Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep Tonsilitis Kelompok 1

Askep Tonsilitis Kelompok 1

Ratings: (0)|Views: 127 |Likes:
Published by Lucia_Cornelia_6492

More info:

Published by: Lucia_Cornelia_6492 on Sep 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
TONSILITISKONSEP DASAR MEDISA.
 
DEFINISI
Tonsilitis adalah : Penyakit radang pada tonsil yang dapat menyerangpada semua umur.(Diagnosa Nanda,NIC NOC 2007-2008)
 
Frekwensi tonsillitis akut sangat sering terjadi pada anak-anak.Tonsilitis kronis kurang umum dan mungkin disalah artikan dengankelainan lain seperti alergi,asma dan sinusitis.(BOIES,Buku Ajar PenyakitTHT,EGC,1997 )
 
Tonsilitis adalah suatu penyakit yang dapat sembuh sendiriberlangsung sekitar lima hari dengan disertai disfagia dan demam (Megantara,Imam, 2006).Tonsilitis akut adalah radang akut yang disebabkan oleh kumanstreptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridons dan streptococcuspygenes, dapat juga disebabkan oleh virus (Mansjoer, A. 2000).Tonsil tidak mampu untuk mengalami resolusi lengkap dari suatuserangan akut kripta mempertahankan bahan purulenta dan kelenjar regionaltetap membesar akhirnya tonsil memperlihatkan pembesaran permanen dangambaran karet busa, bentuk jaringan fibrosa, mencegah pelepasan bahaninfeksi (Sacharin, R.M. 1993).Tonsilitis adalah radang yang disebabkan oleh infeksi bakterikelompok A streptococcus beta hemolitik, namun dapat juga disebabkan olehbakteri jenis lain atau oleh infeksi virus (Hembing, 2004).Tonsilitis adalah suatu peradangan pada hasil tonsil (amandel), yangsangat sering ditemukan, terutama pada anak-anak (Firmansriyono, 2006,2006).Tonsilitis adalah inflamasi dari tonsil yang disebabkan oleh infeksi(Harnawatiaj,2006).
 
B.
 
ANATOMI FISIOLOGIFaring
Merupakan organ yang menghubungkan rongga mulut dengan kerongkongan(esophagus), di dalam lengkung faring terdapat tonsil (amandel).
Tonsil
Merupakan kumpulan jaringan limfosit yang terletak di kanan dan kiri faringdi antara tiang
 – 
tiang leung fauces. Tonsil di jelajahi pembuluh darah danpembuluh limfe serta mengandung banyak limfosit. Permukaan tonsil ditutupimembrane mukosa yang bersambung dengan bagian bawah faring. Permukaanini penuh dengan lekukan dan ke dalam lekukan yang banyak ini sejumlahbesar kelenjar penghasil mucus menuangkan sekresinya. Mucus inimengandung banyak limfosit. Dengan demikian tonsil bekerja sebagai garisdepan pertahanan dalam infeksi yang tersebar dari hidung, mulut, dantenggorokan. Meskipun demikian tonsil bisa gagal menahan infeksi, yaituketika terjadi tonsillitis (peradangan tonsil)(Pearce, 2004; 181)
C.
 
ETIOLOGI
Tonsilitis disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus betahemolyticus, Streptococcuc, viridans dan Streptococcuc pyrogen sebagaipenyebab terbanyak, selain itu dapat juga disesbabkan oleh Corybacteriumdiphteriae, namun dapat juga disebabkan oleh virus (Mansyjoer, 2001).Menurut Firman S (2006), penyebabnya adalah infeksi bakteristreptococcus atau infeksi virus. Tonsil berfungsi membantu menyerangbakteri dan mikroorganisme lainnya sebagai tindakan pencegahan terhadapinfeksi. Tonsil bisa dikalahkan oleh bakteri maupun virus, sehinggamembengkak dan meradang, menyebabkan tonsillitis.
 
Menurut Adams George (1999), tonsilitis bakterialis supuralis akutpaling sering disebabkan oleh streptokokus beta hemolitikus grup A.1.
 
Pneumococcus2.
 
Staphilococcus3.
 
Haemalphilus influenza4.
 
Kadang streptococcus non hemoliticus atau streptococcus viridens.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->