Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proses Penyidikan Tindak Pidana

Proses Penyidikan Tindak Pidana

Ratings: (0)|Views: 1,037 |Likes:
Published by Korwas PPNS

More info:

Published by: Korwas PPNS on Aug 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA
 
1.Pengertian
a.
Penyidikan
adalah serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut cara yangdiatur dalam Undang undang untuk mencari dan mengumpulkan bukti yangdengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan gunamenemukan tersangkanya.b.
Tindak pidana
 
adalah setiap perbuatan/ peristiwa yang diancam hukuman sebagaikejahatan atau pelanggaran yang disebut dalam perundang – undangan.c.
Penyidik 
adalah Pejabat Polisi Negara Republik Indonesia atau Pejabat PegawaiNegeri Sipil tertentu yang diberi wewenang khusus oleh undang – undang untukmelakukan penyidikan.d.
PPNS
 
adalah Pejabat Pegawai Negeri Sipil tertentu yang diberi wewenang khususoleh Undang – undang untuk melakukan penyidikan tindak pidana sesuai perundang- undangan yang menjadi dasar hukumnya dan dalam pelaksanaan penyidikanberada di bawah Kordinasi dan Pengawasan Penyidik Polri.e.
Tersangka
adalah seorang yang karena perbuatannya atau keadaannya,berdasarkan bukti permulaan patut diduga sebagai pelaku tindak pidana.f.
Saksi 
adalah orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentinganpenyidikan, penuntutan dan peradilan tentang suatu perkara pidana yang didengar dan atau dialami sendiri.
g.Keterangan ahli 
adalah keterangan yang diberikan oleh seseorang yang memilikikeahlian khusus tentang hal yang diperlukan untuk membuat terang suatu perkarapidana guna kepentingan pemeriksaan.h.
Konfrontasi 
adalah salah satu tehnik pemeriksaan dalam rangka penyidikan dengancara mempertemukan satu dengan lainnya (antara : tersangka dengan tersangka,saksi dengan saksi, tersangka dengan saksi) untuk menguji kebenaran danpersesuaian keterangan masing masing serta dituangkan dalam Berita AcaraKonfrontasi.i.
Rekontruksi 
 
adalah salah satu tehnik pemeriksaan dalam rangka penyidikan,dengan jalan memperagakan kembali cara tersangka melakukan tindak pidana ataupengetahuan saksi, dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentangterjadinya tindak pidana tersebut dan untuk menguji kebenaran keterangantersangka atau saksi sehingga dengan demikian dapat diketahui benar tidaknyatersangka tersebut sebagai pelaku dituangkan dalam Berita Acara PemeriksaanRekonstruksi. j.
Pemeriksaan
adalah kegiatan untuk mendapatkan keterangan, kejelasan dankeidentikan tersangka, saksi, ahli dan atau barang bukti maupun tentang unsur –unsur tindak pidana yang telah terjadi, sehingga kedudukan atau peranan seseorang
 
2maupun barang bukti di dalam tindak pidana tersebut menjadi jelas dan dituangkandi dalam berita acara pemeriksaan.k.
 Administrasi penyidikan
adalah penatausahaan segala kelengkapan administrasiyang diperlukan untuk kepentingan penyidikan yang meliputi pencatatan, pelaporandan pendataan untuk menjamin ketertiban, kelancaran dan keseragamanapelaksanaan administrasi penyidikan baik untuk kepentingan peradilan, operasionalmaupun pengawasan.l.
Petunjuk 
adalah perbuatan, kejadian atau keadaan, yang karena persesuaiannya,baik antara yang satu dengan yang lain, maupun dengan tindak pidana itu sendiri,menandakan bahwa telah terjadi suatu tindak pidana dan siapa pelakunya.m.
Laporan
adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang karena hak ataukewajiban berdasarkan undang – undang kepada pejabat yang berwenang tentangtelah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana.n.
Laporan Kejadian
adalah laporan tertulis yang dibuat oleh petugas tentang adanyapemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang karena hak atau kewajibanberdasarkan perundang – undangan, bahwa telah atau sedang terjadi peristiwapidana.o.
Tertangkap tangan
adalah tertangkapnya seorang pada waktu sedang melakukantindak pidana, atau dengan segera, sesudah,beberapa saat tindak pidana itudilakukan atau sesaat kemudian diserukan oleh khalayak ramai sebagai orang yangmelakukannya, atau apabila sesaat kemudian dan padanya diketemukan bendayang diduga keras sebagai hasil kejahatan atau dipergunakan untuk melakukantindak pidana itu yang menunjukkan bahwa ia adalah pelakunya atau turutmelakukan atau membantu melakukan tindak pidana itu.p.
Tempat Kejadian Perkara (TKP)
adalah tempat dimana suatu tindak pidanadilakukan/ terjadi dan tempat – tempat lain dimana tersangka dan atau korban danatau barang barang bukti yang berhubungan dengan tindak pidana tersebutditemukan.q.
Bukti Permulaan Yang Cukup
ialah alat bukti untuk menduga adanya suatu tindakpidana dengan mensyaratkan adanya minimal Laporan Kejadian ditambah salahsatu alat bukti yang sah.r.
Bukti Yang Cukup
mensyaratkan terdapatnya minimal 2 (dua) alat bukti yang sahyang dapat meyakinkan hakim bahwa suatu tindak pidana benar benar telahterjadi dan tersangka adalah pelakunya.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
putrimona liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->