Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Oleh-oleh Grand Opening IMSS

Oleh-oleh Grand Opening IMSS

Ratings: (0)|Views: 0 |Likes:
Published by Fajar Ramadhan

More info:

Published by: Fajar Ramadhan on Aug 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/22/2014

pdf

text

original

 
OUTLINE GRAND OPENING INTERNATIONAL MUSLIM STUDENTS SUMMITGRAND SEMINAR BERSAMA IBU TRI MUMPUNI DAN PAK DAHLAN ISKANSEKILAS TENTANG IBU TRI MUMPUNIBeliau adalah penggagas listrik mikro untuk pedesaan yang tidak tersentuhaliran listrik negara, PLN. Mulanya beliau mengembangkan listrik mikro dipedesaan itu hanya berniat sebatas untuk penerangan saja di desa tersebut,tetapi implikasinya jauh lebih dari itu. Karena yang mulanya untuk mengajidan berlajar harus menggunakan cempor yang membuat muka hitam, denganadanya listrik maka lampu bisa menyala, implikasi lanjutnya tingkatpendidikan dan pemahaman di desa tersebut bisa menjadi jauh lebih maju.Selain itu ternyata listrik mikro tersebut dapat dijual ke negara, sehinggamemberikan surplus kepada desa tersebut untuk membiayai pendidikan anak-anaknya. Selain itu banyak sekali manfaat yang bisa diambil oleh masyarakatdesa itu dengan adanya listrik mikro yang sekarang telah menjadi investasidan asset bagi desa tersebut. Mari kita bayangkan, jika hal tersebut bisamenjadi amal jariyyah, tentunya akan sangat menguntungkan sekali. Selainitu bu Tri Mumpuni juga telah mendapatkan berbagai penghargaan nasionaldan internasional karena hal tersebut. Jika kita memfokuskan pada tujuanakhirat, maka berkah yang akan didapat pun bukan hanya di akhirat ataudunia saja, tapi keberkahaan dunia akhirat.ISI PEMAPARAN BELIAU:Setiap orang itu unik dengan perbedaannya masing-masing, dan perbedaanitu ada sebagai sarana untuk saling melengkapi antara satu orang denganorang lainnya untuk membentuk harmoni kehidupan yang lebih baik.
Makaberkolaborasilah dan bersinergilah anda semua untuk membangunIndonesia kea rah yang lebih baik dan lebih makmur.
Islam sejak kehadirannya bertujuan untuk menjadi rahmat universal bagisemesta alam, maka sebagai aktivis dakwah kampus
, hendaknya kitamentekadkan dalam hati kita bahwa hidup kita adalah HARUSmenjadi rahmatan lil ‘alamin!
Setiap orang yang tidak mempunyai kesempatan hidup enak seperti kita,sejatinya merekalah ladang beramal sholeh kita. Tidak ada orang yangmenjadi hidup susah karena memberi. Dan perlu diketahui juga bahwa do’akaum dhuafa itu cenderung lebih cepat diijabah.
Maka jika hidup teman-teman ingin lebih berarti dan lebih sukses, maka memberilah kepadakaum dhuafa dan jangan ragu untuk memberi!
 
Meskipun kita sudah nyaman dengna hidup kita seperti ini dengan segalafasilitas yang ada di sekitar kita, untuk meraih keberhasilan tidaklah dapatdiraih dengan berleha-leha.
Keluarlah dari zona nyaman, lihatlahkeadaan sekitar kita, karena masih banyak orang yang membutuhkanuluran tangan kita!
 Jangan katakana orang Indonesia itu miskin, karena sangat banyak sekaliorang Indonesia yang sukses di luar negeri, baik yang memegang jabatanstrategis di perusahaan-perusahaan multinasional ataupun yang menjadiseorang professional, hanya saja mereka cenderung pragmatis untukmengabdi dan membangun negeri sendiri
. Dan ini yang tidak diharapkanoleh bangsa: sikap pragmatisme kaum intelektual untuk membangunnegeri.
Untuk meraih keberhasilan, maka
be different!
Saat orang lain sibukmemikirkan berkarir di dunia internasional, maka kita harus berani untukmemikirkan bagaimana berkarir dalam negeri untuk membantu orang sekitarkita. Dan perlu diketahui
bahwa dengan membantu orang lain, makaakan membuat diri kita menjadi lebih kuat.
3 wasiat penting dari ibu Tri Mumpuni:
1.Mudahkanlah orang lain, maka Allah akan memudahkansegalanya untukmu!2.Berpihaklah kepada kaum marginal!3.Berbagilah jika anda punya rezeki!
 Terkadang kita selalu mencari solusi untuk menyelesaikan masalah negeri inidengan rumit dan njelimet, padahal yang dibutuhkan oleh kita untukmembangun negeri ini hanyalah sebuah
solusi simple yang tepat sasarandan tepat guna untuk membangun masa depan Indonesia yang lebihbaik 
. Seperti yang ibu Tri Mumpuni lakukan hingga mendapat kehormataninternasional, karena membantu penerangan di kampung-kampung terpencildengan membina dan membangun desa tersebut mempunyai listrik secaramandiri.
 Jangan mengharapkan imbalan dari manusia, tapi mengharaplahimbalan hanya kepada Allah, niscaya Allah akan memberi lebihdaripada yang kita bayangkan!.
 
Paska kuliah, kita tidaklah akan hidup sendiri. Tapi kita akan hidup bersamapasangan hidup kita membina rumah tangga dan merajut mimpi bersama.Maka
CARILAH JODOH YANG PAS
! Jika anda menyukai kegiatan socialdevelopment, maka carilah pasangan yang mempunyai social development juga untuk berkolaborasi dan bersinergi bersama untuk pembangunan sosial.Dan dengan mencari jodoh yang pas, kita pun tidak akan mempunyai masalahdengan pasangan hidup kita terkait hobi kita tersebut, tapi yang ada malahakan saling support dan berkerja sama dalam hobi yang sama pula.Kita tidak bisa mengubah bangsa secara sekaligus, tapi harus bertahap sedikitdemi sedikit. Tidak ada perubahan besar tanpa diawali dengan langkahperubahan yang jauh lebih kecil terlebih dahulu. Maka
 jika anda berniatuntuk mengubah dunia, mulailah dari hal yang paling kecil sekarang juga!
Perubahan ke arah yang lebih baik tidak akan pernah terjadi tanpa adanya
keyakinan dan kemauan
dari subjek nya.Rumusan hidup yang membuat ibu Tri Mumpuni tetap survive dalampengembangan sosial ada
di QS Ath Thalaq : 2-3
Wasiat lain ibu Tri Mumpuni:
 jaga silaturahim, kepercayaan, dankomitmen kita!
Kesalahan yang ada sekarang adalah bisnis komersial, atau bisnis yanginvestasinya hanya bertumpu pada sector industry dan ekonomi, sehinggamengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial yang begitu jauh antara sipemilik modal dan kalanagan grassroot. Yang disarankan sebagai solusi olehIbu Tri Mumpuni adalah bisnis sosial, atau bisnis yang berbasis padakemitraan dengan masyarakat yang dikelola dengan adil, selaras, dan sinergidengan perkembangan masyarakat.
Bisnis dengan artian bukan terfokuspada profit oriented, tapi manfaat dan mashlahat untuk ummatoriented.
Kondisi sekarang yang terjadi di Indonesia adalah paradigma dominasiinvestor, dimana pemerintah dengan kebijakannya bekerjasama denganinvestor dengan modalnya, untuk sama-sama mengeksploitasi kekayaan alamyang seharusnya didedikasikan sepenuhnya untuk rakyat, hal ini berimplikasipada terjadinya kesenjangan sosial yang sangat parah antara masyarakatkecil dengan pemerintah dan investor. Rakyat tidak mendapatkan apa yangseharusnya menjadi haknya, sementara kekayaan alam hanya bisa dinikmatioleh golongan atas saja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->