Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
dolomit hampir

dolomit hampir

Ratings: (0)|Views: 81|Likes:
Published by Rz Kie Amelia
karakteristik batuan mineral dolomite
karakteristik batuan mineral dolomite

More info:

Published by: Rz Kie Amelia on Sep 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

 
Dolomit adalah karbonat ganda calium magnesium, CaCO3, MgCO3. Mineral inipertamakali diidentifikasi oleh Count Dolomien pada tahun 1792 dan dinamai menurutpenemunya. Ini adalah hasil sedimen dan seharusnya telah terbentuk karena aksi kimia dari airlaut dengan batu gamping yang mengandung magnesium dengan persentase yang tinggi.Dolomit termasuk rumpun mineral karbonat, mineral dolomit murni secara teoritismengandung 45,6% MgCO3 atau 21,9% MgO dan 54,3% CaCO3 atau 30,4% CaO. Rumuskimia mineral dolomit dapat ditulis meliputi CaCO3.MgCO3, CaMg(CO3)2 atau CaxMg1-xCO3, dengan nilai x lebih kecil dari satu. Dolomit di alam jarang yang murni, karena umumnyamineral ini selalu terdapat bersama-sama dengan batu gamping, kwarsa, rijang, pirit danlempung. Dalam mineral dolomit terdapat juga pengotor, terutama ion besi.Dolomit berwarna putih keabu-abuan atau kebiru-biruan dengan kekerasan lebih lunak daribatugamping, yaitu berkisar antara 3,50 - 4,00, bersifat pejal, berat jenis antara 2,80 - 2,90,berbutir halus hingga kasar dan mempunyai sifat mudah menyerap air serta mudah dihancurkan.Klasifikasi dolomit dalam perdagangan mineral industri didasarkan atas kandungan unsurmagnesium, Mg (kimia), mineral dolomit (mineralogi) dan unsur kalsium (Ca) dan magnesium(Mg). Kandungan unsur magnesium ini menentukan nama dolomit tersebut. Misalnya,batugamping mengandung ± 10 % MgCO3 disebut batugamping dolomitan, sedangkan bilamengandung 19 % MgCO3 disebut dolomit.Dolomit berbeda dengan kalsit, CaCO3 pada penambahan ion magnesium untuk membuatrumusan, CaMg(CO3)2. Ion-ion magnesium tidak berukuran sama dengan kalsium dan dua iontampak tidak cocok dalam lapisan yang sama. Dalam kalsit struktur terdiri dari lapisan ionkarbonat CO3 dan ion kalsium. Dalam dolomit magnesium menempati satu lapisan dengansendirinya diikuti oleh lapisan karbonat yang diikuti oleh lapisan eksklusif kalsit dan sebagainya.Mengapa lapisan ini bergantian?. Hal itu kemungkinan disebabkan perbedaan ukuran yangsignifikan antara kalsium dan magnesium dan lebih stabil untuk mengelompokkan ion berukuranberbeda ke dalam lapisan berukuran sama. Mineral karbonat lain yang memiliki struktur berlapistermasuk kelompok Dolomit.Dolomit membentuk rhombohedorns sebagai kebiasaan khas kristal. Kristal-kristalmemiliki kebiasaan kristal yang unik yang dikenal sebagai dolomit klasik. Tidak semua kristal
 
dolomit melengkungdan beberapa spesimen mengesankan menunjukkan terbentuk dengan baik,rhombohedrons tajam. Kilau dolomit unik juga dan mungkin adalah ilustrasi terbaik dari kilaumutiara. Efek mutiara seperti ini paling baik dlihat pada kristal melengkung sebagai kemilau daricahaya yang dapat menyapu seluruh permukaan melengkung. Dolomit memiliki beberapa warnayang berbeda, tetapi tidak berwarna dan putih merupakan warna yang sangat umum. Namunwarna merah muda dolomit yang menetapkan karakterisik lain yang unik untuk dolomit. Kristaldolomit dikenal dengan warna khas merah muda mereka yang indah, kilau mutiara dan kristalyang tidak biasa dan inilah kelompok yang membuat spesimen yang sangat menarik.Dolomit digunakan untuk membuat magnesium yang memiliki aplikasi obat penting.Dolomit berguna dalam industri kimia dalam penyusunan garam magnesium. Hal ini jugadigunakan dalam campuran tanah untuk menurunkan kadar asam tanah. Dolomit batu digunakansebagai batu hias dan struktural, serta untuk mengeksitasi logam dari bijih tertentu mereka.
 
 Ada banyak daerah yang menghasilkan spesimen Dolomit baik. Sebagian besar lokasiadalah di daerah yang mengandung banyak sekali mineral di seluruh wilayah. Misalnya daerahEropa yang paling menonjol adalah Eugui, Navarra, Spanyol, dimana kristal transparan yangditemukan sangat jelas tidak seperti yang lainnya. Daerah Eropa lainnya adalah Traversella,Piedmont, Italia, Swiss, Austria, Tambang Castilla, Setiles, Rumania.Madiapoera, T (1990) menyatakan bahwa penyebaran dolomit yang cukup besar terdapatdi Propinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura dan Papua.Di beberapa daerah sebenarnya terdapat juga potensi dolomit, namun jumlahnya relatif jauhlebih kecil dan hanya berupa lensa-lensa pada endapan batugamping. 
 
Propinsi Nangroe Aceh Darussalam; Aceh Tenggara, desa Kungki berupa marmerdolomit. Cadangan masih berupa sumberdaya dengan kandungan MgO = 19%.
 
Propinsi Sumatera Utara; Tapanuli Selatan, desa Pangoloan, berupa lensa dalambatugamping. Cadangan berupa sumberdaya dengan kandungan MgO = 11 - 18%.
 
Propinsi Sumatera Barat; Daerah Gunung Kajai. (antara Bukittinggi - Payakumbuh).Umur diperkirakan Permokarbon.
 
Propinsi Jawa Barat; daerah Cibinong, yaitu di Pasir Gedogan. Dolomit di daerah iniumumnya berwarna putih abu-abu dan putih serta termasuk batugamping dolomitanyang bersifat keras, kompak dan kristalin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->