Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep Persalinan dengan Induksi

Askep Persalinan dengan Induksi

Ratings: (0)|Views: 1,210 |Likes:
Published by Riska Ananda

More info:

Published by: Riska Ananda on Sep 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
Kelompok 9
| Asuhan Keperawatan pada Persalinan Induksi 1
BAB IPENDAHULUANA.
 
L
ATAR
B
ELAKANG
 
Setiap ibu hamil tentu menginginkan ketika saatnya persalinan nantitiba semuanya berjalan lancar dan normal. Kemudian bayi yang dikandungselama sembilan bulan dapat terlahir dengan selamat dan sempurna. Namun,adakalanya persalinan normal yang diharapkan terjadi karena salah satunyadibantu oleh tindakan induksi.Induksi persalinan adalah suatu upaya stimulasi mulainya prosespersalinan, yaitu dari tidak ada tanda-tanda persalinan, kemudian distimulasimenjadi ada dengan menimbulkan mulas/his. Cara ini dilakukan sebagaiupaya medis untuk mempermudah keluarnya bayi dari rahim secara normal.Dan dimakalah ini akan dijelaskan tentang seluk beluk persalinan induksi.
B.
 
R
UANG
L
INGKUP
 
Ruang lingkup makalah ini mencakup tentang :
 
1.
 
Konsep Dasar Teori meliputi:a.
 
Pengertian persalinan induksib.
 
Etiologi persalinan induksic.
 
Patofisiologi persalinan induksid.
 
Indikasi persalinan induksie.
 
Kontra indikasi persalinan induksif.
 
Risiko persalinan induksig.
 
Faktor yang mempengaruhi persalinan induksih.
 
Klasifikasi persalinan induksii.
 
Manifestasi klinis persalinan induksi j.
 
Komplikasi persalinan induksik.
 
Pemeriksaan penunjang persalinan induksi
 
Kelompok 9
| Asuhan Keperawatan pada Persalinan Induksi 22.
 
Konsep Dasar Asuhan Keperawatan meliputi:a.
 
Pengkajianb.
 
Diagnosa keperawatanc.
 
Intervensi keperawatand.
 
Evaluasi
C.
 
T
UJUAN
 
Tujuan penulisan makalah ini adalah agar mahasiswa dapat mengertidan memahami tentang persalinan induksi dan dapat mengaplikasikan asuhankeperawatan pada pasien yang diindikasikan melakukan persalinan induksi.
 
 
Kelompok 9
| Asuhan Keperawatan pada Persalinan Induksi 3
BAB IIKONSEP DASAR TEORIA.
 
P
ENGERTIAN
 
Induksi Persalinan adalah dimulainya kontraksi persalinan sebelumawitan spontannya untuk tujuan mempercepat kelahiran.Induksi dapat diindikasikan untuk berbagai alasan medis dankebidanan, termasuk hipertensi aibat kehamilan, diabetes melitus dan masalahmedis maternal lain, kehamilan pascapartum, bahaya janin yang dicurigai(misalnya : pertumbuhan janin terhambat), faktor-faktor logistik, jarak darirumah sakit, dan kematian janin). Dalam kondisi-kondisi tersebut, kelahirananak tidak terlalu berisiko untuk bayi baru lahir atau janin daripada jikakehamilan dilanjutkan (Dunn, 1990).Baik metode kimia maupun mekanis digunakan untuk menginduksipersalinan. Oksitosin intravena dan amniotomi ialah me tode yang palingumum digunakan. di Amerika Serikat. Metode lain yang jarang digunakanantara lain stimulasi puting susu, minum castor oil, enema dengan air sabun,stripping membran dan akupuntur (Tal, dkk., 1988: ACOG, 1991).Angka keberhasilan lebih tinggi bila serviks dapat diinduksi. Sistempenilaian seperti Nilai Bishop, dapat digunakan untuk mengevaluasikemampuan untuk diinduksi. Misalnya, nilai sembilan atau lebih pada skalanilai 13 menandakan serviks lunak, anterior mendatar 50% dan berdilatasi 2cm atau lebih; bagian presentasi telah masuk. Induksi persalinan akan lebihberhasi jika nilai Bishop adalah lima atau lebih untuk multipara dan sembilanatau lebih untuk nulipara.
 B.
 
E
TIOLOGI
 
Induksi persalinan dilakukan disebabkan Kehamilannya sudahmemasuki tanggal perkiraan lahir bahkan lebih dari sembilan bulan(kehamilan lewat waktu). Dimana kehamilan yang melebihi waktu 42minggu, belum juga terjadi persalinan. Permasalahan kehamilan lewat waktu

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->