Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Dan Fungsi 7 OSI Layer

Pengertian Dan Fungsi 7 OSI Layer

Ratings: (0)|Views: 49 |Likes:
Published by Ahmad Safi'i

More info:

Published by: Ahmad Safi'i on Sep 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2013

pdf

text

original

 
Pengertian DanFungsi 7 OSI layer
Disusun oleh : Ahmad Safi
i
SMK Negeri 2 Temanggung
 
 
OPEN SYSTEM INTERCONNECTION (OSI)I. PENGERTIAN
Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalahkarena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini,International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yangdikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.Model-OSI tersebut terbagi atas 7 layer, dan layer kedua juga memiliki sejumlah sub-layer (dibagi oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE)). Perhatikan tabelberikut:
7th
 
- Layer : Application
 
Services
 
 
6th
 
- Layer : Presentation
 
Services
 
 
5th
 
- Layer : Session
 
Communications
 
 
4th
 
- Layer : Transport
 
Communications
 
 
3rd
 
- Layer : Network
 
Communications
 
 
2nd
 
- Layer : Data-link
 
Physical connections
 
 
1st
 
- Layer : Physical
 
Physical connections
 
Tabel MODEL OSI
Layer-layer tersebut disusun sedemikian sehingga perubahan pada satu layer tidak membutuhkan perubahan pada layer lain. Layer teratas (5, 6 and 7) adalah lebih cerdasdibandingkan dengan layer yang lebih rendah; Layer Application dapat menangani protocol danformat data yang sama yang digunakan oleh layer lain, dan seterusnya. Jadi terdapat perbedaanyang besar antara layer Physical dan layer Application.
 
II. FUNGSI LAYER 
1.
 
Layer Physical
Physical Layer berfungsi dalam pengiriman raw bit ke channel komunikasi. Masalahdesain yang harus diperhatikan disini adalah memastikan bahwa bila satu sisi mengirim data1 bit, data tersebut harus diterima oleh sisi lainnya sebagai 1 bit pula, dan bukan 0 bit.Pertanyaan yang timbul dalam hal ini adalah : berapa volt yang perlu digunakan untuk menyatakan nilai 1? dan berapa volt pula yang diperlukan untuk angka 0?. Diperlukan berapamikrosekon suatu bit akan habis? Apakah transmisi dapat diproses secara simultan padakedua arahnya? Berapa jumlah pin yang dimiliki jaringan dan apa kegunaan masing-masingpin? Secara umum masalah-masalah desain yang ditemukan di sini berhubungan secaramekanik, elektrik dan interface prosedural, dan media fisik yang berada di bawah physicallayer. Ini adalah layer yang paling sederhana; berkaitan dengan electrical (dan optical)koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melaluimedia jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layerPhysical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.
2.
 
Layer Data-link 
Tugas utama data link layer adalah sebagai fasilitas transmisi raw data danmentransformasi data tersebut ke saluran yang bebas dari kesalahan transmisi. Sebelumditeruskan kenetwork layer, data link layer melaksanakan tugas ini dengan memungkinkanpengirim memecag-mecah data input menjadi sejumlah data frame (biasanya berjumlahratusan atau ribuan byte). Kemudian data link layer mentransmisikan frame tersebut secaraberurutan, dan memproses acknowledgement frame yang dikirim kembali oleh penerima.Karena physical layer menerima dan mengirim aliran bit tanpa mengindahkan arti atauarsitektur frame, maka tergantung pada data link layer-lah untuk membuat dan mengenalibatas-batas frame itu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membubuhkan bit khusus ke awaldan akhir frame. Bila secara insidental pola-pola bit ini bisa ditemui pada data, makadiperlukan perhatian khusus untuk menyakinkan bahwa pola tersebut tidak secara salahdianggap sebagai batas-batas frame. 
Layer ini sedikit lebih “cerdas” dibandingkan dengan layer physical, karena
menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network danlayer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir daridata binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layerphysical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network. Ethernet (802.2 &802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->