Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Syahadatain - Syarat Diterima Syahadat 1

Syahadatain - Syarat Diterima Syahadat 1

Ratings: (0)|Views: 484|Likes:

More info:

Published by: Femina Sagita Borualogo on Sep 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/30/2012

pdf

text

original

 
Syarat diterima Syahadat 
SYARAT-SYARAT DITERIMANYA SYAHADAT
Muqodimah
Bagi seorang muslim sangat penting menjaga komitmen terhadap syahadatain darikondisi melemah (
futur 
), untuk itu perlu mengetahui apa saja syarat syahadatainditerima atau ditolak. Dengan memahami materi ini diharapkan seorang muslim akan:1.Memahami bahwa Syahadat yang diucapkannya harus dilandasipengetahuan, keyakinan, ikhlas, membenarkan, mencintai, menerima dantunduk.2.Menyadari bahwa kebodohan, keraguan, syirik, dusta, benci, ingkar danmenolak pelaksanaan adalah di antara sikap-sikap yang menyebabkan ditolaknyasyahadatain.3.Mampu mewujudkan sikap rela diatur oleh Allah, Rasul, dan Islam disetiap keadaan.Untuk diterimanya syahadatain, diperlukan adanya ilmu, keyakinan, sikap ikhlas,
shidqu
(membenarkan),
mahabbah
(cinta),
qabul 
(penerimaan) dan amal nyata.
Ilmu yang Menolak Kebodohan (
al-‘Ilmu al-Munaafii Lil-Jahli 
)
Seorang yang bersyahadat harus memahami arti dari 2 kalimat syahadat sertabersedia untuk menerima konsekuensi dari ucapannya, dengan caramengamalkannya.
www.tarbiyah-online.com
 
Syarat diterima Syahadat 
Laa ilaaha illa Allah adalah kalimat kunci untuk mendapatkan rahmat Allah SWTdan mendapatkan banyak kebaikan.
Mereka yang bersyahadat adalah Allah SWT, malaikat dan orang-orang yangberilmu (para nabi dan orang beriman)
Dalil
47:19 => Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan,tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi(dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allahmengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.
3:18 => Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yangberhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat danorang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Takada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasalagi Maha Bijaksana.
Hadits => Diriwayatkan dari Utsman RA yang mengatakan bahwa Rasulullah SAWbersabda: “
Barangsiapa meninggal, sedang ia mengetahui bahwa tidak ada Tuhan yang disembah kecuali Allah, ia masuk surga
.” 
Yakin yang Menolak Keraguan (
al-Yaqiinu al-Munaafii Lisy-Syak 
)
Seorang yang bersyahadat mesti meyakini bahwa ucapan syahadatain adalahsesuatu yang harus diimani dengan sepenuh hati tanpa keraguan. Yakin akanmembawa seseorang pada sikap istiqomah, dan keragu-raguan akan menimbulkankemunafikan.
Iman yang benar tidak akan bercampur dengan keraguan. Tidak akan ragu untukmengorbankan semua harta dan jiwa untuk kepentingan Islam.
Meyakini sesuatu yang datang dari Allah SWT akan menjadikan hidup terbimbingoleh hidayah.
Tidak ada keraguan terhadap kitabullah dan meyakini adanya hari akhir adalahsalah satu cirri seorang mukmin.
Dalil
Hadits => Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “
 Aku bersaksi bahwatidak ada tuhan selain Allah. Tidak ada seorang hamba yang bertemudengan Allah dengan dua kalimat ini dan tidak ragu tentang kedua-duanya, kecuali masuk surga
.” (HR. Muslim)
49:15 => Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orangyang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian merekatidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwamereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.
32:24 => Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yangmemberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Danadalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.
2:1-5 => Alif laam miin. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya;petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (yaitu) mereka yang berimankepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkansebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. dan merekayang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamudan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakinakan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat
www.tarbiyah-online.com
 
Syarat diterima Syahadat 
petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yangberuntung.
Ikhlas yang Menolak Kemusyrikan (
al_ikhlaashu al-Munaafii Lisy-Syirki 
)
Ucapan syahadat mesti diiringi dengan niat yang ikhlas
lillahi ta’ala
. Ucapansyahadat yang bercampur dengan riya’ atau kecenderungan tertentu tidak akanditerima Allah SWT. Ikhlas dalam bersyahadat merupakan pondasi yang palingkokoh dalam pelaksanaan syahadat.
Syahadat merupakan ibadah, karenanya mesti dilakukan dengan ikhlas. Ikhlasberarti menolak kemusyrikan.
Perbuatan apapun yang mengandung kemusyrikan akan menghapus amal. Olehkarenanya, sangat merugi apabila beramal tetapi tidak ikhlas, karena amalnyaakan sia-sia.
Ibadah yang tidak ikhlas tidak akan diterima oleh Allah SWT.
Dalil
Hadits => Dari Abi Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda: “
Orang yang palingberbahagia dengan syafaatku adalah orang yang mengucapkan Laailaaha illa Allah secara tulus ikhlas dari hatinya atau dari jiwanya
.” 
98:5 => Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah denganmemurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yanglurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat;dan yang demikian itulah agama yang lurus.
39:65 => Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi)yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akanhapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yangmerugi.
18:110 => Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yangdiwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalahTuhan yang Esa." Barangsiapa mengharap perjumpaan denganTuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepadaTuhannya."
Kejujuran yang Menolak Kedustaan (
ash-Shidqu al-Munaafii Lil-Kadzib
)
Dalam pernyataan syahadat, seorang muslim wajib membenarkan tanpa dicampurisedikitpun dusta. Benar adalah landasan iman, sedangkan dusta landasan kufur.Sikap shidiq akan menimbulkan ketaatan dan amanah. Sedangkan dustamenimbulkan kemaksiatan dan pengkhianatan.
Ciri-ciri takwa adalah sikap sidiq. Kebenaran yang diamalkan seseorang akanmempengaruhi tingkah laku dan pemikirannya.
Orang yang benar akan terbukti dalam medan jihad dan Allah SWT akan membalasmereka. Sebaliknya, orang munafiq akan mendapat siksa.
Ciri nifaq adalah dusta. Orang munafiq bukan hanya mendustakan manusia tetapi juga berani mendustakan Allah SWT.
Kebenaran dan kemunafikan diuji melalui cobaan. Cobaan akan menjadi seleksibagi seseorang. Sejarah menunjukkan bahwa cobaan merupakan cara untukmengetahui siapa yang betul-betul berjuang di jalan Allah, siapa yang tidak.
Dalil
www.tarbiyah-online.com

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->