Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pneumonia dan kdk

pneumonia dan kdk

Ratings: (0)|Views: 490|Likes:
Published by Kiki Kiko

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Kiki Kiko on Sep 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2013

pdf

text

original

 
5
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.
 
BRONKOPNEUMONIAA.1 Anatomi dan Fisiologi Sistem Respirologi
 
Sistem Respirologi dibagi 2 bagian, yaitu: traktus respitorius bagian atasyang terdiri dari hidung, nasofaring, sinus, dan laring. Kedua traktus respitoriusbawah yang terdiri dari trachea, bronchus, bronchioles dan alveoli.
8
Trakea
Trakea adalah tabung terbuka berdiameter 2,5 cm dan panjang 10-12 cmyang dibentuk oleh 16-20 cincin yang terdiri dari tulang rawan yang berbentuk seperti tapal kuda (hurup C), dengan bagian terbuka mengarah ke posterior(oesofagus ). Sebelah dalam diliputi oleh selaput lendir yang berbulu getar yangdisebut sel bersilia yang hanya dapat bergerak kearah luar dan sel golbet yangmenghasilkan mucus bersama-sama berfungsi menyapu partikel yang berhasillolos dari saringan hidung, kearah farins untuk kemudian ditelan atau diludahkanatau dibatukkan. Potongan melintang trakea khas berbentuk huruf D.
8
 
Bronchus
 Trakea bercabang menjadi bronchus utama (primer) kiri dan kanan.Bronchus kanan bercabang menjadi bronchus (sekunder) lobus atas dan bawah.Setiap bronchus lobaris bercabang lagi menjadi bronchus tersier (segmental).Setelah 9-12 generasi percabangan, ukuran saluran telah mengecil sampaidiameter 1 mm. Saluran ini disebut bronchiolus yang turut menyusun lobus paru.Bronchiolus memasuki lobulus pada bagian puncaknya, bercabang- cabang lagi
 
6
 
membentuk 4-7 bronchiolus terminalis yang masing-masing bercabang lagimenjadi 2 bronchiolus respitorius, bagian ini bercabang lagi lebih dari 3 kaliduktus alveolaris yang lebih lanjut masih dapat bercabang 2 sebelum menjadisakus alveolaris dan alveoli. Pertukaran gas berlangsung mulai dari bronchiolusrespiratorius sampai alveoli.
8
 
Paru-paru
 Paru-paru adalah organ berbentuk piramid seperti spon dan berisi udaraterletak dalam rongga dada. Paru kanan memiliki tiga lobus (lobus dextrasuperior, lobus dextra media, lobus dextra inferior) dan paru kiri memiliki dualobus (lobus sinistra superior dan lobus sinistra inferior). Setiap paru memilikisebuah apeks yang mencapai bagian atas iga pertama sebuah permukaandiafragmatik (bagian dasar) terletak di atas diafragma sebuah permukaanmediastinal (medial) yang terpisah dan paru lain oleh mediastinum danpermukaan kosta terletak diatas kerangka iga. Permukaan mediastinal memilikihilus, bronchial dan paru.
8
 
Pleura
Pleura adalah sebuah membran yang membungkus setiap paru.Pleura parietal melapisi rongga toraks (kerangka iga, diafragma, midiastinum).Pleura visceral melapisi paru dan bersambungan dengan pleura parietal dibagianbawah paru. Rongga pleura (ruang intrapleura) adalah ruang potensial antarapleura parietal dan visceral yang mengandung lapisan tipis cairan pelumas. Cairanini disekresi oleh sel-sel pleura sehingga paru-paru dapat mengembang tanpamelakukan friksi. Tekanan cairan (tekanan intrapleura) agak negatif di
 
7
 
bandingkan tekanan atmosfir. Hanya satu lapisan membran yaitu membranealveoli-kapiler memisahkan oksigen dihirup melalui hidung dan mulut pada waktubernapas, oksigen masuk melalui trachea dan pipa bronchial ke alveoli danberhubungan erat dengan darah di dalam kapiler pulmonalis. Oksigen dari darahmenembus membran ini dan diambil oleh sel-sel darah merah dan dibawa ke jantung yang kemudian dipompakan melalui arteri keseluruh bagian tubuh. Darahmeninggalkan paru- paru pada tekanan oksigen 100 mm Hg dan pada tingkat inikadar sel darah merah 95 % oksigen jenuh.
8
 A.2 Definisi Bronchopneumonia
Bronchopneumonia merupakan inflamasi yang sering terjadi pada paru,sering disebut dengan pneumonia bronchial atau pneumonia lobular. Inflamasidapat terjadi dari bronkus, bronkiolus dan menyebar secara ireguler padaperibronchiolar alveoli and alveolar duct. Hasilnya inflamasi dapat berubahmenjadi konsolidasi yang terlokalisir pada bronkiolus dan sekitar alveoli paru.
1,6
 
A.3 Epidemiologi Bronkopneumonia
Penelitian di Rumah Sakit Norwegia (2011) dengan sampel anak yangberusia kurang dari 16 tahun per 10.000 populasi pada tahun 2003 hingga 2005didapatkan angka insidensi sebesar 14,7 pada anak yang berusia 0-16 tahun, 32,8pada usian 0-5 tahun dan 42,1 pada usia 0-2 tahun. Pada penelitian PRIDE(Paediatric Respiratory Infection in Germany) dari 2386 anak, didapatkan 114

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->