Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
18Activity
×
P. 1
Gizi

Gizi

Ratings:

3.0

(3)
|Views: 5,206|Likes:
Published by NaomiFetty

More info:

Published by: NaomiFetty on Sep 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/16/2013

pdf

text

original

 
EVALUASI MANAJEMEN PENYELENGGARAAN MAKANANINSTITUSI DI RUMAH SAKIT ORTOPEDIProf. Dr. R. SOEHARSO SURAKARTA
Karya Tulis IlmiahDiajukan Sebagai Salah satu SyaratUntuk Menyelesaikan Pendidikan Diploma IIIKesehatan Bidang Gizi
 
Diajukan Oleh :
MAYA RIQI RATNAJ 300 060 027
JURUSAN GIZI FAKULTAS ILMU KESEHATANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA2009
 
2
ABSTRAK
PROGRAM STUDI III GIZI FAKULTAS ILMU KESEHATANUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTAKARYA TULIS ILMIAH, 17 JULI 2009MAYA RIQI RATNAEVALUASI MANAJEMEN PENYELENGGARAAN MAKANAN INSTITUSIDI RUMAH SAKIT ORTOPEDI Prof. Dr. R. SOEHARSO SURAKARTA5 bab 47 hal, 2 gambar, 10 lampiranPenyelenggaraan makanan rumah sakit adalah suatu rangkaian kegiatanmulai dari perencanaan menu sampai dengan pendistribusian makanan kepadapasien. Kegiatan penyelenggaraan makanan merupakan bagian dari kegiataninstalasi Gizi Rumah Sakit Ortopedi sebagai unit pelayanan gizi rumah sakit.untuk memenuhi asupan zat gizi pada pasien. Asupan zat gizi adalah banyaknyazat gizi yang masuk kedalam tubuh sehingga dapat menjaga atau menentukankesehatan tubuh. Tubuh manusia melakukan pemeliharaan kesehatan denganmengganti jaringan yang rusak untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.Seperti halnya makanan yang disediakan oleh instalasi gizi makanan tersebutsudah diperhitungkan jumlah dan mutu gizi dan harus dihabiskan pasien agarpenyembuhan berjalan sesuai dengan program yang ditetapkan. Tujuan penelitianadalah untuk mengevaluasi manajemen pelayanan gizi institusi.Penelitian ini bersifat diskriptif yaitu mengevaluasi manajemenpenyelenggaraan makanan institusi di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R.Soeharso Surakarta.Cara pengambilan datanya yaitu dengan metode Comstock.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pelayanan gizi di RumahSakit Ortopedi meliputi perencanaan anggaran, perencanaan menu, perencanaankebutuhan makanan, pembelian bahan makanan, penerimaan, penyimpanan,persiapan bahan makanan, pengolahan makanan dan distribusi dengan carasentralisasi. Siklus menu yang digunakan di rumah sakit adalah siklus menu 10hari. Pendistribusian makanan pagi jam 06.30 siang jam 12.00 dan makan malam17.00. Evaluasi makan pasien di rumah sakit Ortopedi Prof. Dr. R. SoeharsoSurakarta masih ditemukan sisa makanan pasien dikarenakan faktor kebosananterhadap suatu makanan yang mengakibatkan keinginan pasien untuk membelimakanan dari luar.Sebaiknya dalam pemberian makanan ke pasien lebih dikombinasikan atautidak terdapat pengulangan makanan dalam waktu dekat, agar pasien selalutertarik untuk makan makanan dari rumah sakit dan tidak membeli makanan dariluar.Kata Kunci : Evaluasi manajemen penyelenggaraan makanan institusiDaftar Pustaka : 8 (1992-2006)
 
ii
 
3
HALAMAN PERSETUJUAN
Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “
Evaluasi ManajemenPenyelenggaraan Makanan Institusi Di Rumah Sakit Prof. Dr. R. SoeharsoOrtopedi Surakarta
 Ini telah memperoleh persetujuan:
 Surakarta, Juli 2009Pembimbing I Pembimbing II(Gini Ratmanti, SKM, M.Kes) (Eni Purwani, SSi.,M.Si.)Program Studi Diploma III GiziFakultas Ilmu KesehatanUniversitas Muhammadiyah SurakartaKetua Program Studi Gizi(Dwi Sarbini, SST, M.Kes)
 
iii

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->