Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hukum i Dan II Termodinamika

Hukum i Dan II Termodinamika

Ratings: (0)|Views: 125 |Likes:

More info:

Published by: Daniel Parsaoran Hamonangan Sinaga on Sep 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

 
1Makalah TermodinamikaLA ODE ASMIN/ F1B1 07003
 
HUKUM I DAN II TERMODINAMIKA DAN APLIKASINYA
APLIKASI HUKUM TERMODINAMIKA
BAB IPENDAHULUAN
Termodinamika (bahasa Yunani: thermos = 'panas' and dynamic = 'perubahan')adalah fisika energi , panas, kerja, entropi dan kespontanan proses. Termodinamikaberhubungan dekat dengan mekanika statistik di mana banyak hubungan termodinamikaberasal. Pada sistem di mana terjadi proses perubahan wujud atau pertukaran energi,termodinamika klasik tidak berhubungan dengan kinetika reaksi (kecepatan suatu prosesreaksi berlangsung). Karena alasan ini, penggunaan istilah "termodinamika" biasanya merujukpada termodinamika setimbang. Dengan hubungan ini, konsep utama dalam termodinamikaadalah proses kuasistatik, yang diidealkan, proses "super pelan". Proses termodinamikabergantung-waktu dipelajari dalam termodinamika tak-setimbang.Karena termodinamika tidak berhubungan dengan konsep waktu, telah diusulkanbahwa termodinamika setimbang seharusnya dinamakan termostatik. Hukum termodinamikakebenarannya sangat umum, dan hukum-hukum ini tidak bergantung kepada rincian dariinteraksi atau sistem yang diteliti. Ini berarti mereka dapat diterapkan ke sistem di manaseseorang tidak tahu apa pun kecual perimbangan transfer energi dan wujud di antara merekadan lingkungan. Contohnya termasuk perkiraan Einstein tentang emisi spontan dalam abadke-20 dan riset sekarang ini tentang termodinamika benda hitam.
 
2Makalah TermodinamikaLA ODE ASMIN/ F1B1 07003
 
HUKUM I DAN II TERMODINAMIKA DAN APLIKASINYA
BAB IIPEMBAHASAN
 
Sistem termodinamika adalah bagian dari jagat raya yang diperhitungkan. Sebuahbatasan yang nyata atau imajinasi memisahkan sistem dengan jagat raya, yang disebutlingkungan. Klasifikasi sistem termodinamika berdasarkan pada sifat batas sistem-lingkungandan perpindahan materi, kalor dan entropi antara sistem dan lingkungan. Ada tiga jenis sistem berdasarkan jenis pertukaran yang terjadi antara sistem danlingkungan:1.
 
Sistem Terisolasi: tak terjadi pertukaran panas, benda atau kerja denganlingkungan. Contoh dari sistem terisolasi adalah wadah terisolasi, sepertitabung gas terisolasi.2.
 
Sistem Tertutup: terjadi pertukaran energi (panas dan kerja) tetapi tidak terjadipertukaran benda dengan lingkungan. Rumah hijau adalah contoh dari sistemtertutup di mana terjadi pertukaran panas tetapi tidak terjadi pertukaran kerjadengan lingkungan.3.
 
Sistem Terbuka: terjadi pertukaran energi (panas dan kerja) dan bendadengan lingkungannya. Sebuah pembatas memperbolehkan pertukaranbenda disebut permeabel. Samudra merupakan contoh dari sistem terbuka.Dalam kenyataan, sebuah sistem tidak dapat terisolasi sepenuhnya dari lingkungan,karena pasti ada terjadi sedikit pencampuran, meskipun hanya penerimaan sedikit penarikangravitasi. Dalam analisis sistem terisolasi, energi yang masuk ke sistem sama dengan energiyang keluar dari sistem.Terdapat empat Hukum Dasar yang berlaku di dalam sistem termodinamika, yaitu:
Hukum Awal (Zeroth Law) Termodinamika
 Hukum ini menyatakan bahwa dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistemketiga, maka ketiganya dalam saling setimbang satu dengan lainnya.
 
3Makalah TermodinamikaLA ODE ASMIN/ F1B1 07003
 
HUKUM I DAN II TERMODINAMIKA DAN APLIKASINYA
Hukum Pertama Termodinamika
Hukum ini terkait dengan kekekalan energi. Hukum ini menyatakan perubahan energidalam dari suatu sistem termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energi kalor yang disuplai ke dalam sistem dan kerja yang dilakukan terhadap sistem.Hukum pertama termodinamika adalah suatu pernyataan mengenai hukum universaldari kekekalan energi dan mengidentifikasikan perpindahan panas sebagai suatu bentukperpindahan energi. Pernyataan paling umum dari hukum pertama termodinamika ini berbunyi:Kenaikan energi internal dari suatu sistem termodinamika sebanding dengan jumlah energipanas yang ditambahkan ke dalam sistem dikurangi dengan kerja yang dilakukan oleh sistemterhadap lingkungannya.Pondasi hukum ini pertama kali diletakkan oleh James Prescott Joule yang melaluieksperimen-eksperimennya berhasil menyimpulkan bahwa panas dan kerja saling dapatdikonversikan. Pernyataan eksplisit pertama diberikan oleh Rudolf Clausius pada 1850:"Terdapat suatu fungsi keadaan E, yang disebut 'energi', yang diferensialnya sama dengan jumlah kerja yang dipertukarkan dengan lingkungannya pada suatu proses adiabatik."Hukum kekekalan energi: Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapatdihancurkan/dihilangkan. Tetapi dapat ditransfer dengan berbagai cara. Aplikasi: Mesin-mesinpembangkit energi dan pengguna energi. Semuanya hanya mentransfer energi, tidakmenciptakan dan menghilangkan.
Aplikasi :
ANALISIS TERMODINAMIKA SISTEM TERBUKA
Dalam persoalan yang menyangkut adanya aliran massa ke/dari sistem makasistemnya adalah sistem terbuka(control volume). Contohnya : water heater, radiator mobil,turbin, kompressor, nozle dll. Tidak ada aturan mengenai bagaimana memilih sistem, tetapiyang penting adalah pemilihan tersebut dapat memudahkan analisis. Misalkan akan dianalisisaliran udara melalui nozle, maka pemilihan sistemnya adalah di dalam nozle. Lapis batas daricontrol volume disebut control surface, dapat riil ataupun imajiner. Dalam kasus nozlemisalnya, maka permukaan dalam dari nozle adalah lapis batas yang riil, sedangkan daerah

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->