Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Arti Sosiologi

Arti Sosiologi

Ratings: (0)|Views: 42 |Likes:
Published by Fitriani Sondari

More info:

Published by: Fitriani Sondari on Sep 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

 
ARTI SOSIOLOGI
Sosiologi
berasal dari bahasa Latin yaitu
Socius
yang berarti kawan, teman sedangkan
 Logos
 berarti ilmu pengetahuan. Jadi Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat.Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilakumasyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yangdibangunnya. Kelompok tersebut mencakup keluarga, suku bangsa, negara, dan berbagaiorganisasi politik, ekonomi, sosial. Istilah Sosiologi sebagai cabang Ilmu Sosial dicetuskan pertama kali oleh ilmuwanPerancis, bernamaAugust Comtetahun1842. Sehingga
Comte
dikenal sebagai Bapak Sosiologi. SelanjutnyaÉmile Durkheim— ilmuwan sosial Perancis — yang kemudian berhasil melembagakan Sosiologi sebagai disiplin akademis. Di Inggris
mempublikasikan
Sosiology
pada tahun 1876. Di Amerika
Lester F. Ward
mempublikasikan
 Dynamic Sosiology
. Sebagai sebuahilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.
ARTI SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI :1.
 
Emile Durkheim
Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yangmengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.
2. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-prosessosial termasuk perubahan sosial.
3. Soejono Sukamto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
4. William Kornblum
Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosialanggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dankondisi.
5. Allan Jhonson
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannyadengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.
6. Menurut Roucek & Waren
, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dengan kelompok sosial.
 
7. Menurut Soerjono Soekanto
, sosiologi adalah ilmu yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris, serta bersifat umum.
8. Pitirim Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara anekamacam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologiadalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosialdengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciriumum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
9. Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
10. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf 
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaituorganisasi sosial.
11. J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proseskemasyarakatan yang bersifat stabil.
12. Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
13. Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.Dari berbagai definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa :Kesimpulannya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara individu denganindividu, individu dengan masyarakat, dan masyarakat dengan masyarakat.Selain itu, Sosiologi adalah ilmu yang membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini,khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian- pengertian umum, rasional, empiris serta bersifat umum.
 
ARTI KEPRIBADIAN
Kepribadian menurut pengertian sehari-hari
Kata personality dalam bahasa inggris berasal dari bahasa latin: persone, yang berarti kedok atau topeng. Dimana hal ini selalu dipakai pada zaman romawi dalam melakukan sandiwara panggung. Lambat laun kata persona (personality) berubah istilah yang mengacu padagambaran sosial tertentu yang diterima individu dari kelompok atau masyarakat.Sehingga kemudian individu diharapkan akan berperilaku sesuai dengan peran atau gambaransosial yang diterimanya. Pengertian ini biasanya muncul dengan ungkapan seperti: “Didi berkepribadian pahlawan.” Atau “Dewi berkepribadian kartini sejati.”Disamping itu kepribadian sering diartikan dengan ciri-ciri yang menonjol pada diri individu,seperti kepada orang yang pemalu dikenakan atribut “berkepribadian pemalu”. Kepada orangsupel diberikan atribut “berkepribadian supel” dan kepada orang yang plin-plan, pengecut,dan semacamnya diberikan atribut “tidak punya kepribadian”.Dari penjelasan diatas bisa diperoleh gambaran bahwa kepribadian, menurut pengertiansehari-hari atau masyarakat awam, menunjuk pada gambaran bagaimana individu tampil danmenimbulkan kesan bagi individu-individu yang lainnya.Anggapan seperti ini sangatlah mudah dimengerti, tetapi juga sangat tidak bisa mengartikankepribadian dalam arti yang sesungguhnya. Karena mengartikan kepribadian berdasarkannilai dan hasil evaluatif. Padahal kerpibadian adalah sesuatu hal yang netral, dimana tidak ada baik dan buruk. Kepribadian juga tidak terbatas kepada hal yang ditampakkan individu saja,tetapi juga hal yang tidak ditampakkan individu, serta adanya dinamika kepribadian, dimanakepribadian bisa berubah tergantung situasi dan lingkungan yang dihadapi seseorang.
Kepribadian menurut psikologi
Pengertian kepribadian menurut disiplin psikologi bisa diambil dari rumusan beberapa teoriskepribadian terkemuka. Gordon Allport, merumuskan kepribadian adalah organisasi dinamissistem psikofisik dalam diri individu yang menentukan karakteristik perilaku dan pikirannya.Seperti yang dikisahkan Feist & Feist, Allport memilih tiap frase dalam mendefinisikandengan hati-hati, sehingga benar-benar menyatakan apa yang ingin ia katakan.Istilah ”organisasi dinamis” menunjukkan suatu integrasi atau saling keterkaitan dari berbagaiaspek kepribadian. Kepribadian merupakan sesuatu yang terorganisasi dan terpola.Bagaimanapun, kepribadian bukan suatu organisasi yang statis, melainkan secara teratur tumbuh dan mengalami perubahan.Istilah ”psikofisik” menekankan pentingnya aspek psikologis dan fisik dari kepribadian. Kata”menentukan” dalam definisi kepribadian menunjukkan bahwa kepribadian ”merupakansesuatu dan melakukan sesuatu”. Kepribadian bukanlah topeng yang secara tetap dikenakanseseorang; dan juga bukan perilaku sederhana. Kepribadian menunjuk orang di balik  perilakunya atau organisme di balik tindakannya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->