Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pedoman PI FE

Pedoman PI FE

Ratings: (0)|Views: 32 |Likes:
Published by Red Belt

More info:

Published by: Red Belt on Sep 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

 
PETUNJUK PENULISAN ILMIAH
Fakultas Ekonomi
Penulisan Ilmiah
merupakan karya tulis yang disusun oleh seorangmahasiswa yang telah menyelesaikan kurang lebih 100 sks dengan dibimbingoleh Dosen Pembimbing sebagai salah satu persyaratan untuk mencapai gelar Setara Sarjana Muda.
TUJUAN
Tujuan dalam Penulisan Ilmiah adalah melatih mahasiswa agar dapat berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas suatu permasalahanserta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur.
ISI DAN MATERI
Isi dari Penulisan Ilmiah diharapkan memenuhi aspek-aspek di bawah ini :1.Relevan dengan jurusan dari mahasiswa yang bersangkutan.2.Mempunyai pokok permasalahan yang jelas.3.Masalah dibatasi
STRUKTUR PENULISAN ILMIAH
Susunan struktur Penulisan Ilmiah adalah sebagai berikut :1.Bagian Awal2.Bagian Pokok :a.Bab Pendahuluanb.Bab Landasan Teoric.Bab Pembahasand.Bab Penutup3. Bagian akhir 
A.Bagian Awal
Bagian Awal, terdiri atas :-Halaman JudulDitulis sesuai dengan cover depan standar Penulisan Ilmiah UniversitasGunadarma.-Lembar PengesahanDituliskan Judul PI, Nama, NPM, Tanggal Sidang, Tanggal Lulus, dan tandatangan pembimbing, koordinator PI, serta Ketua Jurusan.-AbstraksiBerisi ringkasan dari penulisan. Maksimal 1 halaman.-Kata PengantaBerisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalampelaksanaan penelitian dan penulisan ilmiah (a.l. Rektor, Dekan, KetuaJurusan, Pembimbing, Perusahaan).
Petunjuk Penulisan Ilmiah
1
FE Gunadarma 2005
 
- Daftar isi-Daftar Tabel
-Daftar Gamba
Kalau ada-Daftar Lampiran
B.Bagian PokokBab I : PENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Bagian ini berisikan uraian/penjelasan yang berkaitan dengan fenomena-fenomena atau alasan-alasan yang mendasari mahasiswa/peneliti memilihatau tertarik untuk meneliti tema yang ditulis.
1.2.Rumusan dan Batasan Masalah
 Atas dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, padabagian ini mahasiswa/peneliti mulai mengidentifikasi, membatasi danselanjutnya merumuskan masalah yang hendak diteliti. Setelah rumusanmasalah ada, mahasiswa/peneliti dapat menterjemahkan rumusan masalahtersebut dalam bentuk kalimat pertanyaan penelitian.
1.3.Tujuan Penelitian
Bagian berisi tujuan penelitian yang hendak dicapai, dan hal ini seharusnyamengacu kepada rumusan dan pertanyaan penelitian yang telah dibuatsebelumnya.
1.4.Manfaat penelitian
Sedikit berbeda dengan tujuan penelitian, sub bab manfaat penelitianberisikan manfaat penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian yang akandilakukan mahasiswa/peneliti tersebut.
1.5.Metode Penelitian
Bagian berisikan tentang bagaimana secara ilmiah, penelitian akan dilakukan.Poin-poin penting dalam bagian ini adalah :1.5.1.Objek penelitian1.5.2.Data / Variabel1.5.3.Metode pengumpulan data / variabel1.5.4.Hipotesis1.5.5.Alat analisis yang digunakan,
1.6.Agenda Penelitian
Bagian ini hanya ada selama mahasiswa/peneliti masih dalam tahappengajuan UP (usulan penelitian), dan dihilangkan dalam penulisan format PIselanjutnya.
Bab II : LANDASAN TEORI
Petunjuk Penulisan Ilmiah
FE Gunadarma 2005
 
2.1. Kerangka Teori
Bagian ini berisikan berbagai pengertian dan pemahaman mengenai teoriyang benar-benar relevan dengan topik dan variabel.
2.2. Kajian Penelitian Sejenis
Bagian ini berisikan kajian mahasiswa/peneliti terhadap hasil-hasil penelitiansejenis atau penelitian yang memiliki kesamaan topik atau variabel dengantopik atau variabel yang sedang dan akan diteliti oleh mahasiswa/peneliti.
2.3. Alat Analisis
Bagian berisi penjelasan rinci (rumus, formulasi, langkah-langkahperhitungan, dsb.) mengenai berbagai alat analisis deskriptif dan kuantitatif yang akan digunakan dalam analisis masalah/pembahasan.
Bab III : METODE PENELITIAN ( lihat sub-bab 1.5. dalam Bab I )
3.1.Objek Penelitian3.2.Data / Variabel Yang Digunakan3.3.Metode Pengumpulan Data3.4.Hipotesis3.5.Alat Analisis Yang DingunakanBab III ini dibuat untuk memberikan ruang yang lebih luas lagi bagimahasiswa/peneliti dalam menguraikan dan menjelaskan metode penelitianyang akan digunakan, sementara keberadaan sub-bab 1.5. terlalu ringkas,khususnya untuk materi-matari penelitian dengan menggunakan data primer dan melakukan survei.
Bab IV : PEMBAHASAN4.1. Data dan Profile Objek Penelitian
Bagian berisikan Data dan Profile singkat objek penelitian
4.2. Hasil Penelitian dan Analisis/Pembahasan
Dalam bagian ini, mahasiswa/peneliti mulai menyajikan data dan hasilpenelitian dan mulai menganalisis secara deskriptif ( dengan tabel, grafik,flow, dan sejenisnya) serta mengkombinasikannya dengan analisis kuantitatif yang telah disebutkan dibagian sub-bab 1.5.5.
4.3. Rangkuman Hasil Penelitian
Berbeda dengan kesimpulan, bagian ini berisi rangkuman hasil penelitian,yang umumnya dapat disajikan dalam tabel ringkasan hasil.
Bab V : PENUTUP5.1. Kesimpulan
Petunjuk Penulisan Ilmiah
3
FE Gunadarma 2005

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->