Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pemasaran Abad 21

Pemasaran Abad 21

Ratings: (0)|Views: 304|Likes:
Published by Nichlany Atmaja S

More info:

Published by: Nichlany Atmaja S on Sep 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
MODUL 1MANAJEMEN PEMASARAN
MENDEFINISIKAN PEMASARAN PADA ABAD 21
DISUSUN OLEHMUSLIMAH MATTJIK, SEEdit terakhir :
04/27/2008 10:28:55
Muslimah Mattjik: Manajemen Pemasaran
1
/
12
 
PENTINGNYA PEMASARAN
Kesuksesan finansial sering tergantung pada kemampuan pemasaran. Bagian keuangan,operasi, akuntansi, dan lainnya tidak akan berarti jika tidak ada permintaan yang cukupterhadap produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan, sehingga dapat memberikankeuntungan bagi perusahaan. Tapi, membuat keputusan pemasaran tidaklah mudah.Manajer pemasaran harus membuat keputusan seperti : fitur apa yang terdapat padaproduk baru, berapa harga yang bisa ditawarkan ke konsumen, di mana harus menjualproduk, dan berapa banyak biaya iklan. Perusahaan mempunyai resiko yang tinggi jikatidak memonitor konsumen dan pesaing mereka, dan jika tidak meningkatkan nilai/kualitastawaran mereka.
RUANG LINGKUP PEMASARAN
 Apa itu Pemasaran ?Marketing berhubungan dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan. Definisitersingkat dari marketing adalah “memenuhi kebutuhan dengan mendapatkan laba(
meeting needs profitably)”.
Menurut The American Marketing Association, marketing adalah : suatu fungsi organisasidan suatu rangkaian proses penciptaan, pengkomunikasian, dan penyampaian nilai kepadakonsumen, dan membina hubungan dengan konsumen dengan cara yang dapatmemberikan manfaat kepada organisasi dan pihak-pihak yang terkait.Manajemen Pemasaran adalah seni dan ilmu pengetahuan tentang pemilihan pasar sasaran, serta mendapatkan, memelihara dan meningkatkan konsumen melaluipenciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai yang superior kepada konsumen.Kita juga dapat membedakan definisi pemasaran menurut sosial dan manajerial, yaitu :
Secara sosial : Pemasaran adalah proses sosial yang dengan proses itu individudan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan denganmenciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dn jasayang bernilai dengan pihak lain.
Secara manajerial : Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaanpemikiran, penetapan harga, promosi, dan penyaluran gagasan, barang dan jasauntuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi.Pertukaran (exchange) dan transaksiExchange, yang merupakan konsep inti dari pemasaran, adalah proses mendapatkan
Muslimah Mattjik: Manajemen Pemasaran
2
/
12
 
produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.Penanganan proses pertukaran supaya berhasil menuntut banyak pekerjaan danketrampilan. Manajemen pemasaran terjadi ketika sekurang-kurangnya satu pihak calonpelaku pertukaran berfikir tentang sarana-sarana untuk memperoleh tanggapan yangdiinginkan pihak lain.Dua pihak terlibat dalam pertukaran jika mereka bernegoisasi. Jika kesepakatan tercapai,maka terjadilah transaksi. Transaksi adalah perdagangan antara dua pihak atau lebih. Apa yang dipasarkan?10 jenis entitas yang bisa dipasarkan adalah :
Barang: yaitu barang berupa fisik
Jasa
Event: yaitu momen-momen acara tertentu.
Pengalaman: yaitu menawarkan suatu pengalaman yang berkesan. MisalnyaDunia Fantasi.
Orang: misalnya selebriti.
Tempat: misalnya pulau Bali.
Properti: yaitu hak kepemilikan baik real property (real estate) atau financialproperty ( saham dan obligasi).
Organisasi: misalnya universitas, museum, atau organisasi seni
Informasi
Ide-idePasar Pemasar adalah orang yang mencari respon (berupa perhatian, pembelian, suara, atausumbangan) dari pihak lain yang disebut prospek.Secara tradisional, pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Tetapi pemasar menyebut pasar sebagai kumpulan pembeli, dan industri sebagai kumpulan penjual.
Muslimah Mattjik: Manajemen Pemasaran
3
/
12

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->