Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Laporan OJT Modifikasi Kidney Loop

Laporan OJT Modifikasi Kidney Loop

Ratings: (0)|Views: 9,871|Likes:
Published by Arafic

More info:

Published by: Arafic on Aug 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2013

pdf

text

original

 
 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
 Mobile Equipment Maintenance
(MEM) merupakan salah satu
departement 
di PT.INCO Tbk. (PTI) yang berperan dalam upaya perawatan dan perbaikan mesin padasemua fasilitas kendaraan yang digunakan di PTI, Dikhususkan pada perawatan fasilitasalat berat ditemukan suatu masalah yang dinamakan
Contaminant 
.
Contaminant 
(kontaminasi) merupakan berbagai macam material asing didalamsuatu sistem yang bukan merupakan bagian dari sistem tersebut yang dapatmengakibatkan keausan dini bahkan kerusakan pada alat berat. Untuk mengatasi haltersebut, maka dilakukan suatu program pengontrolan masuknya
contaminant 
ke sistemalat berat yang harus dimengerti, disadari, dan diterapkan untuk menjaga agar produk alat berat yang dimiliki mempunyai ketangguhan dan dapat menghasilkan nilai tambah.Program penggontrolan ini disebut dengan
contamination control.
Berdasarkan program tersebut, secara umum kidney loop digunakan sebagai suatualat bantu untuk menyaring
contaminant 
pada sistem
engine
, hidrolik dan transmisi alatberat. Dikhususkan pada sistem
each front wheel
,
hydrolik tank oil
, dan pada bagian
 final drive
terdapat masalah pada
 plug
yang kecil ketika akan dilakukan prosesfilterisasi (kidney) sedangkan proses kidney itu sendiri dilakukan dalam waktu yangcukup lama. Karena kecilnya plug pada alat berat tersebut maka dikhawatirkan akanterjadi kavitasi secara terus-menerus pada pompa yang berakibat menurunnya unjuk kerja pompa ataupun mengakibatkan kerusakan pada pompa.Berdasarkan permasalahan tersebut diatas maka dilakukan modifikasi pada kidneyloop tersebut dengan tujuan untuk mempertahankan kemampuan pompa dan mencegahterjadinya kerusakan pompa lebih dini akibat dari kavitasi itu sendiri. Selain daripadaitu, dengan adanya kidney loop maka penggunaan oli untuk alat berat dikatakan lebihhemat karena oli yang telah difilterisasi masih bisa digunakan kembali sehinggaberdampak pada pengurangan biaya pengeluaran pembelian oli bagi perusahaan.Modifikasi yang dilakukan berupa pembuatan model
trolley
yang berbeda, namun padakomponen dan instalasi masih mengikuti kidney loop yang telah ada.
 
 
 
2
1.2
 
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan laporan ini adalah sebagai berikut :
 
 
Mengetahui maksud dan tujuan dimodifikasinya kidney loop.
 
Menambah pengetahuan mengenai fungsi, prinsip dan penggunaan kidney loop sertakomponen-komponen yang digunakan didalamnya.
 
Mengetahui kemampuan roda castors diameter 8 inch dalam menyangga bebankonstruksi
trolley
kidney loop.
 
Mengetahui kapasitas tangki oli didalam menampung oli.
 
Melatih diri dalam mengaplikasikan segala ilmu yang telah diperoleh dalam bentuk perancangan atau modifikasi suatu alat yang bermanfaat khususnya ilmu gambarteknik dan beberapa perhitungan sederhana.
 
Melatih diri dalam menganalisa suatu masalah dan menemukan solusinya sehinggadapat diterapkan di dunia industri sebagaimana mestinya.
1.3
 
Ruang Lingkup Kajian
Pada laporan OJT ini penulis melingkupi pembahasan mengenai hal-hal berikut :
 
 
Penjelasan mengenai Kidney Loop modifikasi berupa prinsip kerja alat, fungsi daribagian-bagian konstruksi
trolley
dan komponen-komponen yang digunakan padainstalasi kidney loop.
 
Pembahasan perhitungan hanya dilakukan untuk mengetahui kapasitas tangki olipada kidney loop dan keamanan penggunaan roda castors diameter 8 inch.
1.4
 
Metode Pengkajian
Metode pengkajian yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah sebagaiberikut :
 
 
Metode WawancaraMetode wawancara adalah mengumpulkan data atau informasi melalui tanya jawabsecara langsung pada semua pihak yang memberikan keterangan untuk penyelesaianpenulisan laporan ini.
 
 
3
 
Metode ObservasiMetode ini adalah mencari dan mengadakan pengamatan tentang modifikasi kidneyloop yang ada, seperti informasi mengenai bahan-bahan yang digunakan sertakomponen-komponen apa saja yang digunakan.
 
Studi Pustaka
 
Mengumpulkan data dan informasi dari buku
literature
maupun internet mengenaisemua materi yang berhubungan dengan materi laporan OJT.
1.5
 
Sistematika Penulisan
Secara keseluruhan dari laporan OJT ini terdiri dari beberapa bab sebagai berikut :
 
Bab I PendahuluanPada bab ini terdiri dari pembahasan mengenai latar belakang penulisan laporan,tujuan penulisan, ruang lingkup kajian, metode pengkajian, dan sistematikapenulisan.
 
Bab II Gambaran PerusahaanPada bab ini berisi mengenai gambaran umum perusahaan terdiri dari profil singkatperusahaan, sejarah singkat perusahaan, visi dan misi perusahaan, sasaranperusahaan dan aktivitas serta pelayanan jasa yang dilakukan oleh perusahaan.
 
Bab III Landasan TeoriPada bab ini terdiri dari pembahasan mengenai teori-teori umum dan khusus yangmenunjang pekerjaan selama praktik di tempat OJT serta perhitungan
 – 
perhitungansederhana yang membantu dalam penulisan laporan ini.
 
Bab IV Analisa dan PembahasanPada bab ini membahas mengenai konstruksi dan komponen-komponen yangdigunakan dari modifikasi kidney loop ini, cara kerja dan prinsip kerjanya, sertaperhitungan pembuktian kemampuan roda castors dalam menyangga konstruksikidney loop.
 
Bab V Kesimpulan dan SaranPada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dibuat sehubungan denganmodifikasi kidney loop ini.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->