Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kebudayaan Zaman Logam

Kebudayaan Zaman Logam

Ratings: (0)|Views: 240 |Likes:
Published by Fitry Chumb Chumb
annyeong haseyoooo *sok korea nihh,,:D

hollaaa,, yg lg butuh buat tugas IPS ttg zaman logaam,,, pastinya bisa copy punya ku ,,, :D

silahkan yhaa di baca, jgn lupa like +add nd follow lohhh ,,,

@v3_chuiichuamb
annyeong haseyoooo *sok korea nihh,,:D

hollaaa,, yg lg butuh buat tugas IPS ttg zaman logaam,,, pastinya bisa copy punya ku ,,, :D

silahkan yhaa di baca, jgn lupa like +add nd follow lohhh ,,,

@v3_chuiichuamb

More info:

Published by: Fitry Chumb Chumb on Sep 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/13/2014

pdf

text

original

 
Kebudayaan Zaman Logam
 Dengan berkembangnya tingkat berpikir manusia, maka manusia tidak hanya menggunakanbahan-bahan dari batu untuk membuat alat-alat kehidupannya, tetapi juga mempergunakan bahandari logam yaitu perunggu dan besi untuk membuat alat-alat yang diperlukan.Seperti yang pernah Anda pelajari pada modul 1 kegiatan belajar 3 bahwa dengan adanyamigrasi bangsa Deutro Melayu/Melayu muda ke Indonesia maka masyarakat prasejarahIndonesia mengenal logam perunggu dan besi secara bersamaan.Berdasarkan penjelasan di atas, maka kebudayaan logam yang dikenal di Indonesia berasal dariDongson, nama kota kuno di Tonkin yang menjadi pusat kebudayaan perunggu di Asia Tenggara.Karena itu kebudayaan perunggu di Indonesia disebut juga dengan Kebudayaan Dongson(Vietnam).Munculnya kepandaian mempergunakan bahan logam, tentu dikuti dengan kemahiran teknologiyang disebut perundagian, karena logam tidak dapat dipukul-pukul atau dipecah seperti batuuntuk mendapatkan alat yang dikehendaki, melainkan harus dilebur terlebih dahulu barukemudian dicetak.Teknik pembuatan alat-alat perunggu pada zaman prasejarah terdiri dari 2 cara yaitu:1.
 
Teknik a cire perdue atau cetakan lilin, caranya adalah membuat bentuk benda yangdikehendaki dengan lilin, setelah membuat model dari lilin maka ditutup denganmenggunakan tanah, dan dibuat lubang dari atas dan bawah. Setelah itu dibakar, sehinggalilin yang terbungkus dengan tanah akan mencair, dan keluar melalui lubang bagianbawah. Untuk selanjutnya melalui lubang bagian atas dimasukkan cairan perunggu, danapabila sudah dingin, cetakan tersebut dipecah sehingga keluarlah benda yangdikehendaki.2.
 
Teknik bivalve atau setangkap, caranya yaitu menggunakan cetakan yang ditangkupkandan dapat dibuka, sehingga setelah dingin cetakan tersebut dapat dibuka, maka keluarlahbenda yang dikehendaki. Cetakan tersebut terbuat dari batu ataupun kayu.Dari penjelasan di atas, diskusikanlah bersama teman-teman Anda untuk menentukan diantara 2teknik tersebut yang lain lebih efektif dan efisien, dan kemukakan alasannya.Untuk selanjutnya hasil terpenting kebudayaan logam/perunggu di Indonesia akan disajikan padauraian materi berikut ini.
a.
 
Kapak Corong
 Pada dasarnya bentuk bagian tajamnya kapak corong tidak jauh berbeda dengan kapak batu,hanya bagian tangkainya yang berbentuk corong. Corong tersebut dipakai untuk tempattangkai kayu .Kapak corong disebut juga kapak sepatu, karena seolah-olah kapak disamakan dengan sepatudan tangkai kayunya disamakan dengan kaki.
 
Untuk lebih memahami bentuk kapak corong, silahkan Anda amati gambar 11 berikut ini.
Gambar 11.
Kapak Corong.
 Setelah Anda meng-amati gambar 11 , apakah sebelumnya Anda pernah melihat bentuk kapak corong di lingkungan rumah sekitar Anda?Pada dasarnya bentuk kapak corong sangat beragam jenisnya, salah satunya ada yang panjangsatu sisinya yang disebut dengan candrosa yang bentuknya sangat indah dan dilengkapidengan hiasan.Untuk mengetahui bentuk candrasa, silahkan Anda amati gambar 12 berikut ini.
Gambar 12.
 Berbagai bentuk Candrasa
 Setelah Anda mengamati gambar 12, apa yang terlintas dalam pikiran Anda tentang fungsidari kapak candrosa tersebut?Kalau dilihat dari bentuknya, tentu candrosa tidak berfungsi sebagai alatpertanian/pertukangan tetapi fungsinya diduga sebagai tAnda kebesaran kepala suku dan alatupacara keagamaan. Hal ini karena bentuknya yang indah dan penuh dengan hiasan.
 
Daerah penyebaran kapak corong di Indonesia adalah Sumatra Selatan, Jawa, Bali, SulawesiTengah dan Sulawesi Selatan, pulau Selayar serta Irian dekat Danau Sentani.Setelah uraian materi tentang kapak corong maka untuk mengukur tingkatpemahaman Anda, jawablah pertanyan-pertanyaan di bawah ini.1. Nama lain dari kapak corong adalah ....2. Kapak corong yang salah satu sisinya berukuan panjang disebut dengan ....3. Teknik pembuatan kapak corong adalah ....4. Fungsi dari kapak corong adalah (a) ...; (b) ....5. Fungsi dari candrosa adalah (a) ...; (b) ....Seyogyanya Anda tidak melihat terlebih dahulu kunci jawabannya, agar tingkat pemahamanAnda terukur! Setelah Anda menuliskan jawabannya, maka cocokkan jawaban yang Andatulis dengan kunci jawaban berikut ini.1.
 
Kapak Sepatu2.
 
Candrosa3.
 
Cire perdue4.
 
a. Alat pertanianb. Alat membelah kayu5.
 
a. Tanda kebesaran kepala sukub. Alat upacaraSudah puaskah Anda dengan jawaban Anda sendiri? Kalau Anda sudah puas, maka berartiAnda sudah paham dengan uraian materi tersebut. Untuk itu pelajari kembali uraian materiberikutnya.
b.
 
Nekara
 Nekara dapat juga disebut Genderang Nobat atau Genderang Ketel, karena bentuknyasemacam berumbung, yang terbuat dari perunggu yang berpinggang dibagian tengahnya, dansisi atasnya tertutup. Bagi masyarakat prasejarah, nekara dianggap sesuatu yang suci. Daripernyataan tersebut, tentunya Anda bertanya mengapa nekara dianggap suci?Di daerah asalnya Dongson, pemilikan nekara merupakan simbol status, sehingga apabilapemilikya meninggal, maka dibuatlah nekara tiruan yang kecil yang dipakai sebagai bekalkubur.Sedangkan di Indonesia nekara hanya dipergunakan waktu upacara-upacara saja antara lainditabuh untuk memanggil arwah/roh nenek moyang, dipakai sebagai genderang perang dandipakai sebagai alat memanggil hujan.Daerah penemuan Nekara di Indonesia antara lain, pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali,Pulau Sumbawa, Pulau Sangean, Pulau Roti dan pulau Kei serta pulau Selayar.Di antara nekara-nekara yang ditemukan di Indonesia, biasanya beraneka ragam sehinggamelalui hiasan-hiasan tersebut dapat diketahui gambaran kehidupan dan kebudayaan yang

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Noor Bagus liked this
Ahmat'z Sky liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->