Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sel punca

sel punca

Ratings: (0)|Views: 53 |Likes:
Published by dqoiriyani

More info:

Published by: dqoiriyani on Sep 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2012

pdf

text

original

 
Sejarah, Definisi dan Jenis-jenis Sel Punca
Oleh, Desy Qoiriyani0906640772Kelompok 9
Sejarah:
Dalam ilmu biologi, sel punca merupakan bidang yang baru berkembang tetapikemajuan penelitiannya sangat pesat. Sel punca memiliki manfaat yang luar biasa untuk pengobatan berbagai penyakit. Istilah sel punca pertama kali dikenalkan oleh seoranghistolog Rusia, Alexander Maksimov, pada kongres hematologi di Berlin, Jerman tahun1908. Ia berpendapat bahwa ada sebuah sel induk yang akan berkembang menjadi berbagai jenis sel darah. Teori ini baru terbukti 70 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1978. Sel-selpunca ditemukan di darah sumsum tulang belakang manusia. Hal itu memicu para penelitiuntuk melakukan riset di bidang ini. Pada tahun 1998 untuk pertama kalinya, JamesThomson, berhasil membiakkan sel punca embrionik manusia di Universitas Wisconsin-Madison, Amerika Serikat. Pada Oktober 2007, Mario Capecchi, Martin Evans dan OlivierSmithies mendapatkan Nobel Kedokteran hasil riset mereka dalam hal penggunaan sel puncaembrionik untuk mengubah gen-gen tertentu pada mencit. Penggunaan sel punca hingga saatini masih menimbulkan kontroversi terutama dalam hal legal, etika, sosial dan agama.
Definisi Sel Punca
:1.
 
Sel punca merupakan sel yang tidak terspesialisasi. Mereka tidak berkembangmenjadi sel yang memiliki fungsi spesial (diferensiasi).2.
 
Sel punca dapat memperbarui dirinya sendiri. Ketika sebuah sel menjaditerspesialisasi, kapasitasnya sangat terbatas untuk menghasilkan sel baru, dan hanyamenjadi sel-sel dengan tipe yang sama. Oleh karena itu ketika sel otot atau darahrusak maka mereka tidak dapat menggantikan dirinya sendiri. Sel punca dapatmembuat salinan sel yang sama persis dengan dirinya melalui pembelahan sel.3.
 
Sel punca dapat berdiferensiasi. Mereka dapat membagi dan menghasilkan sel-selyang memiliki kemampuan untuk menjadi tipe sel spesial lain. Sel-sel baru dan jaringan-jaringan digunakan untuk memperbaiki atau mengganti sel-sel yang rusak atau berpenyakit di dalam tubuh. Sel punca hasil pengembangan dari jaringan yangberbeda dan dari bagian yang berbeda dapat menambah jumlah dan tipe sel yang
 
bermacam-macam. Misalnya sel saraf, sel otot juantung, sel otot rangfka, sel pankreasdan lain-lain.
Jenis-jenis Sel Punca:
Jenis-jenis sel punca dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
1.
 
Berdasarkan sumber
a.
 
EmbrioSel punca diambil dari massa sel bagian dalam pada fase blastosit yaitu 5-7 harisetelah pembuahan. Massa sel bagian dalam dari embrio mengelompok danmengandung sel induk embrionik. Sel dapat diisolasi dari massa sel bagian dalamembrio dan dikultur secara
in vitro
. Sel induk embrional dapat diarahkan menjadi selapa saja yang dikehendaki seperti sel darah, sel otot, sel hati, sel ginjal dan sel lainnyaseperti terlihat dalam Gambar 1. Saat ini telah dikembangkan teknik pengambilan selpunca embrio yang tidak membahayakan embrio tersebut.
Gambar 1. Keterangan gambar diferensiasi daripada sel punca embrionik (The NationalAcademies. Understanding Stem Cells. 2004: 4).
b.
 
ZigotSel punca ini diambil sesaat setelah sel telur dibuahi oleh sperma.c.
 
Darah tali pusat
 
Sel punca jenis ini diambil dari darah plasenta dan tali pusat sesaat setelah bayidilahirkan. Sel ini merupakan jenis hematopoitik 
 
dan ada juga yang menggolongkansebagai sel punca dewasa yang sama dengan yang ditemukan pada sumsum tulangbelakang. Sel punca dari sumsum tulang telah berhasil mengobati pasien denganpenyakit kelainan darah seperti leukemia dan gangguan-gangguan sistem kekebalantubuh. Darah tali pusat mengandung sejumlah sel induk yang bermakna dan memilikikeunggulan di atas transplantasi sel induk dari sumsum tulang atau dari darah tepibagi pasien-pasien tertentu.d.
 
FetusFetus dapat diperoleh dari klinik aborsi dengan syarat usia janin 3 minggu,mendapatkan persetujuan si ibu dan apabila bayi yang dilahirkan nantinya dapatmembahayakan atau menganggu kesehatan dan keselamatan si ibu.e.
 
Sumsum tulang belakangSumsum tulang merupakan sumber yang kaya akan sel induk hematopoietik.Transplantasi sumsum tulang digunakan sebagai bagian dari pengobatan leukemia,limfoma jenis tertentu, dan anemia aplastik. Karena teknik dan angkakeberhasilannya semakin meningkat, maka pemakaian transplantasi sumsum tulangsekarang ini semakin meluas.Prosedur transplantasi ini dimulai dengan mengambil sumsum tulang belakangpasien yang teranestesi total menggunakan jarum suntuk khusus sebanyak 600cc danlalu menyuntikkannya ke dalam vena resipien. Sumsum tulang donor berpindah danmenyatu di dalam tulang resipien dan sel-selnya mulai berproliferasi.Dalam kondisi eksperimental, turunan sumsum tulang sel punca masenkim dapatmereplikasi diri dan dapat berdiferensiasi menjadi osteoblast, kondrosit, mioblasts,adiposit dan jenis sel lain, seperti sel-sel neuron dan pulau pankreas sel beta.f.
 
AdiposaSel punca adiposa diperoleh dari lemak manusia dengan cara
lipectomi
atauaspirasi sedot lemak. Sel punca adiposa dapat berdiferensiasi menjadi adiposit,kondrosit, miosit, saraf dan turunan osteoblast. Sel punca adiposa memiliki kelebihandapat mereplikasi diri menjadi banyak tanpa kehilangan kemampuan untuk berdiferensiasi.g.
 
Cairan KetubanSel punca cairan ketuban dapat diperoleh dari aspirasi amniosentesis selamaproses pembentukan gen. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sel punca

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->