Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyebab Kejayaan Dan Kemunduran Kerajaan Hindu

Penyebab Kejayaan Dan Kemunduran Kerajaan Hindu

Ratings: (0)|Views: 89 |Likes:

More info:

Published by: Putria Fifsixteen November on Sep 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2012

pdf

text

original

 
Penyebab Kejayaan dan Kemunduran Kerajaan Hindu - Buddha1. 1. Kerajaan Kutai1. a. Penyebab Kejayaan1) Asmawarman naik tahta. Pada masa pemerintahannya wilayah kekuasaan Kutai diperluas lagi.2) Naik tahtanya Raja Mulawarman, yang dapat membuat rakyat hidup tenteram dan sejahtera.1. b. Penyebab KemunduranBelum ditemukan sumber sejarah yang menceritakan runtuhnya kerajaan Kutai.1. 2. Kerajaan Tarumanegara1. a. Penyebab KejayaanRaja Purnawarman telah memerintah untuk menggali satu saluran air. Penggalian saluran air ini sangatbesar artinya, karena merupakan pembuatan saluran irigasi untuk memperlancar pengairan sawah-sawah pertanian rakyat. Hasil pertanian tersebut memajukan perekonomian.1. b. Penyebab KemunduranSerangan dari Kerajaan Sriwijaya yang menyebabkan runtuhnya Kerajaan Pajajaran.1. 3. Kerajaan Sriwijaya1. a. Penyebab Kejayaan1) Letaknya yang strategis di Selat Malaka yang merupakan jalur pelayaran dan perdaganganinternasional. Hal ini mendorong Kerajaan Sriwiijaya untuk berkembang pesat sebagai negara maritim.2) Kemajuan kegiatan perdagangan antara India dan Cina yang melintasa Selat Malaka sehinggamembawa keuntungan yang terbesar bagi Sriwijaya.3) Keruntuhan Kerajaan Funan di Vietnam Selatan akibat serangan Kerajaan Kamboja memberikankesempatan bagi perkembangan Sriwijaya sebagai negara maritim (sarwajala), yang selama abad ke-6dipegang oleh Kerajaan Funan.
 
 1. b. Penyebab Kemunduran1) Serangan Raja Dharmawangsa pada tahun 990 M. Ketika itu yang berkuasa di Sriwijaya adalah SriSudamani Warmadewa. Walaupun serangan ini tidak berhasil, tetapi telah melemahkan Sriwijaya.2) Serangan dari Kerajaan Colamandala yang diperintah oleh Raja Rajendracoladewa pada tahun 1023dan 1030. Serangan ini ditujukan ke Semenanjung Malaka dan berhasil menawan raja Sriwijaya.Serangan ketiga dilakukan pada tahun 1068 M dilakukan oleh Wirarajendra, cucu Rajendracoladewa.3) Pengiriman ekspedisi Pamalayu atas perintah Raja Kertanegara, 1275-1292, yang diterima denganbaik oleh Raja Melayu (Jambi),, Mauliwarmadewa, semakin melemahkan kedudukan Sriwijaya.4) Kedudukan Kerajaan Sriwijaya makin terdesak karena munculnya kerajaan-kerajaan besar yang jugamemiliki kepentingan dalam dunia perdagangan, seperti Kerajaan Siam di sebelah utara. Kerajaan Siammemperluas kekuasaanya ke arah selatan dengan menguasai daerah-daerah di Semenanjung Malaka.5) Jatuhnya Tanah Genting Kra ke dalam kekuasaan Kerajaan Siam yang mengakibatkan kegiatanpelayaran perdagangan di Kerajaan Sriwijaya semakin berkurang.6) Dari daerah timur, Kerajaan Sriwijaya terdesak oleh perkembangan Kerajaan Singasari yang padawaktu itu diperintah oleh Raja Kertanegara.7) Para pedagang yang melakukan aktivitas perdagangan di Kerajaan Sriwijaya semakin berkurang,karena daerah-daerah strategis yang pernah dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya telah jatuh ke kekuasaanraja-raja sekitarnya.8) Serangan Kerajaan Majapahit dipimpin Adityawarman atas perintah Mahapatih Gajah Mada padatahun 1477 yang mengakibatkan Sriwijaya menjadi taklukan Majapahit.9) Muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Samudera Pasai yang mengambil alih posisi Sriwijaya.1. 4. Kerajaan Mataram1. a. Penyebab Kejayaan1) Naik tahtanya Sanjaya yang sangat ahli dalam peperangan2) Pembangunan sebuah waduk Hujung Galuh di Waringin Sapta (Waringin Pitu) guna mengatur aliranSungai Berangas, sehingga banyak kapal dagang dari Benggala, Sri Lanka, Chola, Champa, Burma, danlain-lain datang ke pelabuhan itu.3) Pindahnya kekuasaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur yang didasari oleh:
 
a) Adanya sungai-sungai besar, antara lain Sungai Brantas dan Bengawan Solo yang sangat memudahkanbagi lalu lintas perdagangan.b) Adanya dataran rendah yang luas sehingga memungkinkan penanaman padi secara besar-besaran.c) Lokasi Jawa Timur yang berdekatan dengan jalan perdagangan utama waktu itu, yaitu jalurperdagangan rempah-rempah dari Maluku ke Malaka.1. b. Penyebab Kemunduran1) Wafatnya Raja Sanna sehingga kerajaan Mataram menjadi pecah dan kebingungan.2) Pernikahan Raja Pramodhawardhani dengan Rakai Pikatan yang beragama Hindu yang kontroversialsehingga menimbulkan berbagai pemberontakan.3) Serangan dari Raja Wurawari yang bekerja sama dengan Sriwijaya saat Raja Airlangga berada di Jawameminang putri Dharmawangsa.1. 5. Kerajaan Kediri1. a. Penyebab Kejayaan1) Naik tahtanya Jayabaya sebagai raja yang mempersatukan Kerajaan Kediri dengan Kerajaan Jenggala.2) Seni sastra yang berkembang pesat, yang disebabkan oleh:a) Adanya pujangga-pujangga yang pandaib) Adanya perlindungan terhadap para pujanggac) Penghormatan kepada raja melalui hasil sastrad) Adanya kebebasan berpikir dalam mengembangkan kesusastraan1. b. Penyebab Kemunduran1) Raja Kertajaya mengurangi hak-hak kaum Brahmana. Sehingga Kaum Brahmana banyak yang lari danminta bantuan ke Tumapel untuk melawan Kerajaan Kediri.2) Pada tahun 1222 terjadi Perang Ganter antara Ken Arok dengan Kertajaya (Raja Kediri saat itu). KenArok dengan bantuan para brahmana berhasil mengalahkan Kertajaya di Ganter (Punjon, Malang).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->