Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP X Smt. 1.1 SMAN KbKramat 2012-2013 Berkarakter

RPP X Smt. 1.1 SMAN KbKramat 2012-2013 Berkarakter

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by Hadi Suprapto

More info:

Published by: Hadi Suprapto on Sep 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2012

pdf

text

original

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah: SMAN KebakkramatMata Pelajaran: SosiologiKelas/semester: X/ 1Standar Kompetensi: 1. Memahami perilaku keteraturan hidupsesuai dengan nilai dan norma yang berlakudalam masyarakat.Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagaiilmu yang mengkaji hubungan masyarakat danlingkungan.Indikator:
Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu danmetode
Mendeskpripsikan hubungan berbagai konseptentang realitas sosial.
Mengidentifikasi data tentang realitas sosialmasyarakatAlokasi Waktu: 10 x 45 menit (5 X Pertemuan)
A.Tujuan PembelajaranPertemuan 1
Setelah mempelajari materi ini siswa telah mampu;1. Mendeskripsikan perkembangan sosiologi
1.
Merumuskan batasan ilmu pengetahuan dan ilmusosiologi
2.
Mendeskripsikan ciri dan hakikat sosiologi
3.
Menguraikan objek kajian sosiologi
4.
Menggambarkan bagan kedudukan sosiologi di antara jajaran ilmu-ilmu lain
Pertemuan 2
Setelah mempelajari materi ini siswa telah mampu;1)Mendeskripsikan tokoh-tokoh sosiologi dan pemikirannya2)Menyebutkan peran sosiologi dalam mempelajarifenomena social3)Menjelaskan berbagai perspektif dalam ilmu sosiologi
Pertemuan 3
Setelah mempelajari materi ini siswa telah mampu;1)Menjelaskan pengertian, ciri dan proses terbentuknyamasyarakat2)Mengidentifikasi unsur-unsur sistem sosial sebagairealitas sosial3)Membedakan berbagai organisasi sosial4)Mempresentasikan laporan tentang realitas sosial budayadi lingkungan setempat
 
Pertemuan 4
Setelah mempelajari materi ini siswa telah mampu;1.Mendiskusikan pengertian dan kriteria masalah sosial2.Mengklasifikasikan masalah-masalah sosial3.Mengidentifikasi masalah-masalah sosial yang menonjoldi lingkungan setempat
Pertemuan 5
Setelah menyelesaikan materi: sosiologi sebagai ilmu yangmengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan, siswa telahmampu;1.Menjawab Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan Sosial2.Menjawab pengertian konsep- konsep tentang realitassosial.3.Menjawab berbagai hubungan antar konsep tentangrealitas sosial4.Memberikan contoh-contoh konsep tentang realitas sosialdi kaitkan dengan data-data yang ditemukan dalammasyarakat.
B.Materi Pembelajaran
1.Hakikat sosiologi
Pengertian sosiologi, Sosiologi merupakan gabungan dari dua kata yaitu bahasalatin socious yang berarti kawan (dalam atrti luas adalah masyarakat) dan bahasayunani logos yang berarti berkata/perkataan, bercerita. Jadi secara etimologisosiologi adalah bercerita mengenai kawan.
2.Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
 Empiris, yaitu didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak  bersifat spekulasi (menduga-duga).
Teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yangkonkret di lapangan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebabakibat sehingga menjadi teori.
Komulatif , yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, kemudiandiperbaiki, diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama.
 Nonetis, yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalahtersebut secara mendalam.3.Hakekat sosiologi
Sosiologi adalah ilmu sosial karena yang dipelajari adalah gejala-gejalakemasyarakatan.
Sosiologi termasuk disiplin ilmu normatif, bukan merupakan disiplin ilmukategori yang membatasi diri pada kejadian saat ini dan bukan apa yangterjadi atau seharusnya terjadi.
Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan murni (pure science) dan ilmu pengetahuan terapan.
Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan ilmu pengetahuankonkret. Artinya yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwadalam masyarakat secara menyeluruh, bukan hanya peristiwa itu sendiri.
 
Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian dan pola-pola umum, sertamencari prinsip-prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia,sifat, hakikat, bentuk, isi, dan struktur masyarakat manusia.
Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional. Hal inimenyangkut metode yang digunakan.
Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum, artinya sosiologi mempunyaigejala-gejala umum yang ada pada interaksi antara manusia.
4.Kegunaan sosiologi
Objek Material,Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuanmanusia itu sendiri.
Objek Formal, Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusiasebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formalsosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbuldari hubungan manusia di dalam masyarakat.
Objek budaya, Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhihubungan satu dengan yang lain.
Objek Agama, Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicudalam hubungan sosial masyarakat, dan banyak juga hal-hal ataupun dampak yang memengaruhi hubungan manusia.
5.Sejarah Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi diantara ilmu-ilmu lain
Sosiologi awalnya merupakan bagian dari ilmu filsafat (mater scientiarum),namun karena perkembangan masyarakat didunia khususnya di eropa berkembang sangat pesat maka ilmu filsafat tidak mampu lagi menjawab semua permasalahan yang terjadi saat itu.Singkat cerita sosiologi lahir pada pertengahan abad 18 dan berkembang pesat pada abad 19. Dikala itu sosiologi lahir karena munculnya sebuahfenomena besar di eropa yaitu terjadinya REVOLUSI. Revolusi yang terjadi pada saat itu adalah revolusi amerika dan revolusi industri, revolusi perancis,.
Revolusi industri
Revolusi industri mengakibatkan berubahnya tatanan yang ada padamasyarakat. Semula masyarakat bekerja di bidang agraris karena ditemukannyamesin maka tenaga kerja manusia mulai digantikan oleh mesin. Hal inimenyebabkan banyak masyarkat di phk, sehingga memunculkan kalangan barudalam masyarakat yaitu glongan proletar( masyarakat jelata) dan golongan borjuis (bangsawan). Kehidupan masyarakat pada saat itu mengalamikemiskinan, masyarakat sudah tidak bisa lagi mencukupi kebutuhan hidup,sehingga mulailah muncul kriminalitas yang merajalela. Masalah-masalah lainseperti kesehatan juga mulai nampak akibat dari polusi yang disebabkan olehmesin-mesin industri. Dari akar permasalahn inilah masyarakat mulai resahhingga membutuhkan sebuah ilmu pengetahuan yang dapat menyelesaikanmasalah kemanusiaan tersebut. Lalu munculah aguste comte dengan ilmusosiologi, yang mempunyai metode-metode yang dirasa bisa memecahkanmasalah-masalh yang muncul tersebut.
C.Metode Pembelajaran
1.Pendekatan : Cooperative Learning

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->