Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
7. Listrik Statis

7. Listrik Statis

Ratings: (0)|Views: 37 |Likes:
Published by Mansur Haris
smp9ipa IPA Dewi ganawati
smp9ipa IPA Dewi ganawati

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Mansur Haris on Sep 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2012

pdf

text

original

 
Listrik Statis 
143
Untuk mempermudah memahami materi ini, perhatikan peta konsep berikut ini.
et
onsep 
Listrik StatisMuatan Listrik
Alirannya
JenisnyaMuatanPositif MuatanNegatif Elektro-statikaElektro-dinamikaTeori AtomDalton,Thomson,Rutherford, dan BohrKonsep AtomSifat KelistrikanHukum Coulomb
122
QF
dimunculkandibedakadibedakan ditinjau menurut membahas ditulis ke dalam persamaan memuat tentang 
Setelah kalian memahami peta konsep di atas, perhatikan kata-kata kunci berikutyang merupakan kunci dan cara memahami materi ini.Muatan listrikDeret tribolistikHukum CoulombPada minggu yang cerah, Icha menyetrika baju seragamnya. Sambilmenunggu panasnya setrika, ia menggosok-gosokkan setrika pada bajunya yangtipis. Ternyata Icha melihat dan merasakan seakan-akan baju itu tertarik olehsetrika dan terdengar olehnya bunyi gemercik. Mengapa semua itu bisa terjadi?Bagaimana hubungannya dengan konsep fisika? Untuk menjawab pertanyaan iniperlu diperhatikan beberapa konsep, yaitu menggosok, panas, dan baju tipis. SaatIcha menggosok baju dengan setrika ada perpindahan energi gerak yang diberikanke baju. Setrika yang panas akan memudahkan perpindahan muatan, sedangkansifat atau jenis baju sangat menentukan mudah tidaknya terjadi perpindahanmuatan. Oleh karena itu, baju yang kering akibat disetrika, akan mudahmenimbulkan sifat kelistrikan begitu juga pada rambut kering bila digosok dengansisir, maka sisir itu akan bermuatan listrik. Mengapa harus yang kering? Tentukarena air mempunyai sifat konduktor yang kurang baik dan energi yangditimbulkan akibat gosokan antara rambut basah dan sisir plastik akan diserap olehair tersebut, sehingga tidak muncul gejala kelistrikannya. Gejala lain dari sifatkelistrikan secara alami adalah petir. Untuk memahami konsep listrik statis danpenerapannya lebih lanjut akan dijelaskan pada bab ini.
Bab
7
Listrik Statis
at
unci 
 
IPA Terpadu I
144
Sifat kelistrikan suatu benda ditunjukkan adanya muatan listrik yangterdapat pada benda tersebut. Ada dua jenis muatan listrik yaitu muatanpositif dan negatif. Suatu benda dikatakan bermuatan positif jikakelebihan proton atau kekurangan elektron, dan sebaliknya benda akanbermuatan negatif jika kelebihan elektron atau kekurangan proton.Muatan listrik yang ditimbulkan oleh sisir atau mistar masih sulit untukditunjukkan bahwa muatannya bersifat positif atau negatif. Untukmengetahuinya kita dapat melakukan kegiatan berikut!Lakukan kegiatan ini secara kelompok (ikuti petunjuk guru).
A.Tujuan
Untuk mengetahui sifat kelistrikan yang ditimbulkan olehpenggaris plastik.
B.Alat dan Bahan
1.Dua buah penggaris plastik yang masih baru.2.Benang3.Tiang stati4.Dua batang kaca5.Kapas
C.Cara Kerja
1.Ambil dua buah mistar plastik.2.Gantungkan salah satu mistar itu dengan benang padasebuah statif seperti gambar berikut.
Kegiatan
 
Listrik Statis 
145
3.Gosok-gosokkan salah satu ujung mistar itu pada rambutyang kering.4.Ambil mistar yang lain, dan gosokkan ujung mistar itu padarambut yang kering.5.Dekatkan kedua ujung mistar yang telah digosok sepertigambar. Amatilah apa yang terjadi.6.Diskusikan hasil pengamatan ini dengan teman satu kelompokkalian.7.Ambillah dua batang kaca.8.Gantungkan salah satu batang kaca dengan seutas benangpada sebuah statif seperti gambar di bawah ini.9.Gosok-gosokkan salah satu ujung kaca itu dengan kapasyang kering.10.Ambil kaca yang lain dan gosokkan ujung kaca dengan kapasyang kering.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->