Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
10Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
askep keluarga

askep keluarga

Ratings: (0)|Views: 599|Likes:

More info:

Published by: Faaris Ash Shiddiiqy on Sep 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/01/2013

pdf

text

original

 
1
h. Tipe KeluargaKeluarga Tn. S termasuk tipe keluarga inti (nuclear family) karena di dalam satu rumah terdapatayah, ibu dan anak.i. Suku BangsaBahasa yang digunakan keluarga Tn. S adalah bahasa Jawa, karena keluarga Tn. S berasal dariJawa, dalam keluarga tidak ada pantangan makanan apapun. j. AgamaKeluarga Tn. S beragama Islam semua, Tn. S dan Ny. S dalam melakukan ibadah sering, tapianaknya dalam melakukan ibadah jarang ataupun terkadang-kadang, kalaupun melakukanibadah, itupun secara sendiri-sendiri.k. Status Sosial Ekonomi KeluargaTn. S adalah seorang buruh sablonan. Jadi Tn. S bekerja apabila ada panggilan untuk membuatsablonan. Rata-rata penghasilan Tn. S perbulan kira-kira Rp. 900.000,- itu pun tak menentu.Untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, Ny. S membantu dengan bekerja sebagai buruh. Anak pertama Ny. A sudah ikut suaminya, Anak kedua Sdr. I lulusan SMP dan sekarang menganggur.Sementara anak ketiga An. S masih berumur 2,5 tahun, jika ditinggal kerja Tn. S dan Ny. S, An.S di jaga kakaknya Sdr. I.Dilihat dari penghasilan keluarga setiap bulannya, keluarga tersebut mempunyai status sosialekonomi kurang.l. Aktivitas Rekreasi KeluargaAktivitas rekreasi dalam rumah tangga selama ini dilakukan dengan berkumpul bersamakeluarga sambil nonton TV. Aktivitas Rekreasi di luar rumah jarang dilakukan.
2. Riwayat dan Tahap Perkembangan Keluarga
a. Tahapan perkembangan keluarga saat iniPada saat ini keluarga Tn. S sedang berada pada tahap perkembangan keluarga yaitu pada tahapkeluarga dengan anak dewasa (pelepasan).Tugas perkembangan pada keluarga Tn. S yang dapat terpenuhi tugasnya adalah:1) Memperluas keluarga inti menjadi keluarga besar2) Mempertahankan keintiman pasangan3) Membantu anak untuk mandiri di masyarakat4) Menata kembali peran dan kegiatan rumah tanggab. Tugas Tahapan Perkembangan yang Belum Terpenuhi1. Menata kembali peran dan kegiatan rumah tanggaAnak kedua Tn. S yaitu Sdr. I adalah lulusan SMP dan tidak melanjutkan sekolah dan belummendapat pekerjaan. Setiap hari hanya menjaga adek nya An. S dirumah sampai kedua orangtuanya pulang dari kerja.c. Riwayat Keluarga IntiTn. S mengatakan kurang lebih sudah satu tahun mengalami batukbatuk, Tn. S mengatakanpernah di rawat di RSUD kota Semarang selama 3 minggu dan di diagnosa TB paru, sebelumnyaTn. S memeriksakan penyakitnya ke Puskesmas dan juga BP4, diberi pengobatan selama 6 bulantapi tanpa hasil. Setelah 6 bulan Tn. S memutuskan untuk tidak berobat lagi karena merasapengobatanya siasia. Sampai sekarang Tn. S masih sering batuk-batuk, cepat lelah saat bekerja,sering sesak nafas saat kelelahan.d. Riwayat Keluarga Sebelumnya
 
2
Tn. S mengatakan ayahnya mempunyai penyakit serupa batuk-batuk dan jantung, tetapi tidak pernah diobati. Sekarang ayah Tn. S sudah meninggal dunia. Dari anggota keluarga lain tidak ada yang mengalami penyakit seperti TB, DM, Hipertensi dll.
3. Pengkajian Lingkungan
a. Karakteristik RumahKeluarga mengatakan rumah yang didiami saat ini adalah rumah milik pribadi, luas tanah (9 mtrx 12 mtr), jenis bangunan permanen, atap bangunan menggunakan kenteng, lantai dari plestermasih sedikit tanah dibagian belakang rumah (dapur), terdiri dari tiga kamar tidur, ruang televisi,dapur, dan kamar mandi, dan di belakang rumah terdapat gudang. Kondisi di dalam rumah cukuprapi, tidak banyak 
 baju yang “tercenterel” dan sinar matahari bisa masuk meski sedikit,
sehinggakondisi di dalam rumah agak gelap. Sumber air berasal dari sumur pam, sampah dibuang di kalisebelah rumah.1. Karakteristik tetangga dan komunitas RWKeluarga Tn.S bertempat tinggal di kelurahan sambiroto, warga memilki kebiasaan berkumpulsetiap sore sampai malam. Pelayan kesehatan terdekat adalah puskesmas yang jaraknya tidak terlalu jauh.2. Mobilitas geografis keluargaKeluarga mengatakan sudah bertempat dirumah tersebut sejak 23 tahun lalu, sebelumnya Tn. Sikut ayahnya, sebelum mempunyai anak.3. Perkumpulan Keluarga dan interaksi dengan MasyarakatTn. S. Mengatakan hubungan dengan tetangga baik, setiap hari setelah pulang kerja Tn. Sngobrol dengan tetangga, anaknya Sdr. I sering ikut kegiatan Futsal yang diadakan anak remajasetempat.4. Sistem pendukung keluargaDalam keluarga Tn. S. Apabila tedapat permasalahan selalu di musawarahkan dengan Ny. S.Dalam mendukung kesehatan, keluarga memiliki fasilitas untuk menunjang kesehatan keluargayaitu berupa Jamkesmas, namun fasilitas kesehtan yang ada di rumah sangat kurang misalnya :tidak tersedianya PPPK pribadi, tempat tidur yang kurang nyaman, sedangkan dukunganpsikologi dan spiritual keluarga terpenuhi dengan baik.
4. Struktur Keluarga
a. Pola Komunikasi KeluargaDalam keluarga Tn. S. mengatakan biasa berkomunikasi dengan bahasa jawa dan jarangmenggunakan bahasa indonesia, dapat berkomunikasi dengan baik tidak ada hambatan dalamberkomunikasi.b. Struktur kekuatan keluargaDalam mengontrol perilaku anak-anaknya saat ini adalah Tn. S. dengan memberikan nasehat bilaanak-anaknya berperilaku kurang baik. yang berperan mengambil keputusan dalam setiapmasalah adalah Tn. S dan Ny. S.c. Struktur peran (formal dan informal)1. Tn. S.Peran formal : buruh sablon.Peran non formal : Sebagai kepala keluarga, dan suami.2. Ny. S.Peran formal : Ny. S. buruhPeran non formal : Sebagai ibu rumah tangga dan istri.3. Sdr. I.
 
3
Peran formal : sering ikut dalam perkumpulan desa.Peran non formal : Sebagai anak kedua4. An. S.Peran formal : masih berumur 2,5 tahun.Peran non formal : sebagai anak ke-3.Tn.S selaku kepala keluarga mengatakan telah memenuhi peranya sebagai kepala keluarga begitu juga Ny.S mengatakan telah memenuhi peranya sebagai istri, Ny.S mengatakan dirinyalah yangpaling berperan dalam proses perkembangan baik fisik maupun perilaku anak-anaknya karenalebih dekat dengan anak-anak.d. Nilai dan norma keluargaDalam keluarga Tn.S. mempunyai suatu peraturan yang ditanamkan kepada anak-anaknya yaitutidak bertengkar dengan anggota keluarga dan dalam menyelesaikan masalah harus denganmusyawarah. Konflik peran jarang terjadi baik kedua orang tua maupun anak-anaknya
5. Fungsi Keluarga
a. Fungsi Afektif Keluarga cukup rukun dan perhatian dalam membina hubungan rumah tangga.b. Fungsi SosialKeluarga selalu mengajarkan dan menanamkan prilaku social yang baik. Keluarga juga cukupaktif bermasyarakat dengan mengikuti kegiatan yang ada dalam masyarakat.c. Fungsi Perawatan Kesehatana. Kemampuan keluarga mengenal masalah kesehatanKeluarga menyatakan bahwa saat ini Ny. S menderita TB Paru, dan keluarga tidak tahu tentangnutrisi dan diit pada penderita TB Paru, dan kurang pengetahuan tentang aturan tindakan danpencegahan TB Paru.b. Kemampuan keluarga mengambil keputusan mengenai tindakan yang tepatKeluarga Tn. S mengatakan apabila ada anggota keluarga yang sakit biasanya dibelikan obat diapotik terlebih dahulu, jika tidak ada perubahan kondisi dari anggota keluarga yang lain untuk bersabar pula serta menyerahkan semua kepada Allah SWT.
6. Stres dan Koping Keluarga
a. Stresor jangka pendek dan panjangJangka pendek yang dirasakan oleh keluarga Tn. S adalah bila anak ketiga yaitu An. S ditinggalbekerja kedua orang tua, hanya kakaknya yang menjaganya.Jangka panjang adalah bila seandainya Sdr. I sudah mendapat pekerjaan, maka tidak ada yangmenjaga An. S.b. Kemampuan keluarga berespon terhadap situasi/stresorKeluarga Tn. A memberikan respon stressor yang ada dengan berdiskusi dengan istrinyaterutama keadaan keluarga yang berhubungan dengan pertumbuhan anak-anaknya.c. Strategi koping yang digunakanDalam menghadapi suatu permasalahan, biasanya Tn. S memusyawarahkannya untuk mengambil suatu keputusan.d. Strategi adaptasi disungsionalSebelum sakit Tn. S suka minum alkohol, keluar malam dan marah marah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->