Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP No. 28 Tahun 2011 Pengelolaan Kawasan Suaka Alam Dan Kawasan Pelestarian Alam

PP No. 28 Tahun 2011 Pengelolaan Kawasan Suaka Alam Dan Kawasan Pelestarian Alam

Ratings: (0)|Views: 12 |Likes:
Published by Aprianto Saptha

More info:

Published by: Aprianto Saptha on Sep 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2013

pdf

text

original

 
 PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 28 TAHUN 2011 TENTANGPENGELOLAAN KAWASAN SUAKA ALAMDAN KAWASAN PELESTARIAN ALAMDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa untuk meningkatkan pengelolaan kawasan suakaalam dan kawasan pelestarian alam perlu membagikawasan dalam zona atau blok wilayah kerja pengelolaankawasan sehingga pengelolaan dapat dilakukan secaramaksimal dan dalam rangka melaksanakan ketentuanPasal 16 ayat (2), Pasal 17 ayat (3), Pasal 29 ayat (2), Pasal31, Pasal 32, Pasal 35, dan Pasal 37 Undang-UndangNomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber DayaAlam Hayati dan Ekosistemnya, telah diundangkanPeraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 1998 tentangKawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam;b.
 
bahwa pengelolaan kawasan suaka alam dan kawasanpelestarian alam saat ini belum mampu mengadopsikebutuhan di masyarakat yang menyangkut perubahanlingkungan strategis baik nasional maupun internasional;c.
 
bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 1998tentang Kawasan Suaka Alam dan Kawasan PelestarianAlam belum sepenuhnya mampu memfasilitasiperkembangan sebagaimana dimaksud dalam huruf b;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf b dan huruf c perlu menetapkan PeraturanPemerintah tentang Pengelolaan Kawasan Suaka Alam danKawasan Pelestarian Alam.Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) dan Pasal 33 ayat (3) Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang . . .
 
 
- 2 -2.
 
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang KonservasiSumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 1990 Nomor 49, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor3419);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PENGELOLAANKAWASAN SUAKA ALAM DAN KAWASAN PELESTARIANALAM.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Kawasan Suaka Alam selanjutnya disingkat KSA adalahkawasan dengan ciri khas tertentu, baik di daratanmaupun di perairan yang mempunyai fungsi pokoksebagai kawasan pengawetan keanekaragamantumbuhan dan satwa serta ekosistemnya yang jugaberfungsi sebagai wilayah sistem penyangga kehidupan.2.
 
Kawasan Pelestarian Alam selanjutnya disingkat KPAadalah kawasan dengan ciri khas tertentu, baik didaratan maupun di perairan yang mempunyai fungsipokok perlindungan sistem penyangga kehidupan,pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dansatwa, serta pemanfaatan secara lestari sumber dayaalam hayati dan ekosistemnya.3.
 
Pengelolaan KSA dan KPA adalah upaya sistematis yangdilakukan untuk mengelola kawasan melalui kegiatanperencanaan, perlindungan, pengawetan, pemanfaatan,pengawasan, dan pengendalian.4.
 
Sumber daya alam hayati adalah unsur-unsur hayati dialam yang terdiri atas sumber daya alam nabati(tumbuhan) dan sumber daya alam hewani (satwa) yangbersama-sama dengan unsur nonhayati di sekitarnyasecara keseluruhan membentuk ekosistem.5. Ekosistem . . .
 
 
- 3 -5.
 
Ekosistem adalah sistem hubungan timbal balik antaraunsur dalam alam, baik hayati (tumbuhan dan satwaliar serta jasad renik) maupun nonhayati (tanah danbebatuan, air, udara, iklim) yang saling tergantung danpengaruh-mempengaruhi dalam suatu persekutuanhidup.6.
 
Habitat adalah lingkungan tempat tumbuhan dan/atausatwa dapat hidup dan berkembang biak secara alami.7.
 
Cagar Alam adalah KSA yang karena keadaan alamnyamempunyai kekhasan/keunikan jenis tumbuhandan/atau keanekaragaman tumbuhan beserta gejalaalam dan ekosistemnya yang memerlukan upayaperlindungan dan pelestarian agar keberadaan danperkembangannya dapat berlangsung secara alami.8.
 
Suaka Margasatwa adalah KSA yang mempunyaikekhasan/keunikan jenis satwa liar dan/ataukeanekaragaman satwa liar yang untuk kelangsunganhidupnya memerlukan upaya perlindungan danpembinaan terhadap populasi dan habitatnya.9.
 
 Taman Nasional adalah KPA yang mempunyai ekosistemasli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkanuntuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan,menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.10.
 
 Taman Hutan Raya adalah KPA untuk tujuan koleksitumbuhan dan/atau satwa yang alami atau bukanalami, jenis asli dan/atau bukan jenis asli, yang tidakinvasif dan dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian,ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,budaya, pariwisata, dan rekreasi.11.
 
 Taman Wisata Alam adalah KPA yang dimanfaatkanterutama untuk kepentingan pariwisata alam danrekreasi.12.
 
Pengawetan (preservasi) adalah upaya untuk menjagadan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dansatwa beserta ekosistemnya baik di dalam maupun diluar habitatnya agar keberadaannya tidak punah, tetapseimbang dan dinamis dalam perkembangannya.13.
 
Pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa liar adalahpemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa denganmemperhatikan kelangsungan potensi, daya dukung,dan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa liar.14. Pemanfaatan . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->