Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
70Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Nambah Ilmu Tentang Rumah Sehat

Nambah Ilmu Tentang Rumah Sehat

Ratings:

4.66

(38)
|Views: 11,255 |Likes:
Published by sutopo patriajati
Sekilas tentang pemahaman dasar dari rumah sehat, silahkan anda bisa download di
http://www.ziddu.com/download/3789535/KONSEP_PRAKTIS_TENTANG_RUMAH_SEHAT.pdf.html
Sekilas tentang pemahaman dasar dari rumah sehat, silahkan anda bisa download di
http://www.ziddu.com/download/3789535/KONSEP_PRAKTIS_TENTANG_RUMAH_SEHAT.pdf.html

More info:

Published by: sutopo patriajati on Jan 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

 
Rumah Sehat
A.Pengertian Rumah Sehat.
1. Sanitasi Rumaha.Pengertian SanitasiMenurut Azrul Azwar yang dimaksud dengan sanitasi adalah : Usahakesehatan masyarakat yang menitik beratkan pada pengawasan terhadapfaktor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. b.Pengertian RumahRumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau huniandan sarana pembinaan keluarga.c.Rumah Sehat adalah tempat untuk berlindung atau bernaung dan tempatuntuk beristirahat sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna, baik fisik, rohani maupun sosial.2.Rumah SehatRumah disebut sehat apabila memenuhi syarat – syarat :a.KesehatanSuatu rumah disebut memenuhi syarat kesehatan apabila :Cukup hawa dan aliran udara segar, berarti mempunyai ventilasi yang cukup. b.Kekuatan bangunan1. Rumah dengan struktur dan kontruksi bangunan yang cukup kuat sesuaidengan keadaan setempat.2. Rumah yang menggunakan bahan yang cukup kuat, tidak mudahrapuh dan tidak khawatir dapat ambruk sewaktu – waktu.c.KeterjangkauanSecara sosial ekonomis, terjangkau oleh pemilik atau penghuni, baiongkos / biaya sewa, membeli atau membangun.
B.
 
Kriteria Rumah Sehat
Rumusan yang dikeluarkan oleh APHA (
 American Public Health Association
) bahwa persyaratan rumah sehat :
Harus memenuhi kebutuhan – kebutuhan physiologis
Harus memenuhi kebutuhan – kebutuhan psycologis
Harus terhindar dari penyakit menular 
Harus terhindar dari kecelakaan – kecelakaanSecara umum rumah dapat dikatakan sehat apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :a.Memenuhi kebutuhan fisiologis antara lain pencahayaan, penghawaan danruang gerak yang cukup, terhindar dari kebisingan yang mengganggu.
Sutopo Patria Jati
1
 
 b.Memenuhi kebutuhan psikologis antara lain privacy yang cukup, komunikasiyang sehat antar anggota keluarga dan penghuni rumah.c.Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumahdengan penyediaan air bersih, pengelolaan tinja dan air limbah rumah tangga, bebas vektor penyakit dan tikus, kepadatan hunian yang berlebihan, cukupsinar matahari pagi, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran,disamping pencahayaan dan penghawaan yang cukup.d.Memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan baik yang timbulkarena keadaan luar maupun dalam rumah antara lain persyaratan garissempadan jalan, konstruksi yang tidak mudah roboh, tidak mudah terbakar,dan tidak cenderung membuat penghuninya jatuh tergelincir.
C.
 
Syarat Rumah Sehat
Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 829 /Menkes/SK/VII/1999 :a. Lokasi1).Tidak terletak pada daerah rawan bencana alam seperti bantaransungai, aliran lahar, gelombang tsunami, longsor, dan sebagainya.2).Tidak terletak pada daerah bekas tempat pembuangan akhir sampahdan bekas lokasi pertambangan.3).Tidak terletak pada daerah rawan kecelakaan dan daerahkebakaran seperti jalur pendaratan penerbangan. b.Sarana dan Prasarana Lingkungan1). Memiliki taman bermain untuk anak, sarana rekreasi keluarga dengankonstruksi yang aman dari kecelakaan.2). Memiliki sarana drainase yang tidak menjadi tempat perindukanvektor penyakit dan memenuhi persyaratan teknis sesuai denganketentuan perundang-undangan yang berlaku.3). Memiliki sarana jalan lingkungan dengan ketentuan sebagai berikut
Konstruksi jalan tidak membahayakan kesehatan.
Konstruksi trotoar jalan tidak membahayakan pejalan kaki dan penyandang cacat.
Bila ada jembatan harus diberi pagar pengaman.
Lampu penerangan jalan tidak menyilaukan.4).Tersedia sumber air bersih yang menghasilkan air secara cukupsepanjang waktu dengan kualitas air yang memenuhi persyaratankesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.5).Pengelolaan pembuangan kotoran manusia dan limbah rumah tanggaharus memenuhi persyaratan kesehatan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Sutopo Patria Jati
2
 
6).Pengelolaan pembuangan sampah rumah tangga harus memenuhi persyaratan kesehatan, sesuai dengan peraturan perundang-undanganyang berlaku.7).Memiliki akses terhadap sarana pelayanan umum dan sosial sepertikeamanan, kesehatan, komunikasi, tempat kerja, tempat hiburan,tempat pendidikan, kesenian, dan lain sebagainya.8).Pengaturan instalasi listrik harus menjamin keamanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.9).Tempat pengelolaan makanan (TPM) harus menjamin tidak terjadinyakontaminasi yang dapat menimbulkan keracunan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Menurut Winslow dan APHA, pemukiman sehat dirumuskan sebagai suatutempat untuk tinggal secara permanen, berfungsi sebagai tempat untuk bermukim, beristirahat, berekreasi (bersantai) dan sebagai tempat berlindung dari pengaruhlingkungan yang memenuhi persyaratan fisiologis, psikologis, dan bebas dari penularan penyakit. Penjelasannya adalah sbb:a.
Memenuhi kebutuhan fisiologis
, antara lain :1). Pencahayaan.a).Pencahayaan alam.Pencahayaan alam diperoleh dengan masuknya sinar mataharikedalam ruangan melalui jendela, celah-celah dan bagian-bagian bangunanyang terbuka.Cahaya matahari berguna selain untuk penerangan juga dapatmengurangi kelembaban ruang, mengusir nyamuk, membunuh kuman- penyakit tertentu seperti TBC, influenza, penyakit mata dan lain-lain.Kebutuhan standar minimum cahaya alam yang memenuhi syaratkesehatan untuk berbagai keperluan menurut WHO dimana salah satunyaadalah untuk kamar keluarga dan tidur dalam rumah adalah 60 – 120 Lux.Untuk memperoleh jumlah cahaya matahari pada pagi hari secaraoptimal sebaiknya jendela kamar tidur menghadap ketimur. Luas jendelayang baik paling sedikit mempunyai luas 10 – 20 % dari luas lantai. b).Pencahayaan buatan.Pencahayaan buatan yang baik dan memenuhi standar dapatdipengaruhi oleh : b.1). Cara pemasangan sumber cahaya pada dinding atau langit- langit. b.2). Konstruksi sumber cahaya dalam ornamen yang dipergunakan. b.3). Luas dan bentuk ruangan. b.4). Penyebaran sinar dari sumber cahaya.2). Ventilasi (penghawaan)Ventilasi digunakan untuk pergantian udara, udara perlu digantiagar mendapat kesegaran badan selain itu agar kuman-kuman penyakitdalam udara antara lain bakteri dan virus dapat keluar dari ruangan
Sutopo Patria Jati
3

Activity (70)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dedi Andria liked this
Nira Primagiani liked this
Arijani Narto added this note
thank you !!!!
AgusSetia Budi liked this
Ripand liked this
Ramdani Ndan added this note
like this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->