Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Alat Peraga Pendidikan

Pengertian Alat Peraga Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 100 |Likes:
Published by mrsl_ash

More info:

Published by: mrsl_ash on Sep 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2012

pdf

text

original

 
Pengertian Alat Peraga Pendidikan
Berikut ini beberapa
 Alat Peraga Pendidikan1.
 
Sudjana, 2009
,
Pengertian
 
 Alat Peraga Pendidikan
adalah suatu alat yang dapatdiserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajarmengajar siswa lebih efektif dan efisien.2.
 
Faizal, 20010
, mendefinisikan
 Alat Peraga Pendidikan
sebagai instrument audiomaupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebihmenarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.3.
 
Wijaya dan Rusyan, 1994
yang dimaksud Alat Peraga Pendidikan adalah
 media pendidikan
berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasibelajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar.4.
 
Nasution, 1985
 
alat peraga pendidikan
adalah alat pembantu dalam mengajar agar
efektif”.
 5.
 
Suhardi, 1978
Pengertian alat peraga pendidikan atau Audio-Visual Aids (AVA)adalah media yang pengajarannya berhubungan dengan indera pendengaran (6.
 
Sumad, 1972
, mengemukakan bahwa alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera. Alat peragamerupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu prosesbelajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif.7.
 
Amir Hamzah, 1981
bahwa Alat Peraga Pendidikan adalah adalah alat-alat yang
dapat dilihat dan didengar untuk membuat cara berkomunikasi menjadi efektif”.
Sedangkan yang dimaksud dengan alat peraga menurut Nasution (1985: 95) adalah
“alat bantu dalam mengajar lebih efektif”.
 Dari uraian-uraian di atas jelaslah bahwa pengertianalat peraga pendidikanadalahmerupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapatmerangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorongterjadinya proses belajar pada diri siswa.
 
Tujuan dan Manafaat Alat Peraga Pendidikan
Berikut ini beberapa
tujuan dan manfaat alat peraga
disebutkan sebagai berikut:1.
 
Alat peraga pendidikan bertujuan agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalanmeningkatkan semangat belajar siswa,2.
 
Alat peraga pendidikan memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana parasiswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangatmenyenangkan bagi masing-masing individu,3.
 
Alat peraga pendidikan memiliki manfaat agar belajar lebih cepat segera bersesuaianantara kelas dan diluar kelas, (d) alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematisdan teratur.Secara ringkas, Proses pembelajaran memerlukan media yang penggunaannya diintegrasikandengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkanpencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Fungsi
 media pendidikan
atau
 alat peraga pendidikan
dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam halpenyampaian pesan, siswa lebih memahami dan mengerti tentang konsep abstrak matematikayang diinformasikan kepadanya. Siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan alat peraga pendidikan.
 3. Alat Peraga
 Kata kunci dalam memahami alat peraga dalam konteks pembelajaran adalah
 Nilai Manfaat 
,dalam arti segala sesuatu alat yang dapat menunjang keefektifan dan efesiensi penyampaian,pengembangan dan pemahaman informasi atau pesan pembelajaran. Ada istilah lain darialat peraga ini, diantaranya sering disebut sebagai
sarana belajar.
Sebelum kita bahas tentang media pembelajaran mari kita bahas terlebih dahulu istilah mediaitu sendiri. Dalam Inggris-Indonesia disebutkan bahwa media memilki arti yang sama dengan
medium yang mengandung beberpa arti antara lain “ ...2. perantara...3. perantaraan...” (Echol,
John M., et.al., 1992: 377)Sehingga dapat kita pahami bahwa media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat dijadikansaran penghubung untuk mencapoai pesan yang harus dicapai oleh siswa dalam kegiatanbelajar.Dalam paraktek dilapangan seringkali kita temukan istilah lain yang serupa atau mungkin
 berkonotasi yang sama yaitu “alat peraga” dan “alat bantu belajar” . dari ketiga pengertian
para ahli bersikap dengan membedakannya, namu adapula yang menggunakannya denganinterpretasi yang sama.
Perbedaan Media Pembelajaran, Alat Peraga, dan Alat Bantu Belajar
 Jika kita perhatikan sekilas memang seolah adalah sesuatu yang sama, namun ada baiknyakita simak pendapat Drs. Basyirudin Usman, M.Pd dan Prof. Dr. H. Asnawir (2002)
“....perbedaan anta
r media dengan alat peraga terletak pada fungsi, bukan substansinya saja.Sumber belajar dikatakan alat peraga jika hal tersebut fungsinya hanya sebagai alat bantu.Hal tersebut dikatakan media jika sumber belajar itu merupakan bagian yang integral darise
luruh kegiatan belajar”.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->