Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
nyeri kepala.doc

nyeri kepala.doc

Ratings: (0)|Views: 59 |Likes:
Published by Aswin Bahar

More info:

Published by: Aswin Bahar on Sep 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2013

pdf

text

original

 
Sakit kepala migrain, sakit kepala kelelahan kronis, sakit kepala stres, dan sakit kepalaketegangan.Untuk jenis sakit kepala ini, obat bebas pilihannya adalah aspirin, acetaminophen,ibuprofen atau natrium naproxen. Kombinasi produk dengan kafein dapatmeningkatkan aksi analgesik.
(2)
CHRONIC TENSION-TYPE HEADACHE
Filed under:med papers, Neuro  — ningrum @ 5:37 am Tags:neurologi
PENDAHULUAN
Sakit kepala terdiri dari berbagai macam dan jenis. Selama beberapa dekade terakhir ini berbagai jenis sakit kepala mampu menempatkan banyak orang Amerika jatuh, baik secara aspek mental maupun fisik. Mereka menemukan pekerjaan mereka menjadiekstra keras dan ekstra perhatian. Sakit kepala migrain, sakit kepala kelelahan kronis,sakit kepala stres, dan sakit kepala ketegangan adalah beberapa jenis sakit kepala.
(1)
Jenis sakit kepala terutama dapat dikategorikan dalam dua jenis. Kedua jenis itu adalahsakit kepala yang disebabkan oleh beberapa faktor lain dan sakit kepala yang bukandisebabkan oleh faktor lain, tetapi oleh sakit kepala itu sendiri. Jenis pertama dari sakitkepala berarti bahwa ada beberapa alasan lain yang menyebabkan terjadinya sakitkepala. Jika sakit kepala sering terjadi ada kemungkinan dikarenakan beberapa penyakit. Sakit kepala sinus jatuh dalam jenis ini. Beberapa faktor lain akan menjadisakit kepala yang disebabkan oleh beberapa pukulan di kepala atau goresan di kepalayang akan menyebabkan beberapa kuman masuk.
(1)
Jenis kedua sakit kepala diperhitungkan sebagai sakit kepala yang disebabkan oleh sakitkepala itu sendiri. Migrain jatuh kedalam sakit kepala jenis ini.
(1)
Beberapa pembagian jenis sakit kepala dapat digarisbawahi, yang semuanya akan jatuhkedalam dua kategori utama. Diantara sakit kepala ini sakit kepala kronis dianggapsebagai yang paling bermasalah. Sakit kepala kronis ini akan membawa rasa sakitkepala setiap hari dan terkadang beberapa kali per hari. Banyak orang setelah melaluidiagnosa sakit kepala yang memiliki efek penyebab akan menemukan kemudahandengan pelepasan secara bertahap rasa sakit itu. Tapi untuk beberapa jenis sakit kepalaseperti migrain, diagnosis masih tidak ada secara tepat. Hal ini disebabkan tidak tersedianya dokter dan ilmuwan untuk memberikan hasil pengujian yang valid untuk menentukan setiap situasi medis dari hal tersebut.
(1)
TENSION TYPE HEADACHE
Sakit kepala tipe-ketegangan adalah sakit kepala spesifik, yang bukan vaskular ataumigrain, dan tidak berkaitan dengan penyakit organik. Bentuk yang paling umum padasakit kepala, yang mungkin terkait dengan pengetatan otot di bagian belakang leher dan/atau kulit kepala. Ada dua klasifikasi umum, sakit kepala tipe-ketegangan: episodik 
 
dan kronis, dibedakan oleh frekuensi dan keparahan gejala. Keduanya dicirikan sebagaisakit dan nyeri tak berdenyut tumpul, dan mempengaruhi kedua sisi kepala.
(2)
Gejala untuk kedua jenis adalah serupa dan mungkin mencakup:
(2)
v Otot antara kepala dan leher berkontraksiv Sebuah sensasi seperti ikatan-pita di sekitar leher dan/atau kepala yang merupakannyeri “viselike”v Nyeri terutama terjadi di dahi, pelipis atau bagian belakang kepala dan/atau leher 
DEFINISI
Sakit kepala
tension-type
biasanya digambarkan sebagai sebuah sakit kepala tekananseperti terikat tanpa gejala yang terkait.
 Internasional  Headache Society
(IHS) mendefinisikan sebagai sesuatu yang bilateral dan memilikikualitas tekanan atau pengetatan dengan keparahan ringan sampai sedang.Bagaimanapun, lebih penting daripada kualitas spesifik sakit kepala, adalah bahwa haltersebut tidak disertai dengan gejala-gejala yang terkait. Tidak seperti migrain, sakitkepala
tension-type
tidak diperparah oleh aktivitas fisik, dan tidak pula terkait denganmuntah. Sensitivitas baik terhadap cahaya atau suara mungkin ada, tapi tidak kedua-duanya. Sakit kepala
tension-type
dapat episodik atau kronis.
(4,5,6)
 Episodik 
Sakit kepala
tension-type
episodik terjadi secara acak dan biasanya dipicu oleh stressementara, kegelisahan, kelelahan atau kemarahan. Jenis ini adalah apa yang paling kitaanggap sebagai “sakit kepala stres”. Sakitnya dapat hilang dengan penggunaananalgesik bebas, menjauhi sumber stres atau waktu yang relatif singkat untuk relaksasi.
(2)
Untuk jenis sakit kepala ini, obat bebas pilihannya adalah aspirin, acetaminophen,ibuprofen atau natrium naproxen. Kombinasi produk dengan kafein dapatmeningkatkan aksi analgesik.
(2)
 Kronis
Sakit kepala
tension-type
kronik menurut definisi terjadi setidaknya 15 hari setiap bulanselama setidaknya 6 bulan, meskipun dalam praktek klinis biasanya terjadi setiap hariatau hampir setiap hari. Meskipun sakit kepala ini tidak disertai dengan gejala-gejala, pasien dengan sakit kepala
tension-type
kronis sering memiliki keluhan somatik lainnya. Misalnya, pada sakit kepala
tension-type
kronis, namun bukan sakit kepala
tension-type
episodik, pasien mungkin mengalami mual. Mereka juga sering konstanmelaporan sakit kepala, mialgia generalisata dan artralgia, kesulitan tidur dan tetapterjaga, kelelahan kronis, sangat membutuhkan karbohidrat, penurunan libido, lekasmarah, dan gangguan memori dan konsentrasi. Oleh karena itu, gangguan ini miripdengan depresi; namun, pada sakit kepala
tension-type
kronik,
anhedonia
tidak muncul,gangguan
mood 
kurang diperhatikan atau bahkan mungkin absen, dan gejala utama
 
adalah sakit kepala nyeri. Hal ini juga mirip fibromialgia, nyeri miofasial generalisatadan gangguan tidur.
(4)
GEJALA
Tanda dan gejala sakit kepala
tension
meliputi:
(3,5,6)
v Nyeri kepala tumpulv Sensasi rasa sesak atau tekanan di dahi atau di samping dan belakang kepalav Perih pada kulit kepala, leher dan otot bahuv Sesekali, kehilangan nafsu makanSakit kepala ketegangan bisa dialami dari 30 menit hingga satu minggu. Sakit kepalamungkin hanya dialami kadang-kadang, atau hampir setiap saat. Jika sakit kepalaterjadi 15 hari atau lebih dalam sebulan untuk paling tidak tiga bulan, maka dianggapkronis. Jika sakit kepala yang terjadi kurang dari 15 kali dalam sebulan, sakit kepaladianggap episodik. Namun, orang dengan sakit kepala episodik sering berada padarisiko yang lebih tinggi menjadi sakit kepala kronis.
(3)
Sakit kepala biasanya digambarkan sebagai intensitas ringan sampai sedang. Tingkatkeparahan nyeri bervariasi dari satu orang ke orang lain, dan dari satu sakit kepala kesakit kepala lainnya pada orang yang sama.
(3)
Sakit kepala ketegangan kadang-kadang sulit dibedakan dari migrain, tetapi tidak seperti beberapa bentuk migrain, sakit kepala ketegangan biasanya tidak terkait dengangangguan visual (bintik buta atau cahaya lampu), mual, muntah, sakit perut, lemah ataumati rasa pada satu sisi tubuh, atau berbicara melantur. Dan, sementara aktivitas fisik  biasanya memperparah nyeri migrain, hal itu tidak membuat sakit kepala ketegangan bertambah parah. Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya atau suara dapat terjadidengan sakit kepala ketegangan, namun ini bukan gejala umum.
(3)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->