Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH FISIKA Aplikasi gelombang bunyi di kehidupan sehari hari

MAKALAH FISIKA Aplikasi gelombang bunyi di kehidupan sehari hari

Ratings: (0)|Views: 3,053 |Likes:
Published by Annisa Nur Wardani

More info:

Published by: Annisa Nur Wardani on Sep 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.Latar belakangDi dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari bunyi. Karen kitamemiliki alat indera yaitu telinga yang berfungsi untuk mendengar bunyi. Bunyi adalahsalah satu gelombang, yaitu gelombang longitudinal. Gelombanag Longitudinal adalahgelombang yang arah rambatnya sejajar atau berimpit dengan arah getarnya.Salah satu sifat gelombang bunyi adalah pemantulan. Dengan adalahnya sifattersebut banyak kejadian yang kita alami sehari-hari terjadi. Oleh karena itu, penulis bermaksud membuat makalah mengenai aplikasi pemantulan pada gelombang bunyi,agar kita lebih memahami.2.Rumusan masalahApa aplikasi pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari?3.TujuanMengetahui aplikasi sifat pemantulan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari
1
 
4.Dasar Teori4.1Pengertian gelombangGelombang adalah osilasi (getaran) yang merambat pada suatu medium atau tanpamedium dengan tidak disertai perambatan bagian-bagian medium itu sendiri. Dalam perambatannya gelombang memindahkan energi dari suatu tempat ke tempat yang lain.Sedangkan getaran sendiri, artinya gerakan yang arahnya bolak - balik melalui titik setimbang.4.2Jenis-jenis GelombangJenis gelombang dibedakan berdasarkan medium perambatannya dan berdasarkan arah rambatnya.Berdasarkan medium perambatannya gelombang dibedakan menjadi gelombangmekanik dan gelombang elektromagnetik.a.Gelombang mekanik.Gelombang mekanik merupakan gelombang yang merambat pada suatumedium sebagai media perambatannya. Gelombang jenis ini tidak dapat merambat jika tidak ada medium sebagai perantara gelombang. Contoh gelombang mekanik diantaranya gelombang pada tali, gelombang pada permukaan air, dan gelombang bunyi. Gelombang pada tali merambat dengan tali sebagai media perambatannya.Gelombang pada permukaan air merambat dengan air sebagai media perambatannya. Gelombang bunyi dapat merambat melalui udara, zat padat, atauzat cair sebagai media perambatannya.Ada beberapa sifat gelombang mekanik, diantaranya:
Perambatan getaran di suatu medium mempunyai kelajuan tertentu yangdinamakan cepat rambat gelombang. Kelajuan atau cepat rambat gelombang inisangat ditentukan oleh sifat mekanik medium.
Partikel dari medium tidak merambat melalui ruang-ruang di medium, tetapi partikel medium bergerak bolak-balik atau turun naik terhadap posisikesetimbangan partikel tersebut.
Gelombang menyalurkan energi dari satu ruang ke ruang lain di dalammedium. Gelombang memindahkan energi, bukan memindahkan partikel. b.Gelombang elektromagnetik.
2
 
Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang merambat tanpamemerlukan suatu medium sebagai media perambatannya. Oleh karenagelombang elektromagnetik dapat merambat tanpa memerlukan adanya media perambatan, gelombang ini dapat merambat melalui ruang hampa. Contohgelombang elektromagnetik adalah gelombang cahaya, gelombang radio, radiasiinfra merah, radiasi ultraviolet, sinar-X, dan sinar gamma. Itulah sebabnya cahayamatahari mampu sampai ke permukaan bumi, meskipun melewati ruang hampa.Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjanggelombang dan frekuensinya disebut spektrum elektromagnetik. Gambar spectrumelektromagnetik di bawah disusun berdasarkan panjang gelombang (diukur dalamsatuan _m) mencakup kisaran energi yang sangat rendah, dengan panjanggelombang tinggi dan frekuensi rendah, seperti gelombang radio sampai ke energiyang sangat tinggi, dengan panjang gelombang rendah dan frekuensi tinggi sepertiradiasi X-ray dan Gamma Ray.Berdasarkan arah rambatnya gelombang dibedakan menjadi 2, yaitu gelombangtransversal dan gelombang longitudinal.
a.
Gelombang transversal, adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurusterhadap arah perambatannya. Contoh dari gelombang transversal adalahgelombang pada tali, gelombang pada permukaan air, dan semua gelombangelektromagnetik, seperti gelombang cahaya, gelombang radio, ataupun gelombangradar. Sumber getaran untuk gelombang air berada pada tempat batu jatuhsehingga gelombang menyebar ke segala arah. Dari gambar tersebut tampak  bahwa semakin jauh dari sumber, gelombang semakin kecil. Hal tersebutdisebabkan energi yang dirambatkan semakin berkurang. b.Gelombang longitudinal, adalah gelombang yang arah getarannya searah denganarah perambatnya, misalnya gelombang bunyi, gelombang pada slinki yang ditarik atau ditekan.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->