Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tonsilitis Kronis Martha Chrismayana

Tonsilitis Kronis Martha Chrismayana

Ratings: (0)|Views: 488|Likes:

More info:

Published by: Nyoman Martha Chrismayana on Sep 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/01/2012

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN
Indonesia merupakan negara berkembang yang meiliki iklim tropis, Daerah yang panasdan memiliki kelembaban yang tinggi merupakan tempat yang sangat cocok untuk  perkembangan bakteri, jamur, dan virus. Hal ini lah yang menyebabkan tingginya insiden penyakit infeksi di Indonesi.
1k 
Keluhan seperti nyeri tenggorokan, infeksi saluran pernapasan bagian atas yang sering disertai dengan masalah pada telinga, adalah jumlahterbesar dari pasien yang datang berkunjung ke fasilitas pelayanan kesehatan
 
keluhan ini paling sering dialami oleh anak-anak.
2
Saluran pernafasan atas memiliki sistem pertahanan lokal berupa jaringan limfoidyang tersusun menjadi Cincin Waldeyer. Jaringan limfoid pada Cincin Waldeyer berperan penting pada awal kehidupan, yaitu sebagai daya pertahanan lokal yang setiap saat berhubungan dengan agen dari luar (makan, minum, bernafas), dan sebagai surveilenimun. Fungsi ini didukung secara anatomis dimana di daerah faring merupakan tikungan jalannya material yang melewatinya disamping itu bentuknya yang tidak datar, sehinggaterjadi turbulensi udara pernapasan. Dengan demikian kesempatan kontak berbagai agenyang ikut dalam proses fisiologis tersebut pada permukaan penyusun Cincin Waldeyer itusemakin besar.
3
Seperti halnya jaringan limfoid lain, jaringan limfoid pada cincin Waldeyer menjadi hipertrofi pada masa kanak-kanak. Pada umur 5 tahun, anak mulai sekolah danmenjadi lebih terbuka kesempatan untuk mendapat infeksi dari anak yang lain. Lokasitonsil pada saluran pernapasan dan pencernaan menyebabkan ia sering terkena infeksiatau menjadi fokal infeksi, serta bisa juga membesar dan mengganggu proses menelandan atau pernapasan
4
, sehingga tonsilitis kronis tanpa diragukan merupakan penyakit yang paling sering dari semua penyakit tenggorokan yang berulang.
5
Radang kronis yang terjadi pada tonsil ini dapat menimbulkan komplikasi-komplikasi baik komplikasi ke daerah sekitar atau pun komplikasi jauh. Pengobatan yangdapat dilakukan terhadap infeksi ini adalah terapi medikamentosa untuk menghilangkansimptom dan mengeradikasi etiolog dari infeksi ini. Namun terapi definitif untuk tonsilitiskronis adalah pembedahan pengangkatan tonsil.
6
1
 
BAB 2TINJAUAN PUSTAKA2.1 Tonsil
Tonsil merupakan suatu organ yang terdiri dari kumpulan limfenode yang sangat berperan sebagai pertahanan tubuh terhadap infeksi terutama dari makanan dan udara pernafasan. Kata tonsil itu sendiri lebih cendrung merujuk pada tonsila palatina yang jumlahnya sepasang dan terletak pada isthmus faucium antara arcus glossopalatinusdsan arcus glossopharingicus. Tonsil palatina ini sendiri merupakan salah satu bagiandari Cincin Waldeyer. Cincin Waldeyer ini membentuk cincin jaringan limfe pada pintu masuk saluran nafas dan saluran pencernaan. Cincin Waldeyer ini terdiri dari jaringan tonsil yang berdasarkan letaknya debagi menjadi empat, yaitu:
7
Tonsila lingualis, terletak pada radiks linguae.
Tonsila palatina (tonsil), Gambar 1.
Tonsila pharingica (adenoid), terletak pada dinding dorsal dari nasofaring.
Tonsila tubaria, terletak pada bagian lateral nasofaring di sekitar ostium tubaauditiva.Kumpulan jaringan ini melindungi anak terhadap infeksi melalui udara danmakanan.Jaringan limfe pada Cincin Waldeyer menjadi hipertrofi fisiologis pada masakanak-kanak, adenoid pada umur 3 tahun dan tonsil pada usia 5 tahun, yang kemudianmenjadi atrofi pada masa pubertas.
2,9
Jaringan limfoid pada Cincin Waldeyer berperan penting pada awal kehidupan,yaitu sebagai daya pertahanan lokal yang setiap saat berhubungan dengan agen dariluar (makan, minum, bernafas), dan sebagai surveilen imun. Fungsi ini didukungsecara anatomis dimana di daerah faring merupakan tikungan jalannya material yangmelewatinya disamping itu bentuknya yang tidak datar, sehingga terjadi turbulensiudara pernapasan. Dengan demikian kesempatan kontak berbagai agen yang ikutdalam proses fisiologis tersebut pada permukaan penyusun Cincin Waldeyer itusemakin besar.
3
 
2
 
 
Gambar 2.1 Penampang Kavum Oris. Wikipedia 2010.
2.2 Embriologi Tonsila Palatina
Perluasan ke lateral dari kantong faringeal kedua diserap dan bagian dorsalnya tetapada dan menjadi epitel tonsila palatina. Pilar tonsil berasal dari arcus branchial keduadan ketiga. Kripte tonsiler pertama terbentuk pada usia kehamilan 12 minggu dankapsul terbentuk pada usia kehamilan 20 minggu.
11
2.3 Anatomi Tonsila Palatina
Tonsila palatina berjumlah sepasang yang terletak pada dinding lateral orofaring kiridan kanan. Tonsila palatina berntuk ovoid dan terdiri dari sistem cripta yang sangat berguna dalam memperluas lapisan permukaan epitel tonsil. Epitel permukaan tonsilyang tersusun atas epitel squamous stratified merupakan lini pertama yang berhubungan dengan dunia luar. Terdapat 10-30 cripta pada satu buah tonsila palatine.Keberadaan sistem cripta ini sangat memperluas area kontak antara jaringan limfadengan lingkungan. Pada orang dewasa kira-kira luas permukaan tersebut mencapai295cm
2
.
9,11,12
Pada tonsilar cripta terdapat makrofag dan sel-sel darah putih lainnya yangakan merespon mikroorganisme yang melekat pada dinding epitel tonsilar cripta.Berdasarkan fungsinya tonsil sebagai pertahanan tubuh tonsilar palatina berfungsisebagai pengenal pertama terhadap mikroorganisme yang masuk melalui ingestanmaupun inhalasi. Namun pada pasien yang mengalami sinusitis kronis sangatlahsering terjadi pertumbuhan yang berlebihan dari mikroorganisme pada tonsilar cripte.
9
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->