Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
21Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perencanaan Gear Box By Fiq dkk

Perencanaan Gear Box By Fiq dkk

Ratings: (0)|Views: 1,574 |Likes:
Published by Arafic

More info:

Published by: Arafic on Aug 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/07/2013

pdf

text

original

 
Perancangan Gear Box
 
Akademi Teknik Soroako
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Dalam dunia industri, hampir semua mesin-mesin untuk industri maupun mesin-mesin yang dipakai oleh masyarakat, menggunakan sistem transmisi (gear box). Untuk mempermudah menjalankan beban yang berat agar motor dapat dengan mudah untuk memindah, mengangkat atau mendorong beban yang berat tersebut.Gearbox merupakan suatu komponen dari suatu mesin yang berupa rumah untuk roda gigi. Komponen ini harus memiliki konstruksi yang tepat agar dapat menempatkanporos-poros roda gigi pada sumbu yang benar sehingga roda gigi dapat berputar denganbaik dengan sedikit mungkin gesekan yang terjadi.Selain harus memiliki konstruksi yang tepat, terdapat beberapa kriteria yangharus dipenuhi oleh komponen ini yaitu dapat meredam getaran yang timbul akibatperputaran dan gesekan antar roda gigi.Dari kesulitan konstruksi yang disyaratkan dan pemenuhan kriteria yangdibutuhkan, maka kami bermaksud membuat produk tersebut sebagai objek pembuatanTugas Perencanaan Elemen Mesin. Dalam tugas ini membahas mengenai segala sesuatuyang ada dalam sistem gear box.
1.2
 
Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari perencanaan dan penulisan laporan gear box iniadalah sebagai berikut :
 
Agar mahasiswa mampu menerapkan teori yang diperoleh dari perkuliahan sehinggadapat menerapkan secara langsung dilapangan.
 
Agar dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan padaperencanaan gear box, seperti gaya-gaya pada roda gigi reaksi pada poros dan yanglainnya.
 
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaangear box untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat kearah yang lebih baik.
 
Perancangan Gear Box
 
Akademi Teknik Soroako
2
BAB IILANDASAN TEORI
2.1
 
Roda Gigi
Pada dasarnya sistem transmisi roda gigi merupakan pemindahan gerakanputaran dari satu poros ke poros yang lain hampir terjadi disemua mesin. Roda gigimerupakan salah satu yang terbaik antara sarana yang ada untuk memindahkan suatugerakan. Roda gigi dikelompokkan menurut letak poros putaran atau berbentuk dari jalur gigi yang ada. Keuntungan dari penggunaan sistem transmisi diantaranya :
 
 
Dapat dipakai untuk putaran tinggi maupun rendah
 
Kemungkinan terjadinya slip kecil
 
Tidak menimbulkan kebisingan
2.2
 
Klasifikasi Sistem Transmisi Roda Gigi2.2.1
 
Roda gigi lurus
(Spurs gear)
 
Roda gigi lurus dipakai untuk memindahkan gerakan putaran antara poros-poros yang sejajar. Yang biasanya berbentuk silindris dan gigi-giginya adalah lurusdan sejajar dengan sumber putaran. Pengunaan roda gigi lurus karena putarannyatidak lebih dari 3600 rpm dan kecepatan keliling tidak lebih dari 5000 ft/menit. Initidak mutlak, spur gear dapat juga dipakai pada kecepatan diatas batas-batastersebut.
Gambar 2.1 Roda gigi lurus
 
Perancangan Gear Box
 
Akademi Teknik Soroako
3
2.2.2
 
Roda gigi miring
(Helical gear)
 
Roda gigi miring dipakai untuk memindahkan putaran antara poros-porosyang sejajar. Sudut kemiringan adalah sama pada setiap roda gigi, tetapi satu rodagigi harus mempunyai kimiringan ke sebelah kanan dan yang lain ke kiri. Roda gigiini mampu memindahkan putaran lebih dari 3600 rpm dan kecepatan keliling lebihdari 5000 ft/menit.
Gambar 2.2 Roda gigi miring
2.2.3
 
Roda gigi payung
(Bevel gear)
 
Roda gigi kerucut dipakai untuk memindahkan gerakan atau putaran antaraporos yang berpotongan. Walaupun roda-roda gigi kerucut biasanya dibuat untuk sudut poros 90
, roda-roda gigi ini biasanya untuk semua ukuran sudut.
Gambar 2.3 Roda gigi payung
2.2.4
 
Roda gigi cacing
(Worm gear)
 
Roda gigi cacing dipakai untuk memindahkan putaran antara poros yangtegak lurus bersilang. Susunan roda gigi cacing biasanya mempunyai penutuptunggal atau ganda, suatu susuna roda gigi berpenutup tunggal adalah sesuatudimana roda gigi dibungkus penuh atau sebagian oleh gigi cacing, sebuah roda gigi

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Rury Ace liked this
Xer AH liked this
Wahyu Candra liked this
Eko Pribadi liked this
Purwa Nasution liked this
Muhammad Furqan liked this
Fadlan Skanda liked this
Muhammad Afandi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->