Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dampak Asap Rokok Terhadap Perokok Pasif

Dampak Asap Rokok Terhadap Perokok Pasif

Ratings: (0)|Views: 148 |Likes:
Published by nendrys

More info:

Published by: nendrys on Sep 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
1 |karya ilmiah 
BAB IPENDAHULUAN1.1. Latar Belakang
Orang yang merokok di tempat umum bukan hanya mengganggu kenyamanansekitar, bahkan bisa juga menyebebkan orang yang tidak merokok ikut terganggu denganadanya asap rokok. Bahkan, para ahli mengatakan bahwa penyakit yang akan dideritaperokok pasif bisa lebih parah daripada perokok aktif.Namun, hanya sebagian diantara para perokok pasif yang mengatahui akibat yangakan dirasakan jika terlalu sering menghisap asap rokok. Tetapi banyak juga yang tidak mengetahuinya, dan banyak diantara mereka yang tidak berani melarangnya, karenaalasan HAM, bahkan mereka merasa segan untuk menegurnya.Zat-zat nikotin yang terkandung di dalam rokok menyebabkan haemoglobin dalamplasma darah hanya mengikat sedikit O
2
dari udara yang dihirup. Yang pada akhirnyatubuh manusia akan kekurangan oksigen dan kekurangan darah, bisa juga mngakibatkansakit kepala (karena pasokan darah ke otak kurang), lemas (karena kekurangan oksigen),dan sesak nafas, serta bahaya yang lebih parah daripada itu.Karena banyaknya bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok,maka kita harusberusaha untuk menghindarinya, demi menjaga kesehatan kita.
1.2.
 
Indentifikasi Masalah
Menganalisis dampak asap rokok terhadap perokok pasif disebabkan zat yangterkandung di dalamnya yang sangat berbahaya terhadap tubuh orang yangmenghirupnya, adapun pertanyaan yang akan penulis angkat diantaranya:
1.2.1
 
Apa akibat dari adanya orang yang merokok di kantin?1.2.2
 
Apa yang dirasakan ketika sedang makan menghirup asap rokok?1.2.3
 
Tindakan apa yang dilakukan ketika berdekatan dengan orang yang sedangmerokok?
1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1. Tujuan PenelitianMengetahui dan menganalisis dampak yang timbul akibat menghirup asap rokok bagikesehatan.1.3.2. Manfaat Penelitian1.
 
Memberikan informasi kepada para perokok pasif mengenai dampak yang akanmereka terima2.
 
Menghimbau kepada para perokok aktif untuk mengurangi kegiatan merokok ditempat umum
1.4. Ruang Lingkup Kajian
1)
 
Kantin Pujasera POLBAN2)
 
Kantin MKU POLBAN3)
 
Kantin LH POLBAN
 
2 |karya ilmiah 
1.5. Metode Penelitian
Metode penelitian yang penulis lakukan yaitu dengan cara memberikan angket(pertanyaan) kepada para pengunjung pujasera, kantin MKU, kantin LH. Penulis memilihmenggunakan metode ini agar penulis bisa meneliti secara langsung dan data yangdihasilkan bisa lebih akurat, dan penulis bisa lebih mengetahui mengenai masalah yangakan penulis bahas.Adapun pada pembahasan kali ini penulis memaparkan melalui beberapa poin,diantaranya pada bab I penulis memaparkan latar belakang, identifikasi masalah, tujuandan manfaat yang dapat diambil pada karya tulis ini, ruang lingkup kajian, dan metodepenelitian yang digunakan penulis untuk membahas karya tulis ini. Pada bab II penulismemaparkan zat-zat yang terkadung dalam rokok. Pada bab III penulis sedikit membahasdefinisi, jenis rokok, bahaya serta cara untuk mengatasi bahaya rokok. Dan pada bab IVpenulis memaparkan kesimpulan dan saran untuk karya tulis ini.
 
3 |karya ilmiah 
BAB IITINJAUAN
 
PUSTAKA2.1. Zat-zat yang Terkandung dalam Rokok
Dalam setiap batang rokok yang dihisap, terkandung 3 zat berbahaya bagi kesehatan,yaitu:1.
 
TARZat berbahaya ini ( berupa kotoran pekat ) dapat menyumbat dan mengiritasi paru-paru dan sistem pernafasan, sehingga menyebabkan penyakit bronchitis, kronis,emphysema dan dalam beberapa kasus menyebabkan kanker paru-paru ( penyakitmaut yang hampir tidak dikenal oleh mereka yang bukan perokok ). Racun kimiadalam TAR juga dapat meresap ke dalam aliran darah dan kemudian dikeluarkan diurine. TAR yang tersisa di kantung kemih juga dapat menyebabkan penyakit kankerkantung kemih.2.
 
NIKOTINAdalah suatu zat yg membuat kecanduan dan dapat mempengaruhi sistem syaraf,mempercepat detak jantung ( melebihi detak normal ), sehingga menambah resikoterkena penyakit jantung.3.
 
KARBON MONOKSIDAZat ini dapat meresap dalam aliran darah dan mengurangi kemampuan sel-sel darahmerah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, Sehingga sangat besar pengaruhnyaterhadap sistem peredaran darah. Selain itu, karbonmonoksida memudahkanpenumpukan zat-zat penyumbat pembuluh nadi, yang dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal, juga dapat menimbulkan gangguan sirkulasi darah di kaki. Efek terakhir ini membuat para wanita perokok lebih beresiko ( daripada wanita nonperokok ) mendapat efek samping berbahaya bila meminum pil kontrasepsi (pil KB).Itulah sebabnya mengapa para dokter kandungan (ginekolog) umumnya seganmemberi pil KB kepada wanita yang merokok.
2.2. Dampak Asap Rokok
Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasalebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang lebih sedikit ituterkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok baik bagi perokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok. Di bawah ini beberapadiantara dampak asap rokok :1.
 
Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranyaberacun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapazat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.2.
 
Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicukanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata danpernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->