Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Administrasi Pendidikan Dalam Profesi Keguruan

Administrasi Pendidikan Dalam Profesi Keguruan

Ratings: (0)|Views: 613|Likes:
Published by Dahlia Tambajong

More info:

Published by: Dahlia Tambajong on Sep 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/20/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan untuk mengembangkankemampuan dalam bidang administrasi. Ilmu pengetahuan dan ketrampilan yangdilaksanakan bertujuan jangka panjang yaitu agar tenaga administrasi maupunmengembangkan ilmu yang telah dipelajari dan dipraktekkan di sekolah.Administrasi sangat diperlukan bagi kelangsungan proses belajar mengajar dalamdunia pendidikan. Semua itu tidak lepas dari keaktifan orang-orang yang menguasaiadministrasi dalam sekolah. Orang sering menganggap enteng administrasitersebut, padahal kalau administrasi dipegang sama orang-orang yang kurangterampil maka administrasi tersebut akan berantakan. Orang yang memegangadministraasi adalah orang yang sudah terlatih dalam bidangnya (orang yang sudahmendapat ilmu/ pelatihan). Administrasi tidak hanya dalam hal keuangan saja tetapi juga dalam kerapian/ keteraturan kita dalam pembukuan. Administrasi tidak hanyadilakukan dalam waktu tertentu saja tetapi setiap hari secara kontinyu. Administrasiadalah upaya menjadikan kegiatan kerja sama antara guru dan karyawan aga proses belajar mengajar lebih efektif. Terbatasnya pengetahuan dari personal tatausaha sekolah akan administrasi sarana dan prasarana pendidikan, serta kurangnyaminat dari mereka untuk mengetahui dan memahaminya dengan sungguh sungguh,maka dari itu kami menyusun makalah ini.
B.Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan diangkat menjadi pembahsan dalammakalah ini adalah :1.Bagaimana Pengertian dan Konsep administrasi pendidikan?2.Bagaimana fungsi administrasi pendidikan?3.Apa lingkup bidang garapan administrasi pendidikan menengah?
 
4.Bagaimana Perananan guru dalam administrasi pendidikan?
C.Tujuan
1.Untuk mengetahui dan memahami bagaimana Pengertian dan Konsepadministrasi pendidikan?2.Untuk mengetahui dan memahami Bagaimana fungsi administrasi pendidikan?3.Untuk mengetahui dan memahami Apa lingkup bidang garapanadministrasi pendidikan menengah?4.Untuk mengetahui dan memahami Bagaimana Perananan guru dalamadministrasi pendidikan?
BAB II
 
PEMBAHASANA.Pengertian Administrasi Pendidikan
Pengertian administrasi pendidikan akan diterangkan meninjaunya dari berbagai aspeknya. Marilah kita lihat administrasi pendidikan dari berbagaiaspeknya itu, agar kita dapat memahaminya dengan lebih baik.Pertama, administrasi pendidikan mempunyai pengertian kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan. Seperti kita ketahui, tujuan pendidkan itu merentangdari tujuan yang sederhana sampai dengan tujuan yang kompleks, tergantunglingkup dan tingkat pengertian pendidikan yang dimaksud. Tujuan pendidikandalam satu jam pelajaran di kelas satu sekolah menengah pertama, misalnya, lebihmudah dirumuskan dan dicapai dibandingkan dengan tujuan pendidikan luar sekolah untuk orang dewasa, atau tujuan pendidikan nasional. Jika tujuan itukompleks, maka cara mencapai tujuan itu juga kompleks, dan seringkali tujuanyang demikian itu tidak dapat dicapai oleh satu orang saja, tetapi harus melaluikerja sama dengan orang lain, dengan segala aspek kerumitannya.Kedua, administrasi pendidikan mengandung pengertian proses untuk mencpaitujuan pendidikan. Proses itu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemanduan, dan penilaian. Perencanaan meliputi kegiatan menetapkanapa yang ingin dicapai, bagaimana mencapainya, berapa lama, berapa orang yangdiperlukan dan berapa banyak biaya. Perencanaan ini dibuat sebelum suatutindakan dilaksanakan.Ketiga, administrasi pendidikan dapat dilihat dengan kerangka berpikir sistem.Sistem adalah keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian dan bagian-bagian itu berinteraksi dalam sautu proses untuk mengubah masukan menjadi keluaran.Keempat, administrasi pendidikan juga dapat dilihat dari segi manajemen. Jikaadministrasi dilihat dari sudut ini, perhatian tertuju kepada usaha untuk melihatapakah pemanfaatan sumber-sumber yang ada dalam mencapai tujuan pendidikan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->