Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Cara Sidang Pada Organisasi

Tata Cara Sidang Pada Organisasi

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by Rudini Mulya
Sidang ini hanya diikuti oleh anggota komisis saja untuk memudahkan perumusan dan pengambilan kebijakan sementara sehingga pembahasan bidang yang telah ditentukan lebih terfokus. Keputusan pada sidang komisis bersifat non permanen (dapat berubah) kemudian dibawa kedalam sidang pleno untuk mendapat keputusan terakhir.
Sidang ini hanya diikuti oleh anggota komisis saja untuk memudahkan perumusan dan pengambilan kebijakan sementara sehingga pembahasan bidang yang telah ditentukan lebih terfokus. Keputusan pada sidang komisis bersifat non permanen (dapat berubah) kemudian dibawa kedalam sidang pleno untuk mendapat keputusan terakhir.

More info:

Published by: Rudini Mulya on Sep 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
IKATAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI _ FT UMB
2012
 
TATA CARA SIDANGIKATAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRIFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MERCU BUANA
1)
Dasar – Dasar Teknik Sidang
Secara sederhana, sidang merupakan bentuk diskusi resmi yang diikuti orang banyak untuk memutuskan sesuatu dengan mekanisme-mekanisme yang jelas/teratur. Mekanisme-mekanismeyang dibuat dan diberlakukan di sidang bertujuan agar sidang yang dilakukan berjalan aman,aspiratif, dan demokratis. Oleh karena itu aturan main sidang harus jelas.
2)
Apa Yang Orang Lakukan Ketika Sidang?
Segala keputusan yang berhubunagnd enagn kepijakan public akan selalu diambil melaluimekanisme sidang. Sehingga semua pihak yang berkepentinagn dengan kebijakan publek pastiakan berkumpul untuk ikut dalam proses itu.
3)Macam-macam Sidang
 Sidang Komis
Sidang ini hanya diikuti oleh anggota komisis saja untuk memudahkan perumusan dan pengambilan kebijakan sementara sehingga pembahasan bidang yang telah ditentukan lebihterfokus. Keputusan pada sidang komisis bersifat non permanen (dapat berubah) kemudiandibawa kedalam sidang pleno untuk mendapat keputusan terakhir.
Diadaptasi Dari : Rudini Mulya _ Teknik Industri Universitas MercuBuana 2012/2013 | 1
 
 
IKATAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI _ FT UMB
2012
 
 Sidang Pleno
Biasa disebut sidang besar yang diikuti oleh seluruh peserta sidang tanpa kecuali.. Sidang pleno dilakukan untuk memberi keputusan final agenda sidang yang telah dirumuskansebelumnya pada sidang komisi. Pembahasan agenda, tatib, dan LPJ menggunakan sidang jenisini.
4)
Perangkat Sidang
 Pimpinan Sidang/Presidium
Pimpinan sidang berperan sebagai pengatur jalannya sidang agar menghasilkan keputusanyang disepakati bersama. Pimpinan sidang tidak boleh berpihak pada salah satu pihak pesertadan hanya boleh memutuskan sesuatu atas persetujuan peserta sidang. Kriteria yang harusdimiliki oleh pimpinan sidang sbb :1.Cerdi2.Bijaksana3.Tegas4.Berwawasan Luas5.Humoris6.KharismaPimpinan sidang dipilih oleh peserta sidang dan biasanya berjumlah ganjil. Satu sebagainotulen dan dua orang pimpinan sidang yang lain secara bergantian memimpin sidang sesuaikesepakatan.
 Peserta Sidang 
Peserta sidang ditentukan berdasarkan tatib yang telah disepakati. Biasanya terdiri dari peserta aktif dan peserta peninjau. Seluruh hak dan kewajiban peserta diatur di tatib.
Diadaptasi Dari : Rudini Mulya _ Teknik Industri Universitas MercuBuana 2012/2013 | 2
 
 
IKATAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI _ FT UMB
2012
 
 Notulensi 
Bertugas untuk mencatat jalannya persidangan
 Palu Sidang 
Demi kelancaran maka diperlukan palu sidang yang telah disepakati bersama baik bentuk maupun wujudnya. Aturan ketukan palu sidang sbb :a.1 x : mengukuhkan kesepakatan.
b.
2 x : pertukaran pimpinan sidang, penundaan sidang, pencabutan penundaan (baik untuk lobby, istirahat, atau penundaan sidang untuk beberapa lama).c.3 x : menetapkan keputusan, membuka dan menutup sidang.
d.
Berkali-kali: untuk menenangkan peserta sidang atau meminta pesertamemperhatikan jalannya sidang.
Quorum
Adalah syarat sahnya sidang untuk dapat diadakn, karena tingkat qauorum menunjukkansejauh man tingkat representasi dari peserta sidang. Semakin tinggi jumlah quorum, semakintinggi pula tingkat representasi dari sidang tersebut.
 Draft Materi Sidang 
Meliputi bahan-bahan yang akan dibahas dalam persidangan. Biasanya terdiri dari drafttatib, AD/ART, GBHO, GBHK, dll yang disusun sebelumnya oleh tim perumus sidang atau panitia khusus.
5)
Istilah Dalam Sidang
a.Pending : memberhentikan sidang untuk sementara waktu dengan tujuan tertentu sepertiistirahat, lobby, penundaan sidang.
Diadaptasi Dari : Rudini Mulya _ Teknik Industri Universitas MercuBuana 2012/2013 | 3
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->