Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Agama (Transplantasi)

Makalah Agama (Transplantasi)

Ratings: (0)|Views: 862 |Likes:
Published by rcwarnet

More info:

Published by: rcwarnet on Sep 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Teknologi makin berkembang seiring dengan berkembangnya ilmupengetahuan. Akhir-akhir ini teknologi kedokteran modern mampumelakukan transplantasi organ. Secara faktual, hal ini sangat membantupihak-pihak yang menderita sakit bisa sembuh kembali dengan penggantianorgannya yang sakit diganti dengan organ manusia yang sehat. Namun dalampelaksanaannya banyak kendala-kendala yang dihadapi. Maka dalammakalah ini kami akan berusaha mengupas tentang permasalahantransplantasi organ. Tentunya makalan ini banyak sekali kekurangan-kekurangan, maka kami menerima masukan dari pembaca.
B.
 
Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk lebih mengenal apa yang dimaksud denganTRANSPLANTASI dan mahasiswa diharapkan mampu untuk lebih mendalamitentang matei transplantasi dan juga diharpkan agar terbentuk kerjasamayang baik antar mahasiswa.
C.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa yang dimaksud dengan TRANSPLANTASI?2.
 
Bagaimana TRANSPLANTASI menurut pandangan islam?3.
 
Adakah bagian-bagian organ yang halal dan haram apabila dilakukan?4.
 
Kalainan apa yang mungkin bisa terjadi?
 
2
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian
Transplantasi adalah pengganyian organ atau jaringan tubuh yangfungsinya sudah tidak dapat dipertahankan lagi dengan organ atau jaringansehat yang berasal dari organ lain atau tubuh sendiri (Nugroho, 1991).Transplantasi adalah memindahan organ tubuh dari orang sehat atau mayatyang organ tubuhnya mempunyai daya hidup dan sehat kepada tubuh oranglain yang memiliki organ tubuh yang tidak berfungsi lagi sehingga resipien(penerima organ tubuh)Dapat bertahan hidup secara sehat, tanpa ada suatu gangguan akibat dariproses transplantasi tersebut.
B.
 
Permasalahan
Dari segi hukum, permasalahan yang timbul adalah diperlukannyaperangkat hukum yang mengatur prisedur untuk menjadi donor. Poseduroperasi, perlindungan hukum bagi pelaksa operasi dan masalah jual beliorgan. Dari segi hukum pemerintahan telah membuat peraturanya no. 18tahun 1981 tentang bedah mayat klinis, bedah mayat anotomis sertatransplantasi organ alat atau jaringan tubuh manusia. Dari segi agamapermasalahanya yang timbul adalah belum adanya kesepakatan diantarapara ahli hukum kristen dalam masalah transplantasi organ ini.
C.
 
Pembagian Transplantasi
1.
 
Dari organ hidup, kepada orang hidup yang mengalami gangguan padaorgan tubuh.Yang dimaksud disini adalah donor organ tubuh bagi siapa saja yangmemerlukan pada saat si donir masih hidup. Donor semacam inihukumnya boleh. Adanya hak milik organ tersebut terhadap organ-organtubuhnya berarti telah memberinya hak untuk memanfaatkan organ-organ tersebut, yang berarti ada kemudahan menyumbangkan organtubuhnya kepada orang lain yang membutuhkan organ tersebut dan adasuatu kesepakatan diantara keduea belah pihak yang bersangutan.
 
3
2.
 
Dari orang meninggal dunia , kepada orang hidup yang mengalamigangguan pada organ tubuh.Yang dimaksud disini adalah donor anggota tubuh dari orang yangsudah meninggal kepada orang yang masih hidup yang membutuhkanorgan tubuh. Hal ini menurut agama kristen diperbolrhkan apabila adakesepakatan antara keluarga dari penyumbang organ tubuh yang sudahmeniunggal kepada orang yang masih hidup dn membutuhkan organtubuh tersebut.
D.
 
Transplantasi Organ dan Jaringan tubuh
1.
 
DefinisiTransplantasi organ dan jaringan tubuh merupakan tindakan medikyang sangat bermanfaat bagi pasien dengan gangguan fungsi organ tubuhyang berat. Proses ini adalah terapi pengganti (alternatif) yang merupakanupaya terbaik untuk menolong pasien dengan kegagalan organnya, karenahasilnya lebih memuaskan dibandingkan dan hingga dewasa ini terusberkembang dalam dunia kedokteran, namun tindakan medik ini tidakdapat dilakukan begitu saja, karena masih harus dipertimbangkan dari seginon medik, yaitu dari segi agama, hukum, budaya, etika, dan moral.Kendala lain yang dihadapi indonesia dewasa ini dalam menetapkan terapitransplantasi atau terbatasnya jumlah donor keluarga.(Living RelatedDonor) dan donasi organ jenazah. Karena itu diperlukan kerjasama yangsaling mendukung antara para pakar terekait(hulu, kedokteran, sosiologi,pemuka agama, pemerintah dan swasta)
E.
 
Jenis-jenis Transplantasi
Beberapa jenis transplantasi/pencangkokan, baik berupa sel, jaringanmaupun organ tubuh sebagai berikut:1.
 
Transplantasi AutologusAdalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dalam tubuhitu sendiri.2.
 
Transplantasi AutogenikAdalah perpindahan dari satu tubuh ke tubuh yang lain yang samaspesiesnya.3.
 
Transplantasi Singenik

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->