Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Psikologi Dalam Perang Dan Militer

Peran Psikologi Dalam Perang Dan Militer

Ratings: (0)|Views: 1,416|Likes:
Published by windaastuti9

More info:

Published by: windaastuti9 on Sep 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/26/2013

pdf

text

original

 
Peran Psikologi dalam Perang dan Militer 
Sabtu, 4 Februari 2012 · 11:36 WIBJanice H. Laurence (Temple University)
Amerika Serikat, Psikologi Zone
 –
Ketika Amerika Serikat diminta untuk menanyakan faktor keberhasilandalam perang abad ke-20 dan konflik abad ke-21, maka yang dicari adalah jawaban pada bidang-bidangseperti fisika, kimia dan teknologi informasi. Namun ada bidang keilmuan yang memiliki kontribusi dalamperang modern dan tidak terlihat, yaitu psikologi.
Menurut Janice H. Laurence, profesor perkembangan dewasa dan organisasi di Temple’s College of 
Education, bidang psikologi memiliki pengaruh dalam sebuah perang melalui berbagai cara. Sebaliknya,ia mengatakan, perang modern seharusnya memerlukan inovasi dalam bidang psikologi yang memilikiaplikasi jauh melampaui militer.Laurence, yang baru saja pensiun dari Pentagon sebagai direktur penelitian dan analisis di Kantor WakilMenteri Pertahanan, Personalia dan Kesiapan, telah mengumpulkan sebuah pengetahuan terbaru daribidang psikologi militer dan menerbitkannya dalam buku berjudul The Oxford Handbook of MilitaryPsychology (Januari, 2012), rilis Temple University (31/1).Topik yang dibahas di buku pegangan ini mencakup bidang klinis,psikologi industri/organisasi, eksperimen, dan sosial.Kontributor dalam buku ini adalah para ahli internasional terkemuka dalam psikologi militer.
“Militer merupakan tempat penelitian mutakhir tentang kepemimpinan”, kata Laurence.
 Penelitian menarik dalam sebuah kepemimpinan saat kelangsungan hidup dan kesejahteraandipertaruhkan dalam sebuah perang. Psikologi militer sedang membangun pengetahuan yang dapatmenginformasikan strategi mengembangkan pemimpin yang efektif.Kondisi perang modern saat ini, memiliki prosedur evakuasi yang cepat dan telah membawa perbaikandalam psikologi konseling dan klinis untuk mengatasinya.
 
“Kami melihat perkembangan menarik dalam pengobatan gangguan stres, cara terbaik menanganitrauma dan bagaimana membangun ketahanan,” katanya.
 Daerah lain yang menunjukkan hubungan penting antara militer dan psikologi adalah perekrutan,pelatihan, memotivasi, menjaga, mengelola, mengintegrasikan dan mempertahankan anggota militer.Bahkan aplikasinya dapat diterapkan dalam arena non-militer.
“Pengetahuan yang diperoleh dari
psikologi militer meningkatkan kehidupan manusia dalam semua
domain,” tutup Laurence. (mba)
 
 
 
SEKILAS TENTANGPENGGUNAAN ILMU PSIKOLOGIDALAM DUNIA MILITEROleh: Lettu Inf. Ahmad TrisHOMEKEMBALI Pertempuran di zaman modern seperti sekarang ini banyak menggunakanberagam peralatan canpengoperasiannya, tentu saja peralatan inimembutuhkan sumber daya manusia dengan beragam kespesifik sebagai"otak" yang mengoperasikan peralatan tersebut. Tanpa adanya sumber daya manusdalam mengoperasikan, maka peralatan secanggih apapunakan menjadi sia-sia.Manusia sendiri memiliki sedikit kemiripan denganmesin, karena ia merupakan organisme yang komemiliki kemampuan sertakapasitas yang berbeda. Beberapa kemampuan dan kapasitas yangdimilmerupakan faktor bawaan yang memiliki keterbatasan. Sebagaicontoh, kemampuan melihat,manusiketerbatasan dalam situasi yang gelapdan tidak akan dapat melihat dengan jelas. Dikaitkan denganpermasalahanyang dihadapi adalah sejauhmana keterbatasan ini disadari sehinggaakan dapat diraperalatan yang dapat memaksimalkan kemampuanmanusia, sehingga ia dapat melaksanakan tugassituasi yang sangat sulitsekalipun. Padahal ini dipelajari dalam Psikologi Ergonomik (HumanEngineriSelain kemampuan, manusia juga memiliki keterampilan yangbiasanya dipelajari dan bukan diwariKepemimpinan dan kemampuandalam bekerjasama dengan orang lain merupakan salah satu contoyangdipelajari. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalammempelajari sesuatu secaradalam mempelajari hal-hal khusus. Sebagaicontoh, mungkin saja seseorang itu secara umum memiliyang tergolongbaik dalam kelompok usianya, namun bisa saja dalam mempelajari hal-halkhusus, mkemampuan dalam mempelajari sandi ia memiliki kesulitan.Dalam hal ini peran psikologi sangat dodalam menentukan kapasitasseseorang dalam mempelajari suatu keterampilan secara umummaupkhusus. Psikologi dapat membantu dunia militer dalam menentukankemampuan apa saja yang dibutugas-tugas tertentu dan bagaimana caramendapatkan kemampuan itu melalui seleksi dan pelatihaManusia sebagaisuatu media pada saat pasukan memenangkan pertempuran seharusnyamemperfungsi-fungsi psikologis dari setiap prajuritnya. Psikologi militer 

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Agung Yudha liked this
Sandra Carolina liked this
Bedir Asik liked this
Vini Puspasari liked this
Linz D'girl liked this
Rissa Andhini liked this
andi_putri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->