Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Biologi - Pengaruh Jenis Serbuk Kayu terhadap Pertumbuhan Jamur Tiram

Laporan Biologi - Pengaruh Jenis Serbuk Kayu terhadap Pertumbuhan Jamur Tiram

Ratings: (0)|Views: 1,218|Likes:

More info:

Published by: Agatha Purenda Shafirra on Sep 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Jamur Tiram putih (Pleuratus florida) merupakan salah satu jenis jamur yang saat ini menjadialternatif pilihan sebagai makanan sehat yang layak dikonsumsi. Spesies jamur tiram, Pleurotusostreatus selain dapat dikonsumsi juga bernilai ekonomi tinggi. Selain itu masih banyak species jamur tiram lainnya dari Genus Pleurotus yang telah dibudidayakan antara lain Pleurotus umbellatus, P.flabellatus, P. dryngeus, P. sajor caju, P. iringii, P. abalonus. Jamur tiram yang banyak dikenal oleh petani jamur secara umum antara lain : Tiram putih (Pleurotus ostreatus), jenis ini memiliki tangkai bercabang. Disebut jamur tiram putih karena jamur ini memang berwarna putih, tudungnya bulat 3-15cm. Tiram abu-abu (Pleurotus cystidius), jenis jamur ini tangkainya tidak bercabang, tudung bulatdengan diameter lebih kecil dibandingkan dengan tiram putih. Tiram abu-abu keunggulannyamempunyai rasa manis. Tiram raja (Pleurotus umbellatus), atau King oyster tidak bercabang, tudung besar berwarna kecoklat-coklatan dan pecah-pecah bagian pinggirnya. Disamping rasanya yang lezat- bahkan mirip dengan daging ayam - juga memiliki kandungan gizi yang cukup bermanfaat,sehingga saat ini sudah menjadi pilihan bagi masyarakat sebagai makanan yang layak dikonsumsi.Hal tersebut menjadikan permintaan pasar akan jamur tiram semakin meningkat, bukan hanya daridalam negeri tetapi juga permintaan dari luar negeri yang masih sangat besar peluangnya.Selain itu, keunggulan lainnya, cara budidaya mudah dan dapat dilakukan sepanjang tahundan tidak memerlukan lahan yang luas. Jamur tiram cukup toleran terhadap lingkungan dan dapatdijadikan sebagai pekerjaan pokok maupun pekerjaan sampingan. Diversifikasi produk jamur tiramcukup banyak dapat bentuk segar, kering, kaleng, serta diolah menjadi keripik, pepes, tumis, dannugget.
1.2Tujuan Penelitian
a.Memenuhi tugas biologi untuk melakukan penelitian, demi mendapatkan nilai. b.Mengetahui pengaruh jenis-jenis serbuk kayu yang berbeda pada pertumbuhan jamur tiram.
c.
Mengetahui lama pertumbuhan jamur tiram karena perbedaan serbuk kayu.
1.3
Rumusan Masalah
Laporan Biologi Kelas X-1 - Kelompok 7 1
 
a.
Apakah perbedaan penggunaan serbuk kayu yang berbeda berpengaruh terhadap lama tidaknya pertumbuhan jamur tiram (Pleurotus ostreatus)?
b.
Apakah jenis serbuk kayu yang berbeda berpengaruh pada pertumbuhan jamur ?
1.4Hipotesis
Pengaruh jenis serbuk kayu sengon berpengaruh pada pertumbuhan jamur tiram.
 
BAB II
Laporan Biologi Kelas X-1 - Kelompok 7 2
 
KAJIAN TEORITIK 
2.1 Pertumbuhan pada tumbuhan
0
Pertumbuhan : adalah proses pertambahan ukuran sel dan berat yang bersifatirreversibleTerdapat dua macam pertumbuhan :1. Pertumbuhan primer yaitu pembelahan sel-sel meristem primer seperti pada embrio,akar, dan batang.2. Pertumbuhan sekunder yaitu pertambahan ukuran diameter batang dan akar (biasanya pada tumbuhan dikotil).Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan :1.Faktor Internal :
Gen
Hormon : Auksin, Sitokinin, Giberelin, Traumalin, Absisat, Kalin, dan Gas Etilen2.Faktor Eksternal :
Cahaya
Suhu
Air 
 Nutrien : zat hara tanah dan pupuk 
Kelembapan
2.2 Jamur Tiram
Kingdom : Fungi
Filum: Basidiomycota
Ordo : Agaricales
Family :Tricholomataceae
Genus: Pleurotus
Spesies : Pleurotus OstreatusJamur tiram (
 Plurotus Ostreatus
) adalah salah satu jamur kayu. Jamur tiram biasa disebut jamur kayu karena banyak tumbuh pada media kayu yang sudah lapuk.
 Pleurotus spp.
disebut jamur tiram karena bentuk tudungnya agak membulat, lonjong, dan melengkung seperti cangkangtiram. Jamur tiram adalah salah satu jamur yang enak dimakan serta mempunyai kandungan giziyang cukup tinggi dibanding jamur lain.
Laporan Biologi Kelas X-1 - Kelompok 7 3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Neo Nj liked this
Ramon Gibran liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->