Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan Peserta Didik

Ratings: (0)|Views: 334|Likes:
Published by Pandu Hardi
perkembangan peserta didik
perkembangan peserta didik

More info:

Published by: Pandu Hardi on Sep 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/22/2012

pdf

text

original

 
Perkembangan Peserta Didik (makalah)BAB IPENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan anak adalah bertambahnya kemampuan(skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yanglebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari pematangan. Disini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dansistem yang berkembang sedemikian rupa per- kembangan emosi, intelektual dan tingkah lakusebagai hasil interaksi dengan lingkungannya.Aspek– aspek perkembangan individu meliputi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, moral danagama. Perkembangan fisik meliputi pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir.Intelektual (kecerdasan) atau daya pikir merupakan kemampuan untuk beradaptasi secara berhasildengan situas baru atau lingkungan pada umumnya. Sosial, setiap individu selalu berinteraksidengan lingkungan dan selalu memerlukan manusia lainnya. Emosi merupakan perasaan tertentuyang menyertai setiap keadaan atau perilaku individu. Bahasa merupakan kemampuan untuk  berkomunikasi dengan yang lain. Moralitas merupakan kemauan untuk menerima dan melakukan peraturan, nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral. Agama merupakan kepercayaan yang dianut olehindividu.Untuk efisiensi waktu , maka penulis membatasi penulisan ini pada perkembangan anak khususnyasiswa fase remaja . Karena Masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan individu, dan merupakan masa transisi yang dapat diarahkan kepada perkembanganmasa dewasa yang sehat. 
2.1 Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah ini penulis ingin mengetahui :1.Apakah definisi perkembangan ?2.Apakah ciri-ciri dari perkembangan?3.Apa saja prinsip-prinsip perkembangan?4.Apa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan?5.Apa saja aspek– aspek perkembangan remaja?
 
6.Bagaimana proses perkembangan berlangsung?7.Apa saja hukum perkembangan?8.Apa saja problem perkembangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran siswa?9.Bagaimana solusi bagi problem perkembangan dalam proses pembelajaran siswa10.Apa saja tugas-tugas perkembagan pada masa belajar?
 1.3 Tujuan
1.Untuk menjelaskan definisi perkembangan.2.Untuk mengetahui ciri-ciri perkembangan.3.Untuk mengetahui prinsip-prinsip perkembangan.4.Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan.5.Untuk mengetahui aspek– aspek perkembangan remaja .6.Untuk mengetahui proses perkembangan.7.Untuk mengetahui hukum perkembangan.8.Untuk mengetahui beberapa problem perkembangan dalam proses pembelajaran siswa.9.Untuk mengetahui solusi bagi problem perkembangan dalam proses pembelajaran siswa.10.Untuk mengetahui tugas-tugas perkembagan pada masa belajar.
BAB IIPEMBAHASAN
 2.1. Definisi Perkembangan
 Perkembangan (development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan ke arah yang lebuh maju.Pertumbuhan sendiri (growth) berarti tahapan peningkatan sesuatu dalam hal jumlah,ukuran danarti pentingnya. Pertumbuhan juga berarti sebuah tahapan perkembangan (
a stage of development 
)(Mc. Leod, 1989).Adapun perkembangan adalah proses perubahan kualitati yang mengacu pada mtu fungsi organ-organ jasmaniah, bukan organ-organ jasmaniahnya itu sendiri. Dengan kata lain penekanan arti perkembangan itu terletak pada penyempurnaan fungsi psikologis yang disandang oleh organ-organ fisik. 
 
2.2 Ciri Perkembangan
1) Seumur hidup (life-long) tidak ada periode usia yang mendominasi perkembangan.2) Multidimentional terdiri atas biologis kognitif –sosial; bahkan dalam satu dimensi terdapat banyak komponen misalnya: inteligensi :-inteligensi abstrak, inteligensi non verbal, inteligensisosial dsb.3) Multidirectional beberapa komponen dari suatu dimensi dapat meningkat dalam pertumbuhan, sementara komponen lain menurun. Misalnya : orang dewasa tua dapat semakin ari – tapi kecepatan memproses informasi lebih buruk.4) Lentur (elastis) bergantung pada kondisi kehidupan individu. Secara rincinya bila dilihat dari fisik & psikis:1.Terjadi perubahan : fisik: perubahan tinggi/berat badan/organ-organ tubuh lain : psikis: bertambahnya perbendaharaan kata – matangnya kemampuan berpikir-mengingat &menggunakan imajinasi kreatifnya2.Perubahan dalam proporsi fisik: proporsi tubuh berubah sesuai dengan fase perkembangannya ; psikis : perubahan imajinasi dari fantasi ->realitas, perhatiannya daridirinya sendiri -> orang lain/kelompok teman sebaya.3.Lenyapnya tanda-tanda lama. Fisik : lenyapnya kelenjar thymus (kelenjar kanak-2) ygterletak pada bagian dada, kelenjar pineal pada bagian bawah otak , gigi susu & rambut-rambut halus. Psikis: masa mengoceh/meraban-gerak gerik kanak-kanak, merangkak- perilaku impulsive (dorongan untuk bertindak sebelum berpikir)4.Diperoleh tanda-tanda baru. Untu fisik: pergantian gigi, karakteristik seks padd usiaremaja, perubahan anggota tubuh dan menstruasi/mimpi basah. Untuk psikis: rasa ingintahu terutama yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, seks, nilai moral, keyakinan beragama. 
2.3 Prinsip-Prinsip Perkembangan
Secara garis besar perkembangan itu memiliki prinsip antara lain:1.Perkembangan itu mengikuti pola-pola tertentu dan berlangsung secara teratur. Dalam halini perkembangan mulai dari kepala ke kaki, dan dari pusat ke bagian-bagian.2.Pertumbuhan dan perkembangan tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi berlangsung berangsur-angsur secara teratur dan terus menerus.3.Suatu tingkat perkembangan dipengaruhi oleh sifat perkembangan sebelumnya.Terlambatnya suatu tingkat perkembangan, akan menghambat pula perkembangan pada

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->