Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
3. Sistim Koordinasi Dan Alat Indra Pada Manusia

3. Sistim Koordinasi Dan Alat Indra Pada Manusia

Ratings: (0)|Views: 89|Likes:
Published by Mansur Haris
smp9ipa IPA Dewi ganawati
smp9ipa IPA Dewi ganawati

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Mansur Haris on Sep 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

 
Sistem Koordinasi dan Alat Indra pada Manusia 
31
Setelah kalian memahami peta konsep di atas, perhatikan kata-kata kunci berikutyang merupakan kunci dan cara memahami materi ini.Sistem sarafNeuronGerak refleksHormonSaraf simpatikIndraSaraf parasimpatik
Apakah yang akan kalian lakukan bila tiba-tiba ada cahaya matahari yang memantulmelalui kaca spion dan mengenai mata kalian? Tentu kalian akan memberikan reaksi, ada yangmemalingkan muka, ada yang menyempitkan kelopak mata, ada yang berusaha menghalangicahaya dengan telapak tangan.Reaksi yang kalian lakukan tersebut merupakan suatu kegiatan yang dikendalikan olehsuatu pengendali atau pengontrol di dalam tubuh, yang disebut sistem koordinasi. Kalian akandikenalkan dengan sistem koordinasi sehingga nantinya kalian akan dapat mendeskripsikansistem koordinasi, alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Tugaskoordinasi tersebut dilakukan oleh hormon, saraf dan indra. Dalam sistem koordinasi diperlukantiga komponen agar fungsi koordinasi tersebut dapat berlangsung yaitu reseptor, konduktor, danefektor.
Untuk mempermudah memahami materi ini, perhatikan peta konsep berikut ini.
et
onsep 
Sistem Koordinasi dan Alat Indra pada ManusiaSistem KoordinasiIndra
menjelaskan 
Sistem SarafHormonKulitTelingaHidungMata
meliputi meliputi 
Bab
3
Sistem Koordinasidan Alat Indrapada Manusia
at
unci 
 
IPA Terpadu I
32
1. Reseptor
Reseptor adalah bagian tubuh yang berfungsisebagai penerima rangsangan. Bagian yang berfungsisebagai penerima rangsangan tersebut adalah indra.
2. Konduktor
Konduktor adalah bagian tubuh yang berfungsisebagai penghantar rangsangan. Bagian tersebutadalah sel-sel saraf (neuron) yang membentuk sistemsaraf. Sel-sel saraf ini ada yang berfungsi membawarangsangan ke pusat saraf ada juga yang membawapesan dari pusat saraf.
3. Efektor
Efektor adalah bagian tubuh yang menanggapirangsangan, yaitu otot dan kelenjar (baik kelenjarendokrin dan kelenjar eksokrin).Keterkaitan ketiga komponen tersebut dapat kitabuat skema sederhana seperti berikut.Nah, dari skema di atas tampak jelas bahwaantara sistem saraf dan indra sangat erat kaitannyadalam sistem koordinasi.Berikut ini akan kita bahas mengenai sistem saraf dan indra tersebut.
rangsanganreseptorneuronpusat sarafneuronefektortanggapan
A. Pendahuluan
Dalam sistem koordinasi diperlukan tigakomponen agar fungsi koordinasi dapatberlangsung, yaitu reseptor, konduktor, dan efektor.
 
Sistem Koordinasi dan Alat Indra pada Manusia 
33
B. Sistem Saraf
Sebagai sistem koordinasi, sistem saraf mempunyai fungsi:1.Pengendalian kerja alat-alat tubuh agar bekerjaserasi.2.Alat komunikasi antara tubuh dengan lingkungandi luar tubuh, yang dilakukan oleh ujung saraf pada indra, dan lingkungan dalam tubuh.3.Pusat kesadaran, kemauan, dan pikiran.Untuk melaksanakan fungsi tersebut makasistem saraf tersusun oleh berbagai organ, jaringandan juga komponen terkecil yaitu sel.
1. Sel Saraf
Sistem saraf tersusun oleh komponen-komponenterkecil yaitu sel-sel saraf atau neuron. Neuron inilahyang berperan dalam menghantarkan impuls(rangsangan). Sebuah sel saraf terdiri tiga bagianutama yaitu badan sel, dendrit dan neurit (akson).Lihat Gambar 3.1
badan selaksonseludang myelinnodus ranvier
Gambar 3.1
Struktur sel saraf 
Sumber:
Encyclopedia 
a.Badan se
Badan sel saraf mengandung inti sel dansitoplasma. Di dalam sitoplasma terdapatmitokondria yang berfungsi sebagai penyedia energiuntuk membawa rangsangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->