Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permainan Bola BEsar

Permainan Bola BEsar

Ratings: (0)|Views: 486|Likes:
Published by EKo Sup

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: EKo Sup on Sep 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/16/2012

pdf

text

original

 
Nama : Yogik Dwi PebriantiKelas : X Jasa Boga 6No Absen : 22Bidang Study : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan / PenjaskesPERMAINAN BOLA BESARBAB ISEPAK BOLAA.
 
Sejarah Permainan Sepakbola
Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum MasehidiCina.
 
Di masaDinasti Hantersebut, masyarakat menggiring bola kulit denganmenendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan diJepangdengansebutan
Kemari
. DiItalia,permainan menendang dan membawa bola juga digemariterutama mulai abad ke-16.Sepak bola modern mulai berkembang diInggrisdan menjadi sangatdigemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasanselama pertandingan sehingga akhirnyaRaja Edward IIImelarang olahraga inidimainkan pada tahun 1365. Raja James I dariSkotlandia juga mendukung laranganuntuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besarmenyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkunganuniversitasdansekolah.  Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainantersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antaraolahragarugbydengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengantangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebutdibawa olehpelaut,pedagang,dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.
 
B.
 
Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yangbaik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapatbermain sepakbola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimilikipemain sepakbola adalah Menendang ( kicking ), Menghentikan atau Mengontrol (stoping ), Menggiring ( dribbling ), Menyundul ( heading ), Merampas ( tacling ),Lemparan Kedalam ( trow
 – 
in ) dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ). Dibawah iniakan dijelaskan beberapa teknik Menendang, Menghentikan, dan Mengiring boladalam permainan Sepakbola.
Menendang ( kicking )
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayangpaling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan ( passing ),dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan bagiankaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendangdengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendangdengan punggung kaki.
 
Menendang dengan kaki bagian dalam.Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisisgeraknya adalah sebagai berikut :1.
 
Badan menghadap sasaran di belakang bola.2.
 
Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm,3.
 
ujung kaki menghadap sasara, lutut sedikit ditekuk, kaki ditarik kebelakang, danayunkan ke depan, setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow,(gerakan lanjutan)
 
Menendang dengan kaki bagian luarPada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya sebagai berikut:1.
 
posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujungkaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.2.
 
kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap kedalam.3.
 
kaki ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan
 
4.
 
Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah
 – 
 tengah bola5.
 
Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45derajat menghadap sasaran.
 
Menendang dengan punggung kakiPada umumnyamenendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. Analisis gerakanya sebagai berikut :1.
 
Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkandi samping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikitditekuk.2.
 
Kaki berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap kedepan / sasaran.3.
 
Kaki tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.4.
 
Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepat padatengah
 – 
tengah bola.5.
 
Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.
Menghentikan Bola ( Stopping )
 Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainansepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuanmenghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalahuntuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkanuntuk passing. Analisis gerakanya sebagai berikut :1.
 
Posisi badan segaris dengan datangnya bola.2.
 
Kaki tumpu mengarah pada boladengan lutut sedikit ditekut3.
 
Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalamkaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola4.
 
Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki5.
 
Kaki penghenti mengikuti arah bola.Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapatdilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepalaapabila memungkinkan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->