Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bahan skenario pbl 1

bahan skenario pbl 1

Ratings: (0)|Views: 221 |Likes:
Published by Annisaa Fitriani

More info:

Published by: Annisaa Fitriani on Sep 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
ABIA NEBULA
 110201002BAHAN PBL SKENARIO 1
Kata-Kata sulit1.
 
Vaksinasi BCG
Vaksin BCG merupakan vaksin hidup yang memberi sedikit perlindunganterhadap TBC. Vaksin TBC tidak mencegah dari terinfeksi jika sudah tereksposkepada bakteri (kuman) TBC, tetapi jauh lebih mungkin akan mengalami infeksikecil terbatas dan bukannya penyakit yang amat parah dan mengancam nyawa.Vaksin BCG dapat memakan waktu 6-12 minggu untuk menghasilkan efek(perlindungan) kekebalannya. VaksinasiBCG mungkin hanya memberi kekebalan 50-60% terhadap tuberkulosis dan bagibeberapa individu vaksin ini kurang efektif dengan berlalunya waktu, adakalanyadalam waktu 5-15 tahunBagi anak-anak, vaksin BCG mungkin mencegah dari timbulnya bentuk TBC yangparah misalnya TBC di otak (meningitis TBC). Manfaat bagi kaum dewasa kurang jelas .Sama seperti untuk vaksin apapun, efek sampingan dapat terjadi danberlainan dari satu orang ke orang lain. Adakalanya tempat vaksinasi menjadisakit, merah dan bengkak. Ini biasanya akan sembuh tanpa perawatan.Pembengkakan kelenjar di ketiak atau leher juga mungkin terjadi, dan adakalanyamemerlukan perawatan. Jarang sekali vaksinasi dapat mengakibatkan infeksiBCG menyeluruh. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang mempunyai kekebalanyang rendah, termasuk mereka yang HIV positif, kekurangan gizi atau mempunyaikeadaan medis yang parah. Dalam beberapa kasus yang jarang, telah terjadikematian.
2.pembesaran nodus limfatikus
 
 Cairan getah bening dalam pembuluh limfatik menyebar di seluruh tubuh dan berkontakdengan jaringan yang berada di sekitar tubuh dan berkontak dengan jaringan yang berada disekitar pembuluh limfatik kapiler. Cairan getah bening yang kembali ke pembuluh limfatiksesaat setelah melakukan kontak ini diteruskan ke nodus limfatik terdekat pada pembuluhlimfatik.Jika pada jaringan mulai merebak permusuhan, info gejala ini akan diteruskan ke noduslimfa melalui cairan getah bening.Jika setelah pengamatan diatas sifat2 musuh ini terdeteksi adanya bahaya, dikeluarkantanda bahaya. Padea tahap ini, di nodus limfa dimulailah produksi limfositbdan sel prajuritlainnya dengan sangatcepat. Setelah tahap produksi, prajurit baru akan diangkut danberjalan dari nodus limfa ke pembuluh limfatik memalului cairan getah bening.Mereka berdifusi ke dalam aliran darah dari pembuluh limfatik dan akhirnya sampai. Inilahsebabnya nodus getah limfa pada daerah yang terinfeksi membengkak terlebih dahulu. Halini menunjukkan bahwa produksi limfosit pada daerah tersebut meningkat.3.
 
regio aksila dekstra
 
 4.antigen
1. PEMBAGIAN ANTIGEN MENURUT EPITOP
 Menurut epitop, antigen dapat dibagi sebagai berikut:a. Unideterminan, univalenYaitu hanya satu jenis determinan atau epitop pada satu molekul.b. Unideterminan, multivalenYaitu hanya satu determinan tetapi dua atau lebih determian tersebut ditemukan pada satumolekul.c. Multideterminan, univalenYaitu banyak epitop yang bermacam-macam tetapi hanya satu dari setiap macamnya(kebanyakan protein).d. Multideterminan, multivalenYaitu banyak macam determinan dan banyak dari setiap macam pada satu molekul (antigendengan berat molekul yang tinggi dan kompleks secara kimiawi).(Baratawidjaja 1991: 14).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->