Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sdm hubungan kerja

sdm hubungan kerja

Ratings: (0)|Views: 381|Likes:
Published by odi_alkautsar

More info:

Published by: odi_alkautsar on Sep 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/26/2012

pdf

text

original

 
1
Kata Pengantar
Assalammuallaikum Wr Wb.Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena segala berkat,pengetahuan , rahmat dah kehendakNya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dantanpa hambatan apapun. Tujuan dari tugas ini adalah agar kita sebagai mahasiswa manajemenmengetahui apa yang dimaksud dengan hubungan kerja dan dapat mengaplikasikannya padakehidupan nyata.Penulis menyadari bahwa tugas makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Olehkarena itu, kritik dan saran sangat diharapkan untuk kesempurnaan tugas makalah ini.Semoga tugas makalah yang telah saya buat dan susun ini dapat berguna bagi kita semua.Wassalamuallaikun Wr Wb.
 
2
Pendahuluan
Di dalam buku MSDM hubungan kerja atau hubungan kepegawaian merupakan salinan katabahasa inggris employee relations,industrials relations, atau employee-employer relations.Employee relations adalah hubungan timbal balik antara pegawai dengan majikan aataupengusaha. Dasar hubungan kepegawaian adalah kontrak kerja atau sebangsanya yang secaraformal disepakati kedua belah pihak. Materi-materi yang dibahas dalam bab ini adalahlingkungan sdm dan hubungan kerja,komunikasi,hubungan organisasional,hubunganindustrial, pelanggaran dan serangan terhadap perusahaan,hubungan publik,hubungan pasar,hubungan profesional. Adapun tujuan bab ini dibahas adalah agar kita sebagai mahasiswamengetahui hubungan-hubungan yang terjadi di dunia kerja dan dapat mengaplikasikannya dikehidupan nyata ketika kita telah kerja nanti.
 
3
Pembahasan
ada 2 lingkungan kerja SDM ,lingkungan kerja kiro dan lingkungan kerja makro adayang dikelompokan menurut bidang (politik, hukum, sosial-budaya,ekonomi dan teknologi)dan ada yang dikelompokan menurut lembaga. Di bawah ini disajikan pengelompokankelembagaan. Dalam hubungan itu terdapat beberapa macam lingkungan SDM::LINGKUNGAN Status SDM HUBUNGAN1.
 
Organisasi tempat SDMkerjaMikro Antara atasan denganbawahan: hubunganorganisasional2.
 
Employee, pengusahadan majikanMikro Antara employer denganemployee: hubunganindustrial3.
 
Masyarakat umum,terkait dan syarata yangberkepentinganMikro Antara SDM dengan publik:hubungan publik 4.
 
Pasar kerja MikroMakroAntara SDM mikro denganpasar kerjaAntara SDM makro denganpasar kerja: hubungan pasar5.
 
Profesional MikroMakroAntara SDM seprofesiHubungan profesional6.
 
Manusia MikroMakroAntar manusia sekelompok Hubungan antar manusiaDalam setiap hubungan terdapat kepentingan (nilai) yang menyangkut pihak yang terkait.Hubungan terjadi melalui komunikasi.
 
Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, pesan atau konsep dari seseorangkepada orang lain. Komunikasi merupakan sebuah sistem yang dapat di gambarkan sebagaiberikut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->