keamanan (19), katup pengumpan (20) indikasi permukaan air (8) dan meter tekanan (9).
INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI NASIONAL
3

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anzar Arivaie liked this
Ahmad Joko S added this note
hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
Habib Hub Bibah liked this
Arie Prasetio liked this
4m3r1k4 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->