Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Perusahaan Dalam Sistem Sosial

Makalah Perusahaan Dalam Sistem Sosial

Ratings: (0)|Views: 646 |Likes:
Published by Muhammad Habibi

More info:

Published by: Muhammad Habibi on Sep 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

 
 1
Bab 1
PERUSAHAAN DALAM SISTEM SOSIAL
1.1
Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolahsumber-sumber ekonomi untuk menyediakan baarang dan jasa bagimasyarakat dengan tujuan untuk untuk memperoleh keuntungan dan agardapat memuaskan kebutuhan masyarakat.Dalam suatu bisnis terdapat faktor utama yang menjalankan bisnis (pelakubisnis) tersebut, yaitu manusia sebagai pemilik, manajer, pekerja dankonsumen. Masyarakat memerlukan kehadiran bisnis di samping untuk menyediakan barang dan jasa, juga sebagai tempat untuk mencari pekerjaan.
Pemilik 
Pemilik adalah orang yang menginvestasikan uang dalam suatukegiatan bisnis dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dari uangatau modal yang di tanamkannya tersebut.
Manajer
Manajer yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap kinerja,perusahaan, bertanggung jawab atas pencapaian keuntungan perusahaan,pertumbuhan perusahaan serta pertanggung jawaban sosial. Jabatan manajerini dapat di jalankan juga oleh pemilik perusahaan atau seseorang manajerprofesional yang dipekerjakan oleh pemilik perusahaan. Dan manajerprofesional akan bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan dan wajibmenyusun bentuk laporan bisnis pada periode tertentu berupa laporanneracadan rugi/laba perusahaan.
Tenaga Kerja
Tenaga kerja adalah individu yang menawarkan keterampilan dankemampuan untuk memproduksi barang atau jasa agar perusahaan dapatmeraih keuntungan dan untuk itu individu tersebut akan memperolehgaji/upah sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.
Konsumen
Konsumen adalah individu yang membeli produk atau jasa yangdihasilkan suatu perusahaan untuk pemakaian pribadi. Dalam melakukanpembelian produk/jasa tersebut konsumen mempunyai aneka ragamkeinginan dan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Untuk ituperusahaan harus dapat menentukan apa yang di inginkan oleh konsumen,agar dalam jangka panjang konsumen setia membeli produk/jasaperusahaan.
 
 2
Sumber-Sumber Ekonomi: 
Perusahaan bertugas mengolah sumber-sumber ekonomi atau sering juga disebut faktor produksi.Sumber ekonomi tersebut dapat dikelompokan ke dalam :Manusia (Men)Uang (Money)Material (Materials)Metode (Methods)
Seringkali keempatnya dikenal dengan “4 M” 
 1.
 
Manusia tidak hanya berperan sebagai tenaga kerja di perusahaa namun juga berperan sebagai konsumen dari produk perusahaan.2.
 
Uang atau modal usaha, yaitu sejumlah uang atau barang yang di belidengan uang untuk membuat produk lain. Barang modal di sini adalah :mesin, peralatan pabrik, alat-alat transportasi, dan lain-lain. Untuk ituperusahaan harus mengusahakan bagaiana keuangan perusahaan dapat dikelola dengan cermat.3.
 
Material, ini sangat berpengaruh sekali terhadap kelancaran prosesproduksi, sebab faktor pendukung utama dalam proses produksi. Termasuk di sini adalah bahan baku, bahan pembantu, serta bahan penunjang lainsebagai penunjang proses produksi.4.
 
Metode, yaitu pelaksanaan manajemen dalam perusahaan ataupengelolaan perusahaan.Hubungan antara faktor-faktor produksi
:
 
Sumber-sumberdaya AlamModalKewirausahaanTenga Kerja
 
 3
Wirausahawan adalah seseorang yang memiliki keperibadian unggulyang mencerminkan budi yang luhur dan pantas untuk diteladani karena ataskemampuan sendiri dapat melahirkan sumbangsih karya untuk kemajuankemanusiaan yang berlandaskan kebenaran dan kebaikan .Kewirausahaan Suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmupengetahuan yang dapat diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yanghanya dapat digali dari rangkaian kerja yang diberikan dalam praktek.Jadi, apa yang harus dilakukan oleh wirausahawan adalah:
 
Mengidentifikasikan kesempatan.
 
Mengumulkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
 
Menarik investasi/dana dari perorangan atau lembaga keuangan.
 
Melaksanakan proses produksi atau perdagangan
 
Menanggung resiko.Beberapa ciri kepribadian dari seorang wirausahawan :1.
 
Mempunya emosi untuk membayangkan keberhasilan tujuanusahanya.Tujuan usahanya ini bercirikan:a.
 
Cukup realistis dan menantangb.
 
Mempunyai batas waktuc.
 
Dapat diukur, sukses atau gagal2.
 
Berani menanggung resiko, baik resiko sukses maupun resikokegagalan atau menderita kerugian.3.
 
Gigih dan bekerja keras.4.
 
Bersemangat dan gesit dalam berusaha.5.
 
Berpandangan terbuka, menerima kritik dan saran.6.
 
Percaya pada diri sendiri7.
 
Berusaha meningkatkan pengetahuannya.8.
 
Memiliki kecakapan untuk memimpin.9.
 
Sebagai inovator10.
 
Pemburu keberhasilan.
Perusahaan Kecil
Perusahaan kecil (small business) yang kepemilikannya bisa diperolehdari tiga cara yaitu dengan cara meneruskan usaha orang tuanya ataumembeli perusahaan yang telah ada dengan cara memulai usaha yang samasekali baru.Melihat karakteristik perusahaan kecil tersebut, pada umumnyakegagalan usaha dalam perusahaan kecil di sebabkan beberapa faktor berikutini :a)
 
Kurang dapat mendeteksi pasar dan perubahan-perubahan persaingan.b)
 
Teralu sedikitnya pengetahuan manajer tentang ekonomi dan kurangmampunya manajer dalam sumber daya manusia.c)
 
Tidak membuat perencanaan keuangan dan keadaan darurat dalambisnis.d)
 
Tidak adanya budaya untuk bbekerja keras dengan jam kerja yangpanjang.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->